Rental & Sewa Mobil Jogja | Hotel | Bus Bis Pariwisata | Jasa Angkut Truk | Wisata Gunung Kidul | Yogyakarta

rental sewa mobil jogja

Pantai Sadeng

Pantai Sadeng adalah pantai paling ujung dari deretan pantai spektakuler di Gunungkidul. Kalau wisatawan ingin berburu seafood segar dan murah, Pantai Sadeng adalah surganya.

Pantai Sadeng merupakan salah satu pantai yang terletak di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Tepatnya 40 km dari Wonosari, pantai ini terletak di Desa Songbanyu dan Desa Pucung, Kecamatan Girisubo, berbatasan dengan Pracimantoro, Wonogiri yang masuk Provinsi Jawa Tengah.

Pantai ini merupakan pantai paling jauh di Gunungkidul karena letaknya paling ujung. Saya menempuh perjalanan dari Kota Yogyakarta kurang lebih selama tiga jam.

Salah satu keistimewaan Pantai Sadeng adalah pantai ini memiliki Pusat Pendaratan Ikan yang bertaraf nasional dan merupakan penunjang pengembangan perikanan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pantai Sadeng 56 600x399 Pantai Sadeng

Pantai Sadeng

Apabila anda seorang pecinta seafood dan senang berbelanja seafood, berangkatlah pagi hari karena perjalanan cukup lama. Di sana anda dapat menunggu para nelayan berlabuh sembari bermain di pantai atau sekadar beristirahat, menikmati kelapa muda di warung-warung sekitar.

Biasanya para nelayan akan berlabuh sekitar pukul 12.00 WIB, ketika itulah mereka akan membawa hasil tangkapannya ke PPI. Anda dapat berbelanja di sana dengan harga yang cukup murah. Pada saat itu saya membeli lobster segar sebanyak 1 kg dengan harga Rp 100.000 saja.

Selain dapat berbelanja seafood segar anda juga dapat menyaksikan proses pelelangan ikan yang dilakukan oleh para pemborong. Acara ini merupakan tontonan yang menarik menurut saya.

Memang, anda tidak bisa terlalu mengeksplorasi daerah tepi pantainya, karena pantai ini memiliki bibir pantai yang cukup sempit. Namun, Anda tidak perlu kecewa karena pemandangan di sana sangat indah. Jadi, tunggu apa lagi?