Sejarah Gua Rancang Kencono di Yogyakarta No ratings yet.

Please rate this

Sejarah Gua Rancang Kencono di Yogyakarta

Sejarah Gua Rancang Kencono di Yogyakarta menjadi salah satu kawasan wisata yang cukup terkenal di Yogyakarta. Lokasi Gua Rancang Kencono Yogyakarta yang mampu menyuguhkan pemandangan yang indah tentunya menjadi salah satu alasan mengapa banyak wisatawan yang rela menghabiskan waktu liburannya ke tempat ini.

Sejarah Gua Rancang Kencono di Yogyakarta

Misteri Gua Rancang Kencono

Gua Rancang Kencono adalah gua yang sarat dengan cerita dari jaman prasejarah sampai masa-masa perjuangan Laskar Mataram. Menurut kabar, gua ini ditumbuhi dengan sebuah pohon klumpit yang sudah berusia ratusan tahun yang sekaligus menjadi saksi bisu terciptanyua berbagai cerita di gua ini. menurut Legenda Gua Rancang Kencono, dulunya di tahun 1720 goa yang berada di Kabupaten Gunung Kidul ini sering dijadikan sebagai tempat persembunyian Laskar Mataram dari Madiun yang dikejar oleh para penjajah Belanda.

Lokasi Gua Rancang Kencono

Gua Rancang Kencono Gunung Kidul

Gua Rancang Kencono adalah salah satu gua yang berada di Gunung Kidul. Alamat Gua Rancang Kencono yaitu di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Gunungkidul, Yogyakarta. Gunungkidul adalah salah satu kabupaten yang wilayahnya termasuk di dalam Kawasan Karst Pegunungan Sewu. Dulunya Gua Rancang Kencono adalah gua purba sejajar dengan salah satu gua yang ada di kecamatan Rongkop yaitu Gua Braholo. Gua yang ditumbuhi dengan pohon kumplit ini diperkirakan sudah memiliki usia lebih dari dua abad.

 

Ruangan di Gua Rancang Kencono

Rancang Kencono Cave

Gua Rancang Kerono berada di bawah tanah. Banyak sekali stalaktit dan stalakmit yang bisa Anda temukan di dinding-dinding gua namun memang sudah tidak mampu meneteskan air lagi. Setelah melewati aula gua yang besar, anda akan tiba di suatu ruangan yang berukuran sempit dengan pintu masuk yang berada di ujung aula gua. Ruangan ini masih terkena sinar matahari dari luar. Kemudian selanjutnya anda akan tiba di ruangan lagi di dalam gua. Di mana ruangan ini cukup sulit untuk dimasuki karena tingginya pintu masuk ruangan setengah tinggi laki-laki dewasa. Untuk itulah anda perlu membungkukkan badan untuk memasuki pintu tersebut. ruangan kedua ini masih sangat gelap karena tidak mendapatkan cahaya dari luar. Tidak hanya itu saja, sirkulasi udaranya pun juga terbatas. Gua Rancang Kencono memiliki pelataran atau ruangan yang luas dan biasa difungsikan untuk mengadakan pertemuan. Selain relung gua yang terbilang sempit dan gelap, anda juga akan menemukan lorong yang konon katanya menjadi penghubung dari Gua Rancang Kencono dengan Air Terjun Sri Gethuk. Pada malam hari, Gua Rancang Kencono hanya mendapatkan sinar dari cahaya bulan yang memberikan kesan mistis namun eksotis.

 

Harga Tiket Gua Rancang Kencono

Untuk memasuki Gua Rancang Kencono, Anda tidak memerlukan biaya yang mahal. pasalnya harga tiket Gua Rancang Kencono ini terbilang murah. Hanya dengan mengeluarkan beberapa lembar ribu rupiah saja, Anda bisa langsung memasuki gua ini dan melihat keseluruhan ruangan yang terdapat di dalamnya. Pasalnya kawasan wisata ini sepenuhnya dikelola oleh masyarakat di Desa Wisata Bleberan. Gua ini adalah salah satu gua yang menarik yang tentunya keberadaannya tidak bisa dilewatkan begitu saja. Jadi bagi anda yang ingin berlibur dan sedang kebingungan mencari tempat wisata yang menawarkan pengalaman yang tak terlupakan, Anda bisa mencoba mendatangi Gua Rancang Kencono ini. Gua Rancang Kencono ini adalah salah satu gua terbaik yang bisa anda kunjungi karena menawarkan sensasi yang berbeda.

Gua Rancang Kencono ini tidak hanya sebatas gua. Anda bisa mempelajari banyak sejarah saat berada di gua ini. Selain itu, gua ini juga memiliki cerita-cerita menarik yang tentunya akan memberikan daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Di sini, para pengunjung akan mendapatkan pengalaman berlibur yang tidak terlupakan. Anda juga akan mendapatkan pengarahan atau penjelasan dari karang taruna yang biasanya akan menceritakan sedikit mengenai sejarah dari gua ini. Sejarah Gua Rancang Kencono di Yogyakarta memang menarik dan bisa anda ketahui secara detail saat berkunjung ke tempat ini.


Recent Post
Call
IM3
WA
Simp
BB
Email
Email