Desa Wisata Tembi No ratings yet.

Please rate this

Desa Wisata Tembi, atau yang juga familiar dengan sebutan “Dewi Tembi”, adalah sebuah lokasi wisata berbasis pedesaan yang terletak di Jl. Parangtritis kilometer 8.5, Sewon, Bantul – Yogyakarta.

Dengan hanya berjarak tempuh sekitar 15 menit dari Malioboro dan pusat kota Yogyakarta, lokasi Dusun Tembi tidaklah terlalu sulit untuk dicapai. Juga karena akses jalan Parangtritis yang cukup mudah – Anda hanya perlu mencari plang bertuliskan “TEMBI” apabila akan melintas pada kilometer 8.5.

Dewi Tembi juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan pelayanan seperti Front Office, Homestay, dan juga areal yang relatif luas sehingga Anda bisa bermain, berwisata, namun juga belajar sekaligus bersosialisasi bersama warga Tembi yang siap menerima Anda dengan ramah.
Keberadaan Tembi sebagai sebuah desa wisata pada awalnya adalah sebuah gagasan unik dari menteri kebudayaan Indonesia, yang melihat potensi yang dimiliki Tembi sebagai sebuah desa kerajinan dan desa homestay. Tembi dengan jumlah penduduk 911 jiwa (berdasarkan data dari KKN Tematik II UAJY 2008), mempunyai rumah homestay yang siap huni sebanyak 38 rumah. Dalam rumah-rumah homestay tersebut, para pelancong/wisatawan dapat menikmati beberapa fasilitas standar kamar khas pedesaan, yang sekiranya mempunyai daya tarik yang lain daripada rumah homestay pada umumnya. Dengan begitu, wisatawan dapat mengalami pengalaman wisata yang berbeda yaitu wisata pedesaan


Recent Post
Call
IM3
WA
Simp
BB
Email
Email