Ramayana Ballet Purawisata “Belajar Setia” 5/5 (1)

Ramayana Ballet Purawisata Tarian Khas Jogja

 

Pertunjukan Ramayana ballet Purawisata pasti akan memberikan pengalaman tersendiri dalam perjalaan liburan yang Anda lakukan di Jogja. Purawisata memang secara rutin selalu menampilkan berbagai acara kebudayaan yang berbeda-beda. Salah satunya penyelenggaraan sendratari kisah ramayana yang telah melegenda. Jika Anda menyukai seni tari maka jangan sampai melewatkannya. Karena pertunjukan ini membuat Anda bisa menikmati seni tari yang luwes diiringi dengan musik gamelan yang menawan. Kisah Ramayana pun bisa dinikmati dengan cara yang berbeda. Anda bisa melihat pertunjukan ini di Purawisata yang terletak di Jalan Brigjen Katamso, Yogyakarta. Jika anda membutuhkan guide dan alat transportasi, anda bisa menghubungi jasa rental mobil Jogja murah satrio langit.

 

Pernah Memperoleh Penghargaan MURI

Prambanan Ramayana Ballet

Ramayana ballet Yogyakarta yang ada di Purawisata ini juga telah memperoleh penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) karena pertunjukan Sendratari Ramayana ini telah dipentaskan setiap hari tanpa henti sejak tahun 1976. Jelas hal ini bukan prestasi yang sembarangan karena mampu mempertahankan sebuah pertunjukan tradisional dari tahun ke tahun dan tetap mampu bertahan untuk mementaskannya. Hal ini berarti menunjukkan tidak sedikit orang yang ternyata tertarik untuk melihatnya dan menikmati pertunjukan cerita Ramayana di panggung terbuka dengan bentuk pertunjukannya berupa sendratari bukan drama atau film. Apalagi cerita Ramayana sendiri ada versi Jawa maupun aslinya yaitu dari India. Sudah pasti yang ada pada sendratari ini adalah cerita Ramayana versi Jawa.

 

Upaya Melestarikan Budaya

Ramayana Ballet Purawisata Yogyakarta

Adanya prambanan ramayana ballet bisa dikatakan sebagai salah satu upaya untuk melestarikan budaya yang ada. Budaya seni tari tradisional semakin lama tergerus dengan budaya tari modern seperti breakdance dan lainnya. Padahal seni tradisional ini bisa dikatakan budaya asli di Indonesia. Kemudian musik gamelan yang digunakan untuk mengiringinya pun semakin sedikit orang yang bisa memainkannya. Hal ini dikarenakan anak-anak dan anak muda pada umumnya lebih menyukai dan lebih mudah akses untuk belajar alat musik modern dibandingkan alat musik tradisional seperti gamelan. Nah, adanya pertunjukan senidrama tari Ramayana ini jelas sebagai salah satu upaya untuk mengenalkan budaya yang ada. Bisa jadi membuat orang tertarik untuk mempelajarinya.

 

Pertunjukan yang Menarik

Pertunjukan ramayana ballet performance ini merupakan salah satu jenis hiburan tradisional yang jelas menarik. Pertunjukan tersebut merupakan gabungan keluwesan para penari yang mampu menampilkan dan menceritakan kisah Ramayana dengan runut. Diiringi dengan gamelan yang iringan maupun nadanya menyesuaikan dengan kisah yang diceritakan. Selain itu dukungan latar dan pencahayaan membuat pertunjukan yang ditampilkan semakin sempurna. Selain itu riasan para penari yang sesuai dengan tokoh masing-masing yang diperankan membuat pertunjukan makin sempurna. Akhirnya meskipun tanpa dialog, pertunjukan tari Ramayana ini pun mudah dipahami oleh penonton. Itulah mengapa, pertunjukan senidrama Ramayana ini merupakan salah satu cara menikmati kisah epos Ramayana yang melegenda dengan cara lain.

 

Lokasi Mudah Dijangkau

Jika tertarik untuk melihat pertunjukan sendratasi ramayana di Purawisata ini lokasinya sangat mudah dijangkau. Dari Malioboro atau Kraton tinggal jalan kaki atau bisa juga menggunakan becak. Jaraknya hanya sekitar 300 meter. Pertunjukan ini dilakukan setiap malam di ruang terbuka. Disediakan setidaknya ada 500 kursi bagi pengunjung. Jika dilakukan pada musim penghujan maka pertunjukan dilakukan di dalam ruangan. Sehingga saat musim penghujan sekalipun Anda tidak perlu khawatir jika ingin melihat pertunjukan ini. Jika ingin mengenalkan pertunjukan budaya kepada anak atau tamu undangan dari luar Jawa atau luar Indonesia, salah satunya dengan menunjukkan pertunjukan ini.

 

Tidak akan mengecewakan

Pertunjukan sendratari tersebut dilakukan oleh tim yang profesional. Mulai dari penari, penata musiknya, penata make up kemudian latar pertunjukan semua dilakukan orang-orang profesional. Sehingga pertunjukan yang dihasilkan pun jelas berkualitas. Apalagi pertunjukan ini telah dilakukan selama puluhan tahun. Dengan selalu ditunjukkan kemudian tetap ada yang menikmati maka sendratari ini pun bisa dilestarikan karena ada upaya regenerasi dari penari, pemusik, dan seluruh elemen yang menjadi bagian dari pertunjukan tersebut. Seni tari dan musik tradisional bukan sesuatu yang mudah dilakukan. Namun keindahan kebudayan tradisional ini tidak perlu diragukan. Hal ini diakui oleh orang-orang dari berbagai negara di dunia. Sehingga jangan sampai melewatkan pertunjukan Ramayana ballet purawisata ketika sedang berada di Jogja.

Please rate this


Recent Post