Desa Wisata Kerajinan Sendari No ratings yet.

Please rate this

Pembuatan kerajinan bambu di Dusun Sendari telah menjadi kegiatan turun menurun. Penduduk setempat memanfaatkan bambu sebagai bahan kerajinan karena di daerah ini dulu banyak terdapat bambu. Dalam perkembanganya saat ini terdapat banyak showroom kerajinan bambu di daerah Sendari yang berproduksi setiap hari. Desa Sendari ini memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan menjadi desa wisata berbasis kerajinan bambu. Sehingga dibutuhkan dukungan dan upaya dari berbagai pihak untuk mempromosikan Desa wisata Sendari ini kepada dunia luar. Selain itu juga dibutuhkan pelatihan kewirausahaan bagi para pengrajin agar mereka dapat mengembangkan hasil produksi yang berkualitas dan diminati oleh pasar.
desa wiendarisata kerajinan s
Desa Sendari merupakan desa pengrajin kerajinan bambu selain Desa Cebongan. Mayoritas penduduknya berprofesi sebagai pengrajin, tetapi saat ini hanya beberapa keluarga saja yang masih tetap menjadi pengrajin karena adanya kendala modal dan bahan baku.

Kerajinan yang dihasilkan Desa Wisata Sendari adalah seperti lincak, tempat tidur, kursi, meja, gazebo, dan sebagainya. Selain itu Desa Wisata Sendari juga memiliki makanan khas, yaitu emping. Ada juga atraksi yang ditampilkan yaitu musik islami, jathilan, dan karawitan.

Kerajinan bambu Desa Sendari ini telah menembus pasar ekspor, seperti Belanda, Amerika, Arab Saudi, Italia, Perancis dan Jepang. Untuk menembus pasar ekspor ke seluruh negara – negara Asia serta Afrika, para perajin mengembangkan inovasi dan kreatifitas produknya diantaranya mebel indoor, lampu hias, sekat ruangan, dan gazebo (semacam bangunan rumah mini). Bahkan saat ini 90% pemasaran justru ke luar negeri, sedangkan 10% untuk dalam negeri. Harga yang ditawarkan tergantung dari ukuran, jenis bambu dan model dan tingkat kerumitannya.


Recent Post
Call
IM3
WA
Simp
BB
Email
Email