Monumen Tentara Pelajar Palagan No ratings yet.

Please rate this

Sebuah monument memang hanya sebuah tongak atau berupa tugu batu yang hanya bisa berdiam diri. Namun bentuk monument tersebut dapat membuat kita mengingat apa yang terjadi dibalik berdirinya tugu batu atau monument tersebut.

Monument medan laga rejodani merupakan monumen yang berada di Jl. Palagan Tentara Pelajar , dusun rejodani, ngaglik, sleman. Keberadaan monument tersebut dibuat untuk mengenang perlawanan rakyat bersama tentara Pelajar  terhadap Belanda yang terjadi pada tanggal 29 Mei  1949 di Rejodani. Tentara pelajar merupakan suatu kesatuan militer yang terdiri dari pelajar dimana waktu itu mempertahankan kemerdekaan .Selama perlawanan tersebut gugur beberapa tentara pelajar yang kesemuannya namanya diabadikan dalam monument tersebut. Dinatara kedelapan orang tersebut adalah Harsono, Soewono,Soekapdi FX, Soeroyo, seopanato  Daryono, Soenarto, dan Alibasyah.Monumen Tentara Pelajar Palangan

Kedelapan orang tersebut awal mulanya dimakamkan di area monument tersebut, namun kemudian dipindahkan ke Makam Pahlawan Kusumanegara. Menurut laporan situasi yang di susun pada tanggal 8 Mei 1998 oleh Bapak H.M. Dachlan sebagai salah satu saksi sejarah  menceritakan bahwa saat terjadi clash ke II terjadi pertempuran sengit antara Tentara Pelajar BE 17 dengan serdadu Belanda.

Dengan kondisi persenjatan yang sama sekali tidak berimbang terjadi baku tembak yang sangat sengit ssehingga sampai kehabisan amunisi sampai akhirnya dengan kondisi yang sangat terdesak tersebut maka gugurlah kedelapan tentara pelajar tersebut sebagai pahlawan bangsa.

Betapa kondisi para pejuang saat itu benar benar  dipenuhi dengan dengan semangat yang luar biasa untuk berjuang mengusir penjajah walalupun mereka masih berstatus pelajar. Walaupun masih relative muda dan persenjataan yang minim namun hal tersebut tidak menyurutkan langkah mereka. Semboyan mereka yang senantiasa berkobar adalah Hidup atau mati. Mereka berpikir bagi masa depan yakni mereka mempunyai angan-angan atas negeri ini walalupun mereka tidak dapat menikmati hasil perjuangan mereka namun mereka berharap kelak anak cucunya yang  akan merasakannya. Sungguh luar biasa apa yang mereka pikirkan bagi generasi penerus.

Jadi kita sebagai anak cucuk mereka sewajarnya dan seharusnya menghargai hasil perjuangan merka dengan mengisi kemerdekaan


Recent Post
Call
IM3
WA
Simp
BB
Email
Email