Wisata Kaliurang Jogja Tawarkan Tempat Wisata Terbaik No ratings yet.

 Wisata Kaliurang Jogja Tawarkan Tempat Wisata Terbaik

           Kaliurang Jogja

Wisata Kaliurang adalah salah satu lokasi yang berada di Jogja yang menawarkan berbagai tempat wisata yang menarik. Kaliurang dalam bahasa Indonesia memiliki arti “Sungai Udang” yaitu tempat wisata yang berada di Yogyakarta. Alamat Kaliurang berada di Kabupaten Sleman, di perbatasan dengan provinsi Jawa Tengah. Untuk bisa menuju ke lokasi ini cukup mudah, mulai dari menggunakan angkutan bus, kol, taxi atau ojek.

Lokasi Kaliurang

Wisata Sekitar Kaliurang

Alamat Kaliurang di daerah dataran tinggi di mana terdapat banyak resort atau tempat peristirahatan karena udaranya sejuk. Oleh karena itulah tidak heran jika Anda akan menemukan banyak villa penginapan berupa wisma. Tempat yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan adalah Tlaga Putri. Di Kaliurang sendiri terdapat bangunan bersejarah yakni Wisma Kaliurang. Di kawasan Kaliurang ini terdapat objek wisata andalan yang berada di lereng selatan Kaliurang merapi. Kawasan wisaata ini berlokasi 25 km dari kota Yogyakarta.

Kawasan Wisata Kaliurang

Wisata Kaliurang Yogyakarta

Wisata Kaliurang berlokasi 900 meter di atas permukaan laut membuat udara di Kaliurang memang terasa sejuk dan segar. Suhu di lokasi ini berkisar antara 20-25 derajat celcius. Di Kaliurang, para pengunjung bisa memanfaatkan waktu mereka untuk bersantai dan bermain di Taman Rekreasi Kaliurang. Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat berlibur, apalagi untuk anak-anak. Di taman seluas 10.000 meter persegi ini, anak-anak dapat bermain perosotan, ayunan atau bermain air di kolam renang mini. Sekitar 300 meter ke arah timur laut dari sini, anda akan menemukan Taman Wisata Plawangan Turgo. Di kawasan wisata ini terdapat kolam renang Tlogo Putri yang  mana airnya langsung berasal dari mata air di lereng Bukit Plawangan. Melangkahkan kaki menyusuri sisi timur, Anda pun akan melihat beberapa ekor monyet sambil menikmati kicauan burung. Sungguh suasana yang asri dan damai. Anda juga bisa melihat langsung Gunung Merapi dari bukit Pronojiwo.

Wisata Kaliurang Jogja

Hanya saja Anda harus berjalan terlebih dahulu di jalur berbatu susun dan menaiki tangga sejauh 900 meter. Perlu diingat bahwa Gunung Merapi hanya bisa dilihat ketika cuaca sedang cerah. Sesampainya kembali di lokasi taman bermain, mungkin anda bisa bersantai terlebih dahulu di Tlogo Muncar. Anda bisa meredakan letih sambil menikmati air terjun di sela-sela bebatuan. Nah jika Anda tertarik untuk menikmati keseluruhan pemandangan di Kaliurang, maka anda bisa menggunakan fasilitas kereta kelinci atau sepoer. Kendaraan ini biasanya beraa di depan taman wisata. Selain menawarkan berbagai tempat rekreasi, di Kaliurang juga terdapat banyak tempat penginapan yang mungkin bisa anda jadikan referensi untuk tempat menginap. Siapa tahu Anda ingin menghabiskan waktu lebih lama saat berada di lokasi ini. Salah satu penginapan yang bisa anda kunjungi saat berada di Kaliurang adalah Cangkringan Kaliurang. Lokasinya berada di Jl. Raya Merapi Golf, Desa Umbulharjo, Kaliurang, Yogyakarta.

Biaya Masuk Ke Kaliurang Sangat Terjangkau

Taman Wisata Kaliurang Yogyakarta

Jika anda ingin berwisata ke wisata Kaliurang maka anda tidak perlu repot-repot menyiapkan budget tinggi. Pasalnya biaya masuk ke kawasan wisata ini terbilang murah. Untuk biaya masuk kendaraannya juga cukup terjangkau sehingga tidak akan memberatkan anda.

Berkuliner Ria di Warung Mang Engking

Taman Wisata Kaliurang Jogja

Tidak hanya memiliki tempat wisata dan tempat penginapan, di Kaliurang juga anda bisa mencoba kuliner khas. Mang Engking Kaliurang adalah salah satu tempat makan yang tekrneal di kawasan Kaliurang. Lokasi rumah makan ini berada di Jalan Kaliurang Km. 6,5 ,Kaliurang – Yogyakarta. Awalnya rumah makan Mang Engking ini adalah sebuah tempat budidaya udang galah yang dirintis oleh Engking Sodikin dan Pak Ade. Keduanya berasal dari Sunda. Seiring berjalannya waktu dibukalah warung makan yang kemudian berkembang menjad rumah makan Mang Engking. Saat anda berkunjung ke sini, anda bisa mencoba hidangan spesialnya yaitu udang bakar madu dan gurame yang pastinya akan menggoyang lidah anda.

Kaliurang

Jadi kawasan Kaliurang ini memang dikenal dengan kawasan wisata yang alami dan mampu menyuguhkan pemandangan yang mampu memanjakan mata. Dengan mendatangi kawasan ini, dijamin rasa lelah dan penat Anda dalam beraktivitas tentunya akan hilang karena suasana yang benar-benar alami dan asri. Oleh karena itulah jika Anda sedang berencana berlibur, maka mungkin wisata Kaliurang ini bisa masuk ke dalam list tempat wisata yang bisa anda kunjungi.

Kaliurang Yogyakarta

Please rate this


Recent Post