Parang Wedang Yogyakarta No ratings yet.

Harga dan jenis mobil Satrio Langit Transport klik di sini

Pemandian Parang Wedang

Tak ada bahkan jarang yang menduga jika kawasan wisata pantai Parangtritis di Yogyakarta memiliki pemandian istimewa yang mempunyai keampuhan sebagai media penyembuhan dan teramat baik untuk kesehatan kulit. Nama pemandian itu adalah Parang Wedang. Parang Wedang adalah sumber mineral air panas yang menyembur keluar dari bumi. Tetapi anehnya tak di ketemukan unsur belerang layaknya sebuah sumber mata air panas.
Pemandian Parang Wedang
Pemandian Parang Wedang ada karena pertemuan dua lempeng yang mengakibatkan timbulnya mata air panas. Air dari mata air Parangwedang hangat dan konsentrasi kimianya tinggi. Penyebabnya karena ada patahan di daerah ini dan air tanah dalam yang berasal dari pegunungan di sebelah timur mengalir lewat sesar tersebut dan mendapat panas bumi.

 Pemandian Parang Wedang

Pemandian air panas Parang Wedang ini dibangun pada masa Sri Sultan Hamengkubuwono VI . Pada mulanya tempat pemunculan air panas ini adalah persawahan milik penduduk yang ketika ditanami padi ternyata tidak tumbuh. Kemudian oleh warga ditemukan air panas yang keluar dari bumi dan dilaporkan kepada pemerintah. Pemandian air panas ini memiliki tiga mata air yang memiliki kedalaman sekitar 10 meter. Pada saat terjadi gempa tahun 2006 bangunan pemandian ini hancur dan sekarang sudah dibangun dengan kondisi yang baru. Air panas yang keluar dari bumi ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit seperti gatal – gatal, panu, kadas, kurap, juga pegal – pegal dan rematik. Untuk rematik dan stroke bisa mandi di pemandian tiap hari selama satu bulan. Dan untuk penyakit kulit bisa mandi tiap hari hanya satu minggu. Jika sakit gigi, silahkan mandi di pemandian dan sikat gigi dahulu biar bersih giginya hingga tak sakit gigi!

LOKASI

Berwisata ke kawasan Pantai Parangtritis tidak lengkap jika tidak mampir ke permandian air panas yang ada di Parang Wedang, Parangtritis, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Parangtritis yakni hanya beberapa meter saja dari jalan masuk ke obyek wisata tersebut. Lokasi Pemandian Parangwedang ini kurang lebih berada 30 km dari Kota Yogyakarta yang ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam. Bagi Pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi, untuk bisa mencapai Parangwedang, dari kota Yogyakarta tidak terlalu rumit, karena jalan yang dilalui sangat datar dengan kondisi jalan yang baik. Anda cukup mengikuti jalanan ke arah Pantai Parangtritis dengan menempuh waktu sekitar satu jam. Setelah melewati Tempat Pemungutan Retribusi ( TPR ) Parangtritis, beberapa meter saja sudah sampai di Parang Wedang.Pemandian Parang Wedang

HARGA TIKET

Untuk bisa mencapai lokasi Parang Wedang, di Tempat Pemungutan Retrebusi Parangtritis, Anda dikenakan tarif Rp 3.000,00 per orang. Untuk Mobil dikenakan tarif retribusi Rp 2.000,00 sedangkan motor dikenakan tarif Rp 1.000,00.
Pemandian Parang Wedang
Di area parkir akan kembali dikenakan tarif retribusi Rp 2.000,00 ( motor ), Rp 5.000,00 ( mobil ). Sementara untuk mandi dan berendam setiap pengunjung hanya cukup membayar Rp 4.000,00 per orang tanpa batas waktu yang ditentukan.

Pemandian Parang Wedang
Pemandian Parang Wedang adalah tempat pemandian air hangat yang mengandung mineral seluas 1140 m2. fasilitas yang tersedia yaitu kolam penampungan air hangat sukuran 9m x 8m kamar mandi air hangat enam buah dan kamar mandi air tawar enam buah.
Pemandian Parang Wedang
Di lokasi Parang Wedang ini tersedia beberapa fasilitas seperti tempat untuk mandi, kolam pemandian air hangat. Selain itu juga ada penginapan dan tempat rekreasi serta rumah makan.

 Pemandian Parang Wedang

Pemandian Parang Wedang

Pemandian Parang Wedang

Please rate this


Recent Post