Dam beton dan Bendungan Simo No ratings yet.

Please rate this

Dam Beton dan Bendungan Simo adalah dua tempat yang berbeda. tapi lebih seringnya disebutkan bersama. Soalnya tempatnya berdekatan Sob. Fungsinya juga sama. Yaitu sama-sama tempat menampung air untuk irigasi. Selain itu, kedua tempat ini juga dimanfaatin buat wisata air Sob. Lokasi wisata ini sekarang juga jadi andalan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Gunungkidul.

Ide awal pembuatan Dam Beton dan Bendungan Simo berawal dari keinginan warga agar sawah mereka tidak kekurangan air meskipun di saat musim kemarau. Tahu sendiri kan kalau Gunungkidul penuh dengan batuan karst. Jadinya kalau musim kemarau sering mengalami kekeringan. Nah, Dam Beton dan Bendungan Simo ini difungsikan untuk menampung air sungai dan air hujan. Selanjutnya bendungan ini bakal dijadiin alat pembangkit listrik tenaga air (PLTA).
Meskipun kawasan ini merupakankawasan wisata. Kawasan ini nggak seperti kawasan lain yang nggak tertata karena banyak pengunjungnya. Masyarakat sekitar mengelola bendungan ini secara suka rela.

Dam beton dan Bendungan Simo

Dam beton dan Bendungan Simo

Selain untuk irigasi sawah disekitar bendungan. Bendungan ini kini mulai dijadikan kawasan wisata air. Sejak dijadikan kawasan wisata air, mulai banyak pengunjung yang datang kesini Sob.

Seiring dengan itu, sekarang ini di sekitar bendungan udah muncul berbagai fasilitas publik. Ada kolam pemancingan ikan air tawar seperti Bawal, Nila, dan Gurame. Ada juga warung-warung makan lesehan yang menyajikan ikan tawar dengan aneka olahan. Selain itu juga ada fasilitas sepeda air  bagi keluarga dan anak-anak.
Dam Beton terletak di desa Umbulrejo dan Bendungan Simo terletak di Desa Genjahan Kecamatan. Keduanya masuk dalam Kecamatan Ponjong Kabupaten Gunungkidul, Jogjakarta.
Mencapai lokasi wisata Dam Beton dan Bendungan Simo ini gampang Sob.kalau kamu naik kendaraan umum, dari terminal Giwangan Jogjakarta, naik bus umum jurusan Wonosari. Turun di terminal Wonosari. Selanjutnya naik bus kecil jurusan Ponjong dan turun di desa Umbulrejo atau Genjahan. Habis itu kamu bisa naik ojek untuk menuju lokasi. Sebenaryna lebih asyik kaalu menggunakan kendaraan pribadi. Jadi kamu bisa mencari jalan pintas.


Recent Post
Call
IM3
WA
Simp
BB
Email
Email