Goa Kiskendo No ratings yet.

Please rate this

Goa Kiskendo merupakan Goa yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Wates-Kulon Progo. Dari Goa Kiskendo ini bisa menembus ke Goa Seplawan yang berada di Kabupaten Purworejo (Jawa Tengah), bukan hal yang aneh karena letak dari Goa Kiskendo sendiri sangat berdekatan atau berbatasan langsung dengan Kabupaten Purworejo.

Goa Kiskendo ini terletak di desa Jatimulyo kecaman Girimulyo, kurang lebih 38 km dari kota Yogyakarta dan 21 km dari kota Wates. Goa Kiskendo merupakan goa alam di Perbukitan Menoreh dan dapat ditelusuri dengan mudah sejauh 600 meter dari mulut goa. Perbukitan Menoreh sendiri merupakan perbukitan yang cukup terkenal di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Selain memiliki Udara yang sejuk perbukitan menoreh juga terkenal akan aktifitas penduduknya yang rata-rata bekerja sebagai pembuat Gula Jawa yang memiliki Kualitas terbaik sekaligus sebagai penyadap Nira. Tidak Itu saja Ketenaran dari Perbukitan Menoreh dijaman penjajahan Belanda dan jepang dulu tempat ini juga sebagai tempat bersembunyi para pejuang-pejuang kemerdekaan sekaligus untuk mengatur setrategi perang melawan para penjajahan Belanda dan ditempat ini pula Pahlawan Kemerdekaan Yaitu Sentot Pawiroderjo Alibasyah berasal.Konon goa Kiskendo ini dilatarbelakangi legenda pertempuran Mahesosuro-Lembusuro melawan Sugriwo-Subali, yang secara lengkap digambarkan dalam relief di samping mulut goa.
Goa Kiskendo
Goa Kiskendo ini sanagat menarik sekali karena banyak kita jumpai ornamen Gua yang berbentuk stalaktit dan stalaknit yang berusia ribuan tahun menjadikan panorama khas goa Kiskendo. Di dalam Goa Kiskendo ini terdapat beberapa tempat yang sakral dan digunakan untuk kegiatan ritual, antara lain Pertapaan Kusuma, Pertapaan Ledhek, dan Pertapaan Santri Tani. Bagi para caver dapat menyelusuri lebih jauh di goa Sumitro yang terletak hanya beberapa meter di bawah goa Kiskendo. Mungkin Kalau ingin lebih detailnya mengenai info dan foto yang lengkap bisa anda tanyakan langsung pada Dinas Pariwisata Yogyakarta atau Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo


Recent Post
Call
IM3
WA
Simp
BB
Email
Email