Puncak Suroloyo : Menghitung Anak Tangga No ratings yet.

Puncak Suroloyo : Menghitung Anak Tangga

  

Puncak Suroloyo bisa dikatakan sebagai salah satu lokasi wisata yang membutuhkan tenaga dan keinginan yang kuat untuk menuju puncaknya. Memang bukan seperti layaknya mendaki gunung tetapi tetap membutuhkan niat yang kuat. Perjalanan menuju lokasi yang cukup panjang dari pusat kota Jogja kemudian perjalanan untuk menuju puncaknya. Perlu diketahui bahwasanya lokasi wisata satu ini merupakan puncak paling tinggi Pegunungan Menoreh. Berada pada ketinggian sekitar 1.019 mdpl Anda bisa melihat Candi Borobudur saat  berada di puncaknya. Tentu saja akan terlihat jelas ketika Anda melihatnya menggunakan teropong. Bukan hanya Candi Borobudur saja tetapi Anda juga bisa melihat Gunung Sindoro, Sumbing, Merbabu dan Gunung Merapi.

 

Jalur Menuju Puncak Suroloyo

Suroloyo Kulon Progo

Bagaimana? Anda tentu tertarik untuk menuju Puncak Suroloyo. Rute puncak Suroloyo memang bukan perjalanan yang mudah. Setidaknya Anda harus melalui jalanan sepanjang sekitar 15 km dari pusat kota Jogja. Ada dua jalur yang bisa dilalui. Anda bisa melalui rute dari Jalan Godean menuju Sentolo lalu Kalibawang. Anda bisa juga melalui rute dari Jalan Magelang menuju Pasar Muntilan baru kemudian Kalibawang. Jika menggunakan motor atau mobil pastikan memenuhi bahan bakar dan memeriksa kondisi ban serta rem. Karena Anda akan melewati perjalanan yang cukup mendebarkan. Jalanan yang dilalui tidak mulus seperti jalur perkotaan. Jalanan naik dan turun dengan kelokan yang tajam dan tanjakan yang sangat curam. Harus pandai mengatur gigi motor karena jika salah bukan tidak mungkin akan mendorong motor. Beruntung sepanjang perjalanan Anda bisa melihat pemandangan di kanan dan kiri jalan yang menakjubkan. Hijaunya hamparan sawah maupun pepohonan serta birunya langit begitu berada di ketinggian.

 

Tiga Pilihan Menuju Puncak

Wisata Puncak Suroloyo

Ketika sudah berada di lokasi wisata dan memarkirkan kendaraan, Anda akan diberikan tiga pilihan untuk mencapai puncak Suroloyo Magelang dengan ketinggian yang berbeda. Pertama melalui pendopo Pertapaan Suroloyo. Pilihan pertama ini merupakan tingkat paling mudah untuk melihat pemandangan dari ketinggian. Melalui pendopo ini, Anda bisa melihat Candi Borobudur. Pilihan kedua melalui pendopo kedua yaitu Pertapaan Sariloyo yang berada pada sekitar 200 meter ke arah barat. Melalui pendopo ini Anda bisa melihat Gunung Sumbing dan Sindoro. Kemudian pilihan ketiga melalui pendopo ketiga yaitu Pertapaan Kaendran. Puncak ini bisa dikatakan sebagai puncak tertinggi. Setidaknya Anda bisa melalui anak tangga setidaknya 286 anak tangga. Mungkin Anda bisa menghitungnya sehingga lebih yakin mengenai jumlahnya.

 

Jangan Lupa Membawa Bekal

Puncak Suroloyo Jogja

Meskipun untuk menuju puncak Suroloyo kulonprogo tidak seperti ketika melakukan tracking ke gunung-gunung lain karena melalui anak tangga. Namun jika Anda memilih untuk naik puncak tertinggi maka, bekal makanan maupun minuman sangat perlu dibawa. Mengapa? Bayangkan jika harus mendaki anak tangga lebih dari 200 dan pada keseharian jarang berolahraga, tentu akan sangat melelahkan. Beberapa kali istirahat jelas banyak dilakukan. Namun pemandangan menakjubkan bisa Anda peroleh begitu sampai di puncak.

 

Banyak Pemandangan Indah

Gunung Suroloyo

Sebenarnya untuk melihat pemandangan indah tidak harus memilih puncak Suroloyo Jogja yang paling tinggi. Bahkan jika tidak kuat sekalipun Anda bisa memilih beristirahat dan berhenti di salah satu sisi kanan tangga yang lumayan lapang. Tidak sedikit pengunjung yang duduk-duduk di pinggir dengan beralaskan rumput hijau. Tetapi harus berhati-hati karena sangat berdekatan dengan jurang yang curam. Namun sangat tepat untuk sekedar duduk menikmati pemandangan alam dan menikmati sejuknya udara pegunungan.

 

Persiapan Sebelum Perjalanan

Puncak Suroloyo

Sebelum melakukan perjalanan pastikan memastikan kesehatan kendaraan yang digunakan. Jika melewati rute jalan Godean pada musim rambutan maka sepanjang jalan ketika menuju atau pulang dari lokasi wisata tersebut akan menemui banyak penjual rambutan. Harganya sangat terjangkau dan masih segar karena langsung dari pohonnya. Sangat cocok dijadikan bekal untuk perjalanan menuju puncak. Ingat! Jika menuju lokasi pada saat musim penghujan kesehatan kendaraan sangat perlu diperhatikan. Begitu pula jika membawa motor, mantel harus dibawa karena curah hujan di lokasi tersebut juga relatif tinggi. Meskipun perjalanan melelahkan namuan begitu sampai Puncak Suroloyo Anda bisa merasakan kepuasan yang tidak terlupakan.

Please rate this


Recent Post