Kraton Ambarketawang No ratings yet.

Situs Keraton Ambarketawang terletak di Dusun Tlogo, Desa Ambarketawang, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, kurang lebih 5 kilometer sebelah barat kota Yogyakarta. Situs ini oleh penduduk setempat sering dinamai dengan beberapa nama yaitu: (1) Keraton Ambarketawang, (2) Pesanggrahan Ambarketawang, (3) Petilasan Ambarketawang, (4) Beteng Ambarketawang, (5) Keraton Pesanggrahan Ambarketawang, (6) Jagang Ambarketawang.
Kraton Ambarketawang
Pesanggrahan Ambarketawang pada saat ini tinggal menyisakan tembok batu bata, fondasi bangunan, saluran air (urung-urung), sumur kuna, tembok kademangan dan kestalan ‘kandang kuda’. Sisa-sisa peninggalan tersebut berada di pekarangan milik Mulyasuganda. Luas pekarangan tersebut lebih kurang 1890 meter persegi. Banyak ahli menduga bahwa situs Keraton Ambarketawang bukanlah situs bekas keraton seperti pengertian yang sekarang. Situs ini lebih mendekati bentuk benteng pertahanan. Dugaan ini diperkuat oleh bentuk bangunan, bahan bangunan dan diperkuat pula dengan adanya bukit gamping di sisi timur laut yang menjadikan bangunan keraton-benteng ini ini secara alami terlindung. Bukit kapur ini mengalami penggerogotan secara besar-besaran pada zaman pendudukan Jepang dan pada masih sangat produktifnya pabrik gula Madukisma. Kapur di bukit ini telah digunakan untuk proses pembuatan gula. Sedangkan pada zaman Jepang bukit kapur ini ditambang untuk keperlulan bahan bangunan.Situs Ambarketawang terletak sekitar 70 meter di sebelah selatan sisa Gunung Gamping. Peninggalan-peninggalan yang masih nampak pada keseluruhan kompleks situs tersebut di antaranya sisa benteng, sisa bangunan/rumah, dan sisa urung-urung (gorong-gorong).Sisa benteng Keraton Ambarketawang yang masih kelihatan berdiri di atas tanah berupa tembok.

Sebagian berada di sisi utara, barat, dan selatan. Tembok di sisi timur pada saat ini sudah tidak kelihatan lagi. Tembok-tembok tersebut terbuat dari batu bata dengan ukuran rata-rata 24 x 12 x 5 cm. Ketebalan tembok benteng rata-rata adalah 50 cm. Tinggi tembok benteng sekitar 3 meteran.Menurut penduduk setempat tembok sisi utara dulunya mengikuti elevasi tanah yang berkaitan dengan bukit kapur di sebelah timurnya. Tembok sisi ini masih tampak dan digunakan sebagai dinding kompleks makam umum. Panjang tembok yang masih kelihatan di atas permukaan tanah adalah 12 meter.Menurut penduduk setempat tembok sisi utara dulunya mengikuti elevasi tanah yang berkaitan dengan bukit kapur di sebelah timurnya. Tembok sisi ini masih tampak dan digunakan sebagai dinding kompleks makam umum. Panjang tembok yang masih kelihatan di atas permukaan tanah adalah 12 meter.

Please rate this


Recent Post