Pemandian clereng No ratings yet.

Jika Anda berada di pedalaman kabupaten Kulonprogo, sudah saatnya Anda  menyempatkan bermain di Pemandian Clereng. Banyak orang sekitar Kota Jogja mengetahui Pemandian Clereng. Tempat ini merupakan salah satu obyek wisata dengan konsep kolam alamiah. Airnya bersumber dari mata air Clereng. Perbukitan yang di bawahnya mengalir mata air jernih yang merupakan keindahan lingkungan sekitar Pemandian Clereng ini. Selain sebagai irigasi pertanian, sebagian besar masyarakat memanfaatkannya untuk air minum. Dalam merasakan segarnya mata air murni dari Clerang para pengunjung bisa mandi, bermain air atau mencuci muka.

Terdapat Makam Kyai Pakujati dan Petilasan Sunan Kalijaga tidak jauh dari mata air Pemandian Clereng ini yang sering dikunjungi para peziarah. Dahulu kala konon saat penyebaran agama Islam, Sunan Kalijaga pernah menapakkan kakinya di Kulonprogo. Dan tepatnya di lokasi Pemandian Clereng ini. Nilai magis dan historis mata air ini hadir atas kedatangan Sunan Kalijaga pada saat itu. Atas kekuatan tersebut, Pemandian Clereng dipercaya membuat awet muda dan dapat memberikan berkah keselamatan, keberhasilan dan ketentraman. Meskipun pemandian ini kini sudah dipugar menjadi objek wisata dan pemandian umum biasa, tetapi hawa magis dari sejarahnya masih terasa.

Pemandian ini merupakan kolam mata air alami dari Clereng. Berlantaikan bebatuan dan berdindingkan batuan cadas yang di beberapa tempat telah berlumut, terutama yang berada di bawah rimbun pepohonan. Selain itu juga, pemandian alamiah ini telah ditambah dengan dua buah kolam renang buatan berkedalaman 0,5 hingga 2 meter.
Pemandian clerengPemandian clereng
Banyak orang percaya jika mandi atau membasuh muka dengan air dari mata air clereng ini dapat memberikan awet muda dan keselamatan di dunia. Kolam renang pemandian clereng ini juga dipercaya dapat memberikan keberhasilan bagi orang yang mandi di sini juga memberikan ketentraman. Nyata atau tidak tentang hal itu, ini adalah sebuah kepercayaan yang masih dianut oleh masyarakat setempat, bahkan saat waktu tertentu masih banyak orang-orang yang datang dari luar kota atau bahkan luar Pulau Jawa.

Di Clereng juga terdapat pasar tradisional yang setiap Pahing dan Wage  sesuai dengan penanggalan Jawa selalu ramai dipadati orang. Bagi para wisatawan yang menyenangi wisata kuliner dapat menikmati makanan khas Daerah Clereng ini. Makanan khas yang ditawarkan tentunya makanan khas daerah Kulon Progo, yakni gebleg, tempe benguk, dan sengek tempe. Obyek Wisata Pemandian Clereng ini, dengan potensi yang dimiliki sebenarnya cukup menjanjikan potensi investasi untuk dikembangkan

Pemandian Clereng ini selalu ramai oleh pengunjung di setiap hari libur ataupun saat menjelang Ibadah puasa. Jika menjelang Bulan Ramadhan lokasi ini dijadikan tempat padusan atau mandi bersama-sama oleh masyarakat sekitar. Di lokasi ini juga memberikan fasilitas seperti kamar mandi sebagai tempat bilas, warung kuliner, tempat duduk di sekitar kolam, area parkir yang cukup luas dan pada saat tertentu terdapat Pasar Wage serta Pasar Pahinga

Please rate this


Recent Post