Desa wisata Brayut No ratings yet.

Desa wisata Brayut terletak di Pendowoharjo, Sleman, Yogyakarta, Indonesia. Desa wisata ini mengedepankan sisi budaya yang ada pada masyarakatnya yang berbasis pertanian. Desa wisata budaya yang berbasis pertanian ini merupakan tempat yang nyaman untuk rekreasi sekaligus mempelajari kebudayaan masyarakat karena juga didukung dengan suhu udara yang sejuk dengan pemandangan Gunung Merapi yang indah.

Desa Wisata Budaya BrayutDesa wisata Brayut memiliki berbagai potensi wisata budaya diantaranya adalah kegiatan-kegiatan masyarakat yang mengandung unsure kearifan lokal yang dapat di pelajari oleh wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Kegiatan budaya yang bisa dilakukan di Desa Wisata Brayut yaitu karawitan, membatik, tari-tarian, wisata kuliner, permainan rakyat, ataupun kegiatan konservasi baik budaya ataupun lingkungan. Selain itu arsitektur rumah penduduk di Desa Wisata Brayut sangat kental dengan budaya Jawa, misalnya bentuk Joglo, bentuk limasan, bentuk sinom, dan bentuk kampung.

Sebagai desa berbasih pertanian tentu saja terdapat keghiatan-kegiatan pertanian yang bias dipelajari oleh para wisatawan. Kegiatan tersebut antara lain belajar membajak, menanam padi, ndawut (mencabut benih padi), memanen padi (ani-ani), menjemur padi, hingga memetik jeruk di kebun jeruk organic. Hal tersebut sangat bermanfaat untuk wisatawan yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai kegiatan pertanian tradisional. Masih terdapat juga kegiatan peternakan masyarakat yang dapat dipelajari yaitu belajar membajak, memandikan sapi, hingga merumput.

Sebagaimana layaknya desa wisata yang lain, akses menuju Brayut dapat dijangkau dengan mudah menggunakan kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Hal tersebut karena kondisi jalan menuju lokasi sudah relative baik karena dikelola oleh masyarakat sekitar Desa Wisata Brayut.

Please rate this


Recent Post