Tips Membeli Mobil Baru : Jangan Tertipu No ratings yet.

Tips Membeli Mobil Baru

Tips Membeli Mobil Baru – Sebelum memutuskan untuk membeli mobil baru atau bekas, anda sebaiknya mempunyai tujuan untuk apa mobil itu di fungsikan. Jika fungsinya untuk keluarga besar, sebaiknya anda membeli mobil jenis minibus, seperti Avanza, Xenia, Apv, Luxio ataupun kijang innova. Minibus akan lebih memiliki daya muat penumpang yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis city car ataupun sedan.

2. Cari informasi sebanyak-banyaknya adl salah satu Tips Membeli Mobil Baru.

Jika sudah menentukan jenis mobil, langkah ke dua cari informasi selengkap-lengkapnya melalui browsing internet, karena melalui info online, kita akan lebih mudah mendapatkan informasi secara detail spesifikasi mobil yang akan kita beli. Setelah mendapatkan spesifikasi yang menurut anda sudah sesuai dengan kebutuhan anda, segera datang ke dealer untuk melihat secara fisiki jenis mobil yang sudah terekam informasinya. Bertemu dengan marketing minta ijin untuk menunjukkan interior dan kelengkapan fisik mobil. Setelah itu, test drive dan lakukan aktifkan smua panel-panel mobil yang tersedia. Anda akan merasakan kenyamanan atau keunggulan dan kelebihan dari mobil tersebut.

3. Anggaran.

Sesuikan anggaran anda dengan jenis mobil, dan awas jangan lupa, biasanya untuk pembelian mobil salles akan menawarkan banyak diskon. Diskon biasanya akan bervariasi menurut bulan promo. Kalau saya biasanya suka belanja mobil di bulan desember. Karena banyak pemilik merk mobil yang menawarkan diskon yang bersaing.

4. Kualitas

Untuk masalah kualitas, anda sebaiknya konsultasi dengan bengkel mobil yang sudah berpengalaman. Mereka akan lebih tau kelebihan dan kekurangan dan ciri khas kerusakan mobil yang sering terjadi. Dan juga suku cadang yang tersedia. Kalau saya sendiri kurang menyukai produk-produk new realease, karena biasanya kita akan kesulitan mencari suku cadang jika terjadi kerusakan pada mobil. Jangan sampai tergiur dengan berbagai penawaran sebelum anda mendapatkan info lengkap dari pihak ketiga (Bengkel dan informasi internet).

5.  Biaya Pembelian

Biaya pembelian murah Selain itu, periksa pula ongkos pemeliharaan dan perbaikan dari mobil-mobil prospektif di masa datang. termasuk ongkos bahan bakar, penyetelan reguler, perbaikan kecil maupun biaya pajak tahunan (biaya perpanjangan STNK). Perhitungan tinggi-rendahnya biaya pajak ditentukan diantaranya oleh tahun keluaran,merk dan kapasitas mesinnya -1600 cc akan berbeda perhitungan dengan 2000 cc

6. Purna Jual

Sebagai tambahan dari poin-poin sebelumnya adalah bagaimana prospek harga purna jualnya, apakah tetap tinggi ataukah malah ‘jatuh’. Sebagai gambaran kasar, type mobil seperti toyota kijang, honda jazz dan mobil niaga keluaran Jepang lainnya masih menduduki peringkat pertama dalam hal purna jual. Sedangkan untuk type sedan, kembali mobil Jepang lebih bagus prospeknya dibanding harga purna jual mobil-mobil keluaran Eropa, seperti BMW, Mercedes, Peugeot, Volkswagen dan sebagainya

Pilihlah mobil-mobil yang popular di Indonesia untuk menjamin harga jual kembali yang menguntungkan, ketersedian spare parts dan fasilitas service yang lengkap. Pilih warna dan aksesoris yang banyak diminati. Jangan sembrono memilih warna karena akan merugikan kelak. Demikian pula aksesorisnya. Misalnya untuk mobil tersebut, varian yang menggunakan transmisi automatic lebih populer, maka pilihlah varian itu. Informasi semacam ini bisa diperoleh melalui sales di dealer mobil. Sadari keterbatasan anggaran. Jangan tergiur membeli mobil yang lebih mewah. Selain memberatkan anggaran, biaya perawatan dan operasional sehari-hari relatif lebih mahal. Menentukan mobil yang ideal dan terbaik untuk keluarga memang kadang harus disiasati sesuai kocek anda. Kalau perlu, Anda harus mempelajari trend mobil yang sedang marak di Indonesia.

7. Ramah Tapi Tegas

Ketika pergi ke dealer, tenaga penjual akan mencoba bersikap amat ramah. Sebagai pembeli tentu kita juga mesti bersikap baik, namun jangan pernah merasa berutang budi akan keramahan tersebut.
Pastikan bahwa Anda tidak dapat ‘diintimidasi’ untuk harus melakukan pembelian.

8. Tanyakan Tentang Penawaran Khusus

Penawaran khusus bisa berupa apa saja, seperti paket pembiayaan, garansi, dan sebagainya. Tanyakan juga tentang diskon khusus, atau hadiah pembelian. Bisa saja dealer memiliki lebih dari satu skema pembiayaan (kredit). Pilih salah satu yang sesuai dengan Anda.

9. Menawar
Meskipun dealer memasang label harga, bukan berarti harga tersebut fix. Dengan mengajukan penawaran, mungkin Anda akan mendapat harga yang lebih miring.Ini bukan proses yang mudah terutama jika Anda sedikit malu-malu. Tarik napas dalam-dalam dan ajukan penawaran, mungkin Anda akan mendapatkan harga terbaik.

10. Mendatangi Beberapa Dealer

Ketika datang ke satu dealer, tidak ada kewajiban Anda harus membeli disana. Mendatangi beberapa dealer untuk melakukan survei amat dianjurkan agar Anda mendapatkan penawaran dan pelayanan terbaik.

11. Dimana Mobil Diparkir

Bila mobil sering diparkir di tempat umum sebaiknya memilih mobil yang bukan merupakan mobil yang sering menjadi sasaran pencuri.

Inilah beberapa Tips Membeli Mobil Baru seamoga bermanfaat.

Please rate this


Recent Post