Perbedaan Xenia dan Sigra Manual Matik No ratings yet.

Apakah perbedaan Xenia dan Siagra? Pernahkah Anda bertanya-tanya mengenai kedua hal ini? Karena jujur saja, jika melihat keduanya, mungkin saja ada pendapat bahwa kedua kendaraan ini memiliki bentuk yang hampir sama dan serupa, tapi tentu saja ada beberapa hal yang berbeda. Siagra diluncurkan oleh Daihatsu dan dianggap menjadi saingan kakak tertuanya, yaitu Daihatsu Xenia. Sebetulnya Siagra merupakan produksi hasil kolaborasi antara Toyota dan Daihatsu, diciptakan dalam kelas LCGC (Low Cost Green Car) yang merupakan kembaran Calya. Calya sendiri lebih sering dibandingkan dengan Avanza karena masuk dalam kelas yang hampir sama, merupakan MPV yang lebih ‘affordable’ atau lebih murah. Siagra sendiri didesain untuk menjadi versi terjangkau dari Xenia tanpa mengkompromikan kekuatan dan performa. Jadi, apa saja perbedaan Daihatsu Xenia dan Siagra secara umum?

Mesin

Perbedaan mesin Xenia dan Sigra

Kemampuan mesin dan performa tidak boleh diabaikan. Bahkan, pilihan mesin menjadi salah satu faktor penting dalam memilih sebuah kendaraan. Jadi, apakah perbedaan Xenia dan Siagra? Untuk permulaan, Siagra menggunakan mesin 4 silinder dengan kapasitas sekitar 1,200 cc. Dengan pengaturan ini, mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga sekitar 88 dk dengan torsi terbesar (atau maksimum) sebesar 108 Nm. Sementara itu, Xenia menggunakan mesin 4 silinder dengan kapasita sekitar 1.300 cc. Dengan pengaturan tersebut, mesin ini dapat menghasilkan tenaga hingga 97 dk dengan torsi terbesar 121 Nm.. Dari perbandungan ini, tampaknya Xenia memiliki tenaga yang lebih besar. Tapi perlu diingat juga berat kosongnya. Karena dengan memperhitungkan power to weight ratio, baru Anda bisa mempertimbangkan kekuatan sesunggunya. Siagra memiliki berat kosong yang  lebih kecil dan tenaga yang kecil juga, mencapai 11.25 kg/dk. Dibandingkan dengan Xenia yang memiliki rasio 11.64 kg/dk, tentu saya rasio Siagra lebih bagus.

Performa dan Kecepatan

perbedaan xenia siagra

Xenia memiliki hasil percepatan dan akselerasi mencapai 14.2 detik untuk mencapai 100 kilometer per jam. Untuk Siagra, kecepatannya mencapai 14.3 detik untuk mencapai kecepatan yang sama. Bisa dilihat dari perbandingan tersebut bahwa Siagra lebih lambat 0.1 detik dibandingkan Xenia tapi juga bisa dilihat bahwa performa dan kecepatannya hampir sama jadi performanya tidak terlalu jauh berbeda.

Konsumsi Bahan Bakar

Teknologi keduanya hampirlah sama. Keduanya menggunakan teknologi dual VVT-I yang menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih hemat dan efisien. Karena teknologi ini, putaran cam gear bisa berubah-ubah untuk mengakomodir waktu dan bukaan katup yang juga bervariasi. Durasi bukaan tersebut dapat disesuaikan dengan kapasitas mesin dan kapasitas loadingnya, dan juga sesuai dengan parameter kecepatan mesinnya. Karena hal ini, pembakaran mesin yang ideal dapat dicapai. Dalam berbagai uji coba, Xenia dapat mencapai 12 kilometer untuk 1 liter bahan bakar. Untuk Siagra, kendaraan tersebut dapat mencapai 17.3 kilometer dengan 1 liter bahan bakar. Bisa dilihat bahwa Siagra memiliki kemampuan untuk mengirit yang lebih baik karena rasio bobot dan tenaga yang seimbang. Untuk uji coba di jalan tol, Siagra dapat mencapai 20.5 kilometer per 1 liter sementara Xenia ‘hanya’ 16.2 kilometer per 1 liter.

Pengalaman Berkendara

Sebetulnya, jika diperhatikan lebih detil, penggerak roda dan sasis keduanya berbeda. Perbedaan Xenia dan Siagra adalah sasis tipe ladder yang digunakan Xenia, sementara Siagra menggunakan tipe monokok (seperti yang dipakai Ayla). Untuk penggerak rodanya, Xenia menggunakan roda belakang, sementara Siagra menggunakan roda depan. Pada Xenia, posisi duduknya lebih tinggi sehingga jarak pandang menjadi lebih baik. Namun, jarak pandang pada Siagra sebetulnya tidak bermasalah walaupun posisinya rendah jika dibandingkan dengan Xenia.

Interior Kabindasboard-mobil-Sigra-Xenia

Xenia memiliki ruang kabin yang lebih luas dan lega namun permasalahan keduanya adalah sama: keduanya memiliki ruang terbatas pada baris ketiga. Baris ini cukup lapang jika digunakan oleh penumpang anak-anak namun akan cukup sempit jika digunakan oleh penumpang dewasa.

Jika kebetulan Anda ingin berlibur ke Jogja dan menyewa mobil, Anda bisa baca mobil murah Jogja dan daftarnya. Jika Anda tidak begitu tertarik dengan mobil manual, Anda bisa baca sewa mobil matik Jogja karena ada juga daftar lainnya yang memungkinkan. Pada dasarnya, Anda perlu mengetahui perbedaan Xenia dan Siagra yang mendasar jika ingin membuat keputusan yang tepat.

Please rate this


Recent Post