Perbedaan Great New Xenia Vs Grand New Avanza Terbaru No ratings yet.

perbedaan Great New Xenia vs Grand New Avanza saudara kembar yang satu ini memang kerap menyedot perhatian pecinta otomotif di tanah air. Jika salah satunya hadir dengan model yang terbaru, pasti akan diikuti oleh model terbaru dari saudarinya. Yup, mereka adalah Xenia dan Avanza. Jika Xenia adalah keluaran Daihatsu maka Avanza adalah keluaran Toyota Astra. Meskipun keduanya memiliki kemiripan yang cukup identik, namun masih terdapat beberapa perbedaan Xenia vs Avanza Terbaru. Sebenarnya, perbedaan tersebut cukup mendasar seperti pada performa mesin dan juga desain interiornya. Tidak heran jika maasing-masing mobil ini mempunyai fans sendiri. Jika Xenia jadi idola untuk keluarga berpenghasilan menengah ke bawah maka Avanza adalah idola bagi keluarga menengah ke atas karena harga keduanya memang cukup berbeda. Nah, untuk varian terbaru yang baru beberapa bulan ini diluncurkan, perbedaan keduanya juga cukup menarik untuk dibahas.

Perbedaan Great New Xenia Vs Grand New Avanza: Desain Eksterior dan Interior

 Mengawali diskusi soal perbedaan Great New Xenia vs Grand New Avanza, maka dimulai dengan membahas desain eksterior dari masing-masing mobil. Perbedaan yang cukup mendasar pada desain eksterior kedua mobil tersebut terlihat pada bagian depan mobil. Untuk varian yang terbaru ini, Avanza memutuskan untuk tampil dengan single plat krom. Berbeda halnya dengan Xenia yang lebih memilih untuk tampil dengan buah plat berlapis krom. Perbedaan lain juga terlihat pada lampu kabut bagian depan dimana Avanza tampil dengan bentuk lampu yang lebih runcing. Beranjak ke bagian kaki-kaki mobil, kali ini Xenia menawarkan desain baru dengan velg alloy wheel berdimensi 8 inch. Avanza tampil sedikit berbeda dengan velg alloy berdimensi 14 inch yang memiliki desain menyerupai pisau blender atau kelopak bunga.

interior-grand-new-avanza-terbaru

Perbedaan pada desain eksterior kedua mobil tersebut memang tidak terlalu signifikan. Tapi bagi pecinta otomotif sejati perbedaan tersebut cukup mudah untuk dikenali. Soal desain mana yang lebih terlihat premium atau elegan, mana Avanza bisa jadi pemenangnya karena Toyota memang mengeluarkan modal yang lebih besar dibanding Daihatsu untuk memproduksi mobil ini. Maka, tidak heran jika material yang digunakan pun juga lebih berkualitas.

Beranjak ke bagian dalam kabin, Avanza memiliki desain interior kabin yang terlihat lebih elegan dari varian sebelumnya. Hal ini terlihat dari sandaran kursi atau sering disebut headrest pada kursi penumpang di baris kedua. Selain itu, Avanza juga menampilkan konfigurasi 50:50 untuk bangku di baris kedua dan ketiga sehingga memungkinkan penumpang untuk melipat kursi agar memiliki akses keluar masuk yang lebih leluasa. Avanza juga memiliki kabin dengan ruang kaki yang terbilang luas apalagi di seri terbaru 2016 ini. Fitur ini tentu menambah nilai mobil Avanza besutan Toyota Astra termasuk ketika Anda memutuskan untuk sewa Avanza Jogja karena dapat meningkatkan kenyamanan selama di perjalanan. Bahkan ketika penumpang harus menempuh perjalanan belasan hingga puluhan jam, mereka akan tetap merasa nyaman dan tidak mudah lelah.

Lain halnya dengan mobil Xenia. Bahkan di varian terbaru tahun 2016 ini Xenia belum menampilkan konfigurasi 50:50 untuk pada kursi penumpang di baris kedua dan ketiga. Hal ini tentu membuat Xenia satu level di bawah Avanza soal kenyamanan berkendara. Namun, jika Anda mengingat harga Xenia yang memang lebih murah dibanding Avanza, maka hal ini tentu masuk akal. Dengan belum adanya konfigurasi ini, akses keluar masuk bagi penumpang untuk dapat duduk di baris ketiga memang lebih terbatas. Jadi, penumpang harus lebih bersusah-payah untuk menuju baris ketiga. Untuk anak muda hal ini bukan menjadi masalah. Namun, bagi penumpang yang berusia lanjut tentu akan merasa cukup kepayahan. Sehingga, ketika Anda berencana bepergian dengan sewa Xenia Jogja dan membawa serta seluruh anggota keluarga, maka pastikan anggota keluarga yang berusia lanjut untuk duduk di kursi baris kedua.

Perbedaan Great New Xenia Vs Grand New Avanza: Performa Mesin

Perbedaan Xenia dan Avanza selanjutnya adalah pada spesifikasi dan performa mesin. Mobil Grand New Avanza varian terbaru tahun 2016 tampil dalam 9 model yang berbeda yang dipatok di harga mulai dari Rp. 180.000.000 hingga Rp. 230.000.000. Sedangkan Xenia tampil dalam 11 tipe mesin yang berbeda dengan harga paling murah di angka Rp. 150.000.000 dan paling mahal di angka Rp. 205.000.000.

Baik Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza tampil dengan opsi mesin yang berkapasitas 1.3L dan juga 1.5L untuk menjamin performa mesin yang handal. Kedua mobil tersebut juga dilengkapi dengan teknologi terbaru yakni dual VVT-I. Teknologi ini tidak hanya dapat meningkatkan performa mesin tetapi juga menambah efisiensi penggunaan bahan bakar. Jadi tidak heran jika di varian yang terbaru ini, kedua mobil tersebut memakan bahan bakar yang lebih sedikit. Fitur ini tentu menjadi salah satu alasan mengapa Anda patut untuk membeli satu diantara mobil kembar tersebut. Dengan konsumsi bahan bakar yang lebih irit, Anda dapat menghemat uang selama perjalanan terutama ketika Anda tengah berencana untuk menempuh perjalanan yang jauh.

exterior-terbaru-great-new-xenia

Untuk kontrol kemudi, kedua mobil tersebut mempunyai lingkar kemudi yang pas serta kontrol yang sangat bagus. Kontrol kemudi yang responsif membuat kedua mobil ini sangat mudah dan nyaman untuk dikendarai. Sistem kemudi mobil Xenia dan Avanza juga dilengkapi dengan fitur terbaru untuk menambah keamanan selama dalam perjalanan. Satu hal lain yang membuat Xenia berbeda dari Avanza (baca perbedaan Xenia) adalah adanya fitur Eco yang tampil di LCD dashboard. Fitur ini memungkinkan pengemudi untuk mengaktifkan mode laju kendaraan yang lebih hemat BBM.

Perbedaan Great New Xenia vs Grand New Avanza juga terdapat pada fitur keselamatan atau safety. Sayangnya, Xenia harus mengalah pada Avanza karena Avanza mempunyai sejumlah fitur keselamatan yang lebih lengkap dan canggih dibanding dengan Xenia. Fitur-fitur tersebut antara lain teknologi ABS, Isofix, sensor parkir belakang dan juga immobilizer key. Sedangkan untuk Xenia, hanya fitur sensor parkir belakang yang tersedia di mobil ini dan hanya dapat ditemukan pada tipe R, R Sport, X, X Deluxe dan juga M Deluxe. Untuk tipe Xenia yang lain masih belum dilengkapi dengan fitur keselamatan tersebut. Hal ini tidak mengherankan karena harga Xenia memang lebih murah.

Dengan berbagai fitur, performa mesin dan juga desain eksterior dan interior, maka tidak salah jika peminat Xenia dan Avanza terus bertambah setiap tahun. Jadi, jika Anda berkeinginan untuk menyewa mobil Jogja, maka Avanza atau Zenia patut menjadi pilihan pertama Anda. Selain performa mesin yang handal, harga sewa kedua mobil tersebut juga lebih terjangkau. Pastikan untuk mencermati lebih jauh terkait perbedaan Great New Xenia vs Grand New Avanza agar Anda bisa memilih mobil yang tepat.

 

Please rate this


Recent Post