Perbedaan Calya dan Sigra – Kembar Tapi Tak Sama No ratings yet.

perbedaan Calya dan Sigra : Sudahkah Anda memilih mobil yang akan Anda beli dalam waktu dekat? Ada baiknya Anda mempertimbangkan satu diantara dua mobil yakni Calya dan Sigra. Tentu menarik untuk melihat lebih jauh mengenai perbedaan kedua mobil ini yang merupakan mobil besutan dua pabrik yang berbeda yakni Toyota dan Daihatsu. Meskipun begitu, keduanya sebenarnya punya kemiripan seperti halnya Avanza dan Xenia. Nah, sepertinya kedua pabrik ini ingin mengulang kesuksesan yang telah mereka capai dengan Avanza dan Xenia. Bagi Anda yang merupakan pengguna kendaraan beroda empat, tentu sangat penasaran tentang apakah kedua mobil ini memang punya banyak kemiripan.

Jika mengulas soal perbedaan mobil termasuk perbedaan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, tentu ada beberapa hal yang dilihat. Beberapa yang dipertimbangkan adalah tampilan luar, tampilan interior di dalam kabin, fitur keamanan dan hiburan serta spesifikasi mesin dan performanya. Bagi sebagian orang, Sigra lebih menarik ketimbang Calya dan begitu pula sebaliknya. Dengan kata lain, tiap orang punya persepsi yang berbeda terkait mobil yang paling tepat untuk mereka. Begitu pula halnya dalam menyewa mobil (baca carter mobil), selalu ada pertimbangan tertentu sebelum akhirnya pengguna mobil tersebut memutuskan untuk menyewa mobil yang mana. Nah, kali ini Anda akan disuguhi oleh beberapa perbedaan mendasar kedua mobil ini untuk membantu Anda memilih mobil yang akan Anda beli atau sewa. Pastikan untuk menyewa mobil di tempat penyewaan yang terbaik.

Perbedaan Eksterior

Calya Sigra Mobil Keluarga

Mari kita lihat dari desain eksterior kedua mobil ini. Secara sekilas, memang didapati kemiripan diantara keduanya pada konsep desain eksteriornya. Namun, jika dicermati secara detail, Anda akan melihat bahwa keduanya masih memiliki sejumlah perbedaan yang mendasar. Misalnya pada grille, emblem, bumper dan juga foglamp atau lampu kabut. Pada Daihatsu Sigra, Anda mendapati adanya kombinasi yang serasi antara grille depan dan foglamp. Sementari itu, Calya justru kurang begitu apik memadupadankan grille dan foglamp sehingga tampilannya kurang menarik. Sigra juga punya kesan mewah dengan adanya list chrome yang terdapat di bawah kaca samping. Sayangnya, Calya tidak mempunyai detail sedemikian rupa. Satu hal yang tidak dimiliki Sigra adalah reflector lampu belakang yang justru bisa ditemukan di berbagai varian Calya.

Perbedaan Interior

Beralih ke dalam bagian mobil, kali ini Calya memoles interiornya dengan menampilkan jok kursi yang memadukan warna hitam dan coklat seperti yang terdapat pada Sienta, salah satu mobil besutannya (baca mobil Sienta). Hasilnya adalah tampilan yang mewah namun sederhana. Calya juga lebih unggul dalam hal kenyamanan terbukti dengan adanya 3 headrest di kursi baris kedua dan ketiga sedangkan Sigra hanya punya 2 beadrest. Tidak hanya itu, Calya juga punya keunggulan dalam hal fitur keamanan dengan adanya sabuk pengaman yang lebih solid dan aman dalam menghadapi benturan. Sayangnya sabuk pengaman pada Sigra justru kurang efisien dan aman.

Perbedaan Fitur Keamanan

dasboard mobil Sigra & calya

Nah, lalu bagaimana dengan perbedaan pada fitur kedua mobil tersebut terutama fitur keamanan? Mari kita intip lebih jauh. Calya besutan Toyota yang ditawarkan dengan harga yang lebih mahal punya fitur yang lebih aman dan lengkap. Beberapa diantaranya adalah sensor parker, airbags, rem ABS, child doorlocking mode, sabuk pengaman otomatis dan juga side beam impact. Seluruh fitur tersebut dapat ditemukan pada berbagai varian Calya. Sedangkan untuk mobil Sigra, hanya beberapa varian yang mempunyai fitur-fitur tersebut. Misalnya Sigra tipe D dan M tidak memiliki rem ABS dan airbags. Namun, untuk Sigra tipe X,R dan R Deluxe, fitur-fitur canggih tersebut dapat ditemukan. Nah, Anda bisa membacanya di baca Sigra atau baca Calya untuk mengetahui secara lebih terperinci mengenai masing-masing fitur yang ditawarkan.

Perbedaan Mesin dan Varian

perbedaan mesin siagra calya

Ini dia perbedaan yang paling penting yakni mesin dan performanya. Kedua mobil ini sebenarnya menarget kelas konsumen yang berbeda. Toyota Calya menyasar konsumen kelas menengah sedangkan Daihatsu Sigra menyasar konsumen kelas menengah ke bawah mengingat harganya yang lebih murah dibandingkan dengan Toyota Calya. Calya dikemas dengan mesin 3NR-FE berkapasitas 1.2 liter dengan teknologi Dual VVT-i. Sedangkan untuk Sigra dikemas dengan dua pilihan mesin yang berbeda yakni mesin DOHC VVT-i dengan 3 silinder dan 12 katup berkapasitas 1.000 cc dan mesin yang berkapasitas 3NR-VE DOHC berteknologi Dual VVT-I dengan kapasitas 1.2 liter.

Nah, dengan berbagai perbedaan Calya dan Sigra tersebut, tentunya akan lebih mudah bagi Anda untuk memilih mobil mana yang akan Anda beli atau sewa. Atau, Anda juga bisa mempertimbangkan mobil yang lain (baca mobil Toyota).

Please rate this


Recent Post