Perbedaan Fortuner VRZ SRZ VNT dan TRD Sportivo

No ratings yet.

Toyota Fortuner telah menjadi salah satu pesaing terkuat di kelas medium SUV di tanah air. Mobil besutan Toyota ini punya segudang fitur canggih dan performa mesin kuat yang kerap jadi idola. Kali ini di tahun 2017, Fortuner tampil dalam sejumlah tipe yang berbeda termasuk VRZ, SRZ, SNT dan juga TRD Sportivo. Dari segi eksterior dan interior, beragam tipe tersebut memiliki banyak kemiripan dan hanya sebagian fitur saja yang berbeda. Hanya bagian mesin yang mempunyai perbedaan cukup banyak karena mempunyai kapasitas yang berbeda.

Secara keseluruhan, mobil Toyota Fortuner layak menjadi SUV berkualitas tinggi dengan desain eksterior dan interior yang gagah dan menawan serta performa mesin yang handal dan sangat memuaskan. Fortuner menambah panjang mobil berkualitas besutan Toyota selain Alphard (baca Alphard Transformer) dan juga Innova (bava Innova Reborn). Fortuner memang sengaja didesain untuk dapat melaju di berbagai medan bahkan yang sulit sekalipun. Maka tidak salah jika mobil ini kerap digunakan untuk menjajal medan off-road di daerah pegunungan yang identik dengan jalan yang terjal. Nah, kali ini, masing-masing tipe dari Fortuner akan diulas lebih detail. Perbedaan Fortuner VRZ,SRZ,VNT dan TRD Sportivo akan memberi Anda informasi lebih dalam tentang kemampuan dari masing-masing mobil Fortuner ini.

Perbedaan Fortuner VRZ SRZ VNT dan TRD Sportivo: Desain Eksterior

Toyota Fortuner VRZ

Toyota merilis sejumlah tipe diantaranya Fortuner VRZ SRZ VNT dan TRD Sportivo dengan tujuan untuk menawarkan pilihan yang berbeda kepada calon pembeli. Sehingga, pembeli dapat memilih mobil yang paling pas sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup.

Yang pertama diulas adalah Toyota Fortuner VRZ yang menjadi lini tengah dengan dua pilihan warna baru yakni Avant Grade Bronze dan Phantom Brown Metallic. Tipe ini tampil dengan gaya eksterior yang gagah dan maskulin dengan dilengkapi Auto Lamp, Bi-Beam, Follow me Home, LED Projector, Auto Levelling dan juga LED DRL. Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan LED signal sign dan Power Retractable. VRZ tampil dengan pelek aluminum dan ban yang juga tidak kalah menarik. Sedangkan pada bagian bodi belakang, terdapat lampu LED string dengan bentuk menyerupai garis vertikal.

Untuk Fortuner tipe SRZ, tampilan eksterior dari mobil ini sama dengan Fortuner VRZ termasuk pada berbagai fitur lampu dan juga allow wheel-nya. Sama halnya dengan Fortuner VNT yang juga mempunyai tampilan eksterior yang mirip. Sebagai tipe yang tertinggi, Fortuner TRD Sportivo tampil dengan sejumlah fitur tambahan yang membuatnya lebih mewah dan elegan dibandingkan tipe-tipe lain di bawahnya. Terdapat sejumlah perubahan tampilan termasuk di bagian depan dan belakang. Untuk varian yang terbaru, TRD Sportivo memilih tampil dengan grille berwarna dark chrome untuk bumber depan dan juga belakang. Sedangkan bagian atap tampil dengan warna matte black yang membuat mobil ini jauh lebih sporty. TRD Sportivo juga memilih tampil dengan kaki-kaki velg black six spoke wheel yang berukuran 20 inci.

Perbedaan Fortuner VRZ SRZ VNT dan TRD Sportivo: Desain Interior

dasboard-toyota-fortuner-vrz

Ulasan berlanjut dengan membahas detail perbandingan Fortuner VRZ, VNT dan TRD Sportivo pada bagian interior. Fitur terbaru yang hadir di semua tipe Fortuner adalah tombol smart entry yang berfungsi untuk membuka pintu secara otomatis sehingga Anda tidak perlu menarik pintu. Selain itu, terdapat juga fitur side step dilengkapi dengan step cover untuk menutup pintu secara otomatis.

Untuk Fortuner bertipe VRZ, tersedia dasbor berdesain mewah dengan material lembut yang memberi kesan elegan. VRZ memilih material kulit berwarna coklat gelap untuk seluruh job penumpang. Bagian kemudi tampil dengan material kulit bermotif kayu dengan warna coklat gelap yang dipadukan dengan warna silver untuk bagian bawah. Seperti halnya tipe-tipe yang lain, kursi pengemudi di tipe ini juga tampil dengan Seat Power Adjuster. Sejumlah fitur dalam kabin yang tidak kalah mewah antara lain Power Back Doow, Jam Protector dan juga easy close back door dimana pengguna kendaraan dapat menutup pintu dengan mudah cukup hanya menekan tombol. Tipe ini seperti halnya tipe yang lain juga memiliki sensor kamera dan rear parking kamera yang member kemudahan pagi pengguna kendaraan untuk memarkir kendaraan.

Fitur audio dan hiburan di mobil ini juga canggih. Terdapat panel layar sentuh berukuran 8 inci dengan sejumlah fitur diantaranya adalah HDMI, Mirror Link, Miracast, Internet Connection, DLNA, Bluetooth, DVD, Navigasi, Hand Gesture dan juga Air Gesture. Tersedia juga rear seat entertainment dengan LED Illumination lamp yang menambah kenyamanan selama dalam perjalanan.

Beralih ke tipe Fortuner SRZ dan VNT yang mempunyai desain eksterior yang sama persis dengan Fortuner VRZ termasuk rear seat entertainment dan juga LED illumination. Pada bangku kedua di dalam kabin juga dilengkapi dengan Power Supply agar pengguna dapat mengisi baterai gadget ataupun Smartphone. Fitur ini juga dilengkapi dengan kotak khusus yang berfungsi untuk tempat meletakkan gadget selama pengisian baterai. Terdapat satu fitur yang membedakan SRZ dan VRZ yakni pengaturan elektrik dimana SRZ dan VNT masih belum mempunyai fitur ini sedangkan VRZ sudah.

Untuk tipe tertinggi yakni TRD Sportivo, tampilan kursi penumpang berbeda dengan tipe-tipe yang lain. TRD Sportivo memadukan warna hitam dan merah untuk kursi penumpang yang menggunakan bahan kulit berkualitas tinggi. Bagian kemudi pada mobil ini terbungkus oleh strimming yang mempunyai desain apik selayaknya carbon Kevlar. Untuk fitur multimedia, TRD tampil dengan panel layar sentuh dan 11 speaker JBL Audio.

Perbedaan Fortuner VRZ SRZ VNT dan TRD Sportivo: Performa Mesin

 

Perbedaan Fortuner VRZ,SRZ,VNT dan TRD Sportivo juga terdapat pada tipe dan kapasitas mesin. Namun, terdapat satu kesamaan diantara semua tipe tersebut yakni dua pilihan mode mengemudi. Yang pertama adalah ECO Mode sebagai pilihan mengemudi yang lebih irit bahan bakar dan mempunyai akselerasi yang halus. Yang kedua adalah Power Mode yakni pilihan mengemudi untuk akselerasi cepat sehingga dapat memaksimalkan respon mesin.

Fortuner VRZ tampil dengan dua pilihan mesin yang berbeda yakni mesin diesel 4×2 A/T berkapasitas 2.4L dan mesin diesel 4×4 A/T berkapasitas 2.4L. Sedangkan Fortuner SRZ mempunyai mesin mesin 2WD berkapasitas 2.7L. Dan untuk Fortuner VNT tampil dengan mesin diesel tipe common rail berkapasitas 2.4L. Sebagai tipe tertinggi, Fortuner TRD Sportivo memiliki mesin turbodiesel berkapasits 2.8L dengan transmisi gearbox otomatis dengan 6 percepatan. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 177 tenaga kudo yang menjamin performa mesin. Tidak heran jika Fortuner mampu untuk melaju lancar tanpa hambatan di berbagai medan yang tersulit sekalipun. Ketangguhan mesin juga dimiliki oleh mobil elf (baca mobil elf) yang berada di kelas yang berbeda.

Nah, setelah mengetahui lebih dalam tentang perbedaan Fortuner VRZ,SRZ,VNT dan TRD Sportivo, maka sudahkah Anda membuat pilihan?

Please rate this


Recent Post