Perbedaan Fortuner dan Pajero Terbaru 2016 No ratings yet.

Perbedaan Fortuner dan Pajero Di segmen high SUV, dua kompetitor terkuat yang mendominasi pasar Indonesia saat ini baru saja meluncurkan varian terbarunya. Adalah Fortuner dan Pajero yang terus berupaya untuk mendapatkan pangsa pasar yang makin besar tiap tahunnya. Kedua mobil ini memang pantas dibilang legendanya high SUV di tanah air mengingat keduanya memang sangat populer. Bodi yang bongsor membuat mobil ini sangat mudah dikenali. Dengan desain eksterior yang mempesona, keduanya selalu terlihat gagah dan maskulin ketika melaju di jalan. Performa mesin tangguh dilengkapi dengan ground clearance yang tinggi memberi jaminan agar mobil ini terus melaju di berbagai medan jalan bahkan yang tersulit atau terjal sekalipun. Tidak heran jika keduanya kerap dipakai untuk melaju di jalanan off road. Nah, kali ini Anda bisa menyimak ulasan perbedaan Fortuner VS Pajero seri terbaru yang tentunya seru untuk diulas.

Perbedaan Fortuner dan Pajero: Desain Eksterior

Ulasan menarik tentang perbedaan Fortuner dan Pajero dimulai dengan membahas tampilan dan desain eksterior dari masing-masing varian. Kali ini adalah giliran Toyota Fortuner yang ternyata tampil memuaskan dengan desain yang gagah dan stylish. Untuk varian terbaru, Fortuner menampilkan beberapa perubahan yang menarik dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Lihat saja tampilan lekuk bodi yang lebih fresh dengan desain grill yang modern dan lampu kabut yang elegan. Headlamp yang diusung kali ini menggunakan teknologi terbaru yakni Bi-Beam Hi Tech LED Projector dengan tampilan yang lebih slim dan terintegrasi dengan DRL. Toyota juga tidak main-main dalam merancang tampilan prominent front grill yang sengaja dirancang dengan desain yang lebih mencolok. Desain ini terlihat apik ketika berpadu dengan foglamp berdimensi besar.

tampilan-eksterior-pajero-terbaru-2016

Pada bagian samping, mobil ini mampu memukau dengan gaya yang maskulin dan gagah berkat model kaca belakang yang futuristic. Seperti halnya kebanyakan mobil SUV lain, Fortuner juga punya garis bodi yang minimalis termasuk di bagian belakang. Terdapat LED taillight dengan model baru yang sengaja dirancang lebih dinamis. Tidak hanya itu, pintu belakang Fortuner pun juga terbilang canggih karena bisa dibuka dan ditutup hanya dengan menggunakan tombol.

Beranjak ke Mitsubishi Pajero (baca Pajero), mobil ini akan memanjakan Anda dengan desain bergaya modern. Untuk varian terbaru ini, Mitsubishi tidak lagi menggunakan headlamp berbentuk kotak melainkan meruncing sehingga terlihat lebih futuristic. Tampilan ini serasi dengan fitur terbaru Daytime Running Lights untuk mengoptimalkan pencahayaan di malam hari. Untuk bagian front grille, Pajero tampil dengan gaya yang lebih sporty dan gagah dengan penyematan emblem Mitsubishi di bagian atas.

tampilan-eksterior-fortuner-016

Beralih ke bodi samping, Pajero tampil dengan spion terbaru dengan dilengkapi fiture auto fold door mirror dengan pengaturan otomatis. Tidak kalah menari, bodi samping Pajero juga sengaja didesain berkarakter dengan adanya garis yang mengikuti alur lengkung dari ban. Untuk bagian belakang, Pajero menampilkan lampu rem yang berbentuk memanjang bahkan memenuhi pintu bagasi sehingga mampu menampilkan kesan yang lebih segar.

Perbedaan Fortuner dan Pajero: Desain Interior

Ulasan berlanjut pada perbandingan Fortuner dan Pajero untuk desain kabin dan interior. Sebagai mobil di kelas high SUV, Fortuner menampilkan desain kabin yang mewah dan berkelas. Kemewahan kabin mobil ini bisa dilihat pertama kali pada bagian dasbornya yang memadukan beberapa material berbeda dengan penataan panel yang jauh lebih menarik. Adanya sentuhan akses kayu membuat kabin depan Fortuner terlihat lebih eksklusif. Bagian setir kemudi Fortuner tampil dengan beberapa fitur terbaru diantaranya adalah Eco/Power mode, paddle shift, paddle shift and sequential, dan juga rear Diff Lock.

interior-pejro-terbaru-2016-dakkar-dan-sport

Untuk kabin penumpang, Fortuner (baca Fortuner) masih mempertahankan nuansa gelap untuk menonjolkan modernitas. Jok penumpang menjadi perhatian Fortuner sehingga Anda tidak akan dikecewakan karena material jok yang digunakan berkualitas tinggi. Menggunakan bahan kulit berkualitas, jok penumpang terasa empuk dan nyaman. Dengan adanya fitur ISOFIX, jok juga menjadi lebih aman terutama untuk anak-anak.

Tidak kalah dengan Fortuner, Pajero juga menampilkan desain dan fitur terbaru. Dibanderol dengan harga yang tidak murah, tidak heran jika Mitsubishi menyematkan berbagai fitur terbaiknya untuk mobil high SUV ini. Dari pertama kali masuk ke dalam kabin, Anda akan merasa nyaman karena ukuran kabin yang terbilang luas. Di kabin pengemudi, tersedia dasbor bergaya premium dengan sejumlah fitur-fitur terbarik yang diatur dengan apik. Dasbor tersebut juga tampil dengan balutan material berkualitas tinggi. Setir kemudi dari mobil ini juga dilengkapi dengan sejumlah fitur canggih diantaranya adalah fitur audio steering switch dan steering wheel. Hal ini berfungsi untuk mempermudah ketika berkendara.

Menginjak ke bagian kabin penumpang tersedia sejumlah jok penumpang dengan material berkualitas tinggi untuk menjamin kenyamanan. Mobil Pajero ini juga menampilkan sistem jiburan premium yang telah terintegrasi dengan sistem navigasi GPS dan panel layar sentuh yang mudah untuk dioperasikan. ( baca Transport Jogja )

interior-new-fortuner-2016

Perbedaan Fortuner dan Pajero: Performa Mesin

Terdapat perombakan yang cukup besar pada varian Fortuner terbaru ini pada semua tipenya (baca tipe Fortuner). Fortuner tampil dengan dua pilihan mesin yakni mesin bensin Dual VVTi dengan kapasitas 2.7L dan mesin diesel VNT dengan kapasitas 2.4L. Mesin diesel Fortuner mampu memproduksi tenaga maksimal hingga 149.6 Ps dengan torsi puncak 40.81 Kgm. Sedangkan mesin bensin Fortuner mampu menghasikan daya maksimal sebesar 163 Ps dengan torsi 24.7. Untuk sistem suplai bahan bakar, mesin diesel menggunakan sistem Common Rail Type sedangkan mesin bensin dengan Fuel Injection. Mesin diesel juga sudah dilengkapi dengan sejumlah pembaharuan canggih untuk menjamin performa mesin dan juga konsumsi bahan bakar yang irit. Tersedia dua pilihan transmisi yakni transmisi manual dan otomatis.

Tidak jauh berbeda dengan Fortuner, Pajero juga punya performa mesin yang mengesankan. Untuk varian terbaru, Pajero tampil dengan dua tipe mesin yang berbeda. Yang pertama dalah mesin 4N15 MIVEC berkapasitas 2.4L dengan tenaga maksimal sebesar 181 Ps. Sedangkan yang kedua adalah mesin 4D56 DI Intercooled DOHC dan Commonrail Turbocharged berkapasitas 2.5L dengan daya maksimal mencapai 136 Ps. Kedua tipe mesin ini telah memenuhi standard sertifikasi EURO II yang menjamin keiritan konsumsi bahan bakarnya. Hal ini tentu menjadi fitur yang menarik sebab mobil di kelas SUV memang terbilang lebih irit jika dibandingkan dengan mobil sekelas Xenia atau Avanza. Tangki bahan bakar mobil ini mampu menampung hingga 68 liter bahan bakar. Tersedia dua jenis transmisi yakni otomatis dan manual.

Perbedaan Fortuner dan Pajero juga terkait harga jualnya. Mobil Toyota Fortuner dibanderol dengan harga minimal 440 juta hingga 550 juta rupiah. Sedangkan mobil Mitsubishi ditawarkan dengan harga paling rendah 440 juta dan paling mahal di harga 620 juta untuk All New Pajero Sport Dakar 4×4. Nah, sudahkah membulatkan pilihan untuk memilih mobil mana yang paling pas?

Please rate this


Recent Post