Pesona Klasik Kerajinan Perak Kotagede Jogja No ratings yet.

Pesona Klasik Kerajinan Perak Kotagede Jogja

Kota Gede dikenal dengan kerajinan perak Kotagede yang memang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Saat ini, Kota Gede adalah daerah yang ada di pinggiran kota Yogyakarta. Kota ini sendiri terdiri dari jalan-jalan sempit di mana banyak sekali ditemukan toko-toko perak tradisional serta rumah berubin mosaik yang berjajar rapi di pinggir jalan. Dulunya rumah-rumah tersebut adalah rumah dari para bangsawan serta para pedagang kerajaan. Peta lokasi Kotagede adalah di sebuah kecamatan di kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Kota Gede Menyajikan Pengalaman yang Tak Terlupakan

Kotagede Wartakota

Kota Gede ini adalah salah satu tempat yang bisa anda kunjungi saat berkunjung ke Jogja. Kota Gede ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk berjalan-jalan santai sambil menikmati pemandangan di Yogyakarta. Di sini adalah tempat yang sangat tepat dikunjungi bagi anda yang ingin berbelanja atau melihat-lihat bebearpa kerajinan perak Kotagede buatan tangan. Anda juga dapat mengitari sejumlah bangunan kuno yang adalah rumah pedagang yang berasal dari Belinda dan Arab.

 

Workshop Pembuatan Perak Bagi Para Wisatawan

Perak Kotagede

Kawasan kerajinan perak Kotagede memang sudah dikenal secara luas sebagai tempat atau kawasan pusat industry perak yang ada di Jogja. Uniknya para pengunjung tidak hanya bisa melihat atau membeli saja namun juga bisa melihat secara langsung bagaimana cara para pengrajin membuat perak-perak tersebut menjadi barang yang unik. Di Kotagede ini memang kerajinan Yogyakarta yang paling khas adalah perak. Perak-perak ini tentunya dibentuk lagi menjadi sebuah barang yang dapat difungsikan atau dijadikan sebagai pajangan yang memiliki nilai seni tinggi. Jika anda penasaran dengan cara pembuatannya, maka anda juga bisa mengikuti workshop khusus di mana di workshop itu anda akan melihat langsung cara pembuatan perak oleh para pengrajin. Kawasan ini sekarang terkenal sebagai pusat industri perak di Yogya. Ada sejumlah workshop dimana pengunjung dapat berhenti dan menonton bagaimana perak dibentuk menjadi barang-barang yang unik dan indah.

Ciri Khas Perak Yogya

Peta Lokasi Kotagede

Perak Yogya memiliki ciri khas yang unik dan tentunya memiliki nilai seni tinggi. Ciri khasnya adalah berbentuk relief berwarna hitam dan putih yang kontras. Biasanya Kota Gede ini banyak menghasilkan kerajinan perak berupa kalung, gelang, cincin, bros dan berbagai kerajinan yang lain. Sehingga jika Anda sedang mencari barang-barang berupa perak dengan kualitas yang bagus, maka anda bisa mencoba mengunjungi kerajinan perak Kotagede. Di sini Anda akan menemukan banyak sekali perak berkualitas tinggi.

Makam Raja Kota Gede Yogyakarta

Makam Raja Kotagede Yogyakarta

Selain Perak, Kotagede juga terkenal dengan pemakaman sejumlah anggota kerajaan. Pemakaman ini adalah sebuah situs kuno yang mampu mencerminkan kemegahan warisan dari budaya daerah. Jika anda ingin memasuki komplek pemakaman ini, Anda harus mengenakan pakaian khusus Jawa yang disediakan di pos pendaftaran. Pasalnya di pemakaman ini terdapat makam berbagai raja Mataram. Biasanya para peziarah yang mengunjungi pemakaman ini memang bertujuan untuk memberikan penghormatan, meminta berkah dan memberiikan sesajen. Makam raja Kotagede Yogyakarta ini memang seringkali didatangi pengunjung karena kompleks pemakaman ini memang salah satu cerminan dari kota Gede sendiri. Apalagi Kotagede ini adalah saksi bisu dari tumbuhnhya suatu kerajaan Mataram Islam. Di Kotagede, Anda bisa menemukan banyak hal mulai dari makam para pendiri kerajaan hingga reruntuhan tembok benteng.

 Kotagede

Kotagede memang saat ini menjadi sebuah kota yang seringkali dikunjungi oleh banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Kerajinan peraknya yang bernilai tinggi tentunya tidak bisa dilewatkan begitu saja. Bahkan rata-rata para wisatawan yang datang ke sini memang berniat untuk membeli kerajinan peraknya yang memiliki ciri khas unik. Salah satu bentuk kerajinan yang paling sering dicari adalah cincin pria atau yang biasa disebut emban cincin. Cincin pria ini biasanya dibuat dengan bahan perak berkualitas tinggi dengan kadar perak 925 sehingga perak pun mudah dibersihkan dan tidak mudah luntur. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa memesan cincin sesuai dengan keinginan Anda. selain cincin, Anda juga bisa memesan kerajinan perak Kotagede lainnya.

Please rate this


Recent Post