Rental Mobil Jogja – Wisata Museum Dewantara Kirti Griya No ratings yet.

Please rate this

Rental mobil Jogja akan mempermudah perjalanan wisata dalam kota yang Anda lakukan di Yogyakarta. Seperti yang banyak diketahui sebagai Kota Wisata maka Propinsi Yogyakarta memberikan banyak lokasi wisata menarik yang bisa dikunjungi. Tidak hanya pantai, goa dan wisata alam lainnya. Namun di dalam kota pun ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Tidak hanya itu saja, tempat-tempat wisata di dalam kota biasanya bernilai sejarah. Salah satunya adalah Museum Dewantara Kirti Griya. Kalau dililihat dari namanya, museum tersebut tentu berhubungan dengan salah satu pahlawan nasional Indonesia yaitu Ki Hadjar Dewantara. Museum ini berhubungan erat dengan bapak pendidikan tersebut. Dalam museum ini kita bisa melihat koleksi benda-benda asli milik keluarga Ki Hadjar Dewantara.

 museum kitri griya jogja

Wisata Edukatif

Mengunjungi museum yang terletak di Jalan Tamansiswa, Yogyakarta ini bisa dikatakan sebagai lokasi wisata edukatif. Di dalamnya ada banyak karya maupun rekaman perjuangan bapak pendidikan tersebut. Museum ini juga awalnya merupakan rumah Ki Hadjar Dewantara. Kemudian menjadi museum setelah beliau wafat pada 26 April 1959. Itupun atas permintaan beliau sebelum meninggal. Museum ini diresmikan pada 2 Mei 1970. Anda bisa melihat ribuan buku milik Ki Hadjar Dewantara ini. Beberapa tulisan yang bisa dilihat antara lain Ais Ik eens Nederlander Wa (Seandainya Saya Seorang Belanda), Een voor Allen maar Ook Allen voor Een (Satu untuk Semua, tetapi Semua untuk Satu Jua) dan Sari Swara yang merupakan buku berisi tangga nada Jawa yang telah dikonversi Ki Hadjar Dewantara menjadi bentuk partitur Barat. Sari Swara ini dikenal sebagai salah satu karya monumental beliau.

 museum kirti griya jogja

Belajar Sejarah

Dalam museum ini para pengunjung bisa mempelajari bagaimana perjuangan Ki Hadjar Dewantara dalam memperjuangkan pendidikan di Indonesia. Ada banyak tulisan-tulisan beliau di awal abad ke-20 yang bisa kita lihat. Selain itu Anda juga bisa melihat benda-benda asli seperti perabot rumah tangga berupa meja dan kursi tamu, meja kerja, almari buku, tempat tidur, berbagai buku berbahasa Belanda, buku koleksi pribadi Ki Hadjar Dewantara dan keluarga, radio kuno, bahkan Anda juga bisa melihat telepon Kellog buatan Swedia. Berbagai benda bersejarah tersebut bisa Anda lihat jika berkunjung di dalamnya. Transportasinya juga cukup mudah. Namun dengan rental mobil di Jogja akan semakin memperlancar perjalanan Anda.

 wisata sejarah yogyakarta

Wisata Tepat Bagi Para Pelajar

Berkunjung di museum ini sangat tepat bagi para pelajar. Tidak hanya mengetahui bagaimana perjuangan Ki Hadjar Dewantara saja namun juga mengetahui benda-benda bersejarah peninggalan beliau. Rental mobil murah Yogya akan membantu Anda menuju lokasi. Apalagi berkunjung di sana juga tidak dikenakan tiket masuk. Namun disediakan kotak sumbangan sukarela. Artinya Anda bisa menyumbang sesuai keinginan agar museum tersebut bisa tetap memelihara benda-benda bersejarah yang ada di dalamnya.

wisata sejarah jogja

Saat berkunjung di museum tersebut, Anda bisa melihat bangunan rumah bergaya Hindia Belanda. Tentu akan membuat penasaran. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa melihat film berdurasi 80 menit Produksi Film Negara (PFN) tahun 1960 berjudul Ki Hadjar Dewantara, Pahlawan Nasional. Film tersebut berisi koleksi buku, arsip surat, majalah dan berbagai foto yang direkam dan dibentuk video dalam bentuk slide. Nah, penasaran? maka jika berkunjung ke Kota Yogyakarta tidak ada salahnya berkunjung di Museum Dewantara Kirti Griya ini. Apalagi lokasinya tidak terlalu jauh dari Malioboro, Benteng Vrederburg, Kraton, Alun-alun Selatan dan Utara. Sehingga sangat tepat jika Anda menggunakan rental mobil Jogja untuk menuju lokasi-lokasi wisata tersebut.


Recent Post
Call
IM3
WA
Simp
BB
Email
Email