Goa Maria MargaNingsih No ratings yet.

Goa Maria MargaNingsihGoa Maria MargaNingsihIni pertama kalinya aku mengikuti ziarah seperti ini: menziarahi 9 goa Maria untuk menggenapi novena tiga salam Maria. Bagi yang belum tahu, novena kira-kira berarti berdoa yang sama sembilan kali. Karena itu di setiap goa Maria yang kami singgahi, acaranya adalah berdoa novena tiga salam Maria itu dan beberapa kali ditambahi dengan jalan salib.

Teman-teman yang mendengar aku mau pergi ziarah pada terheran-heran. Tumben, mau bertobat ya? Dll komentarnya. Aku sendiri juga heran dan tidak tahu apa yang aku harapkan dari ziarah ini. Alasan sebenarnya adalah aku diajak oleh teman. Kebetulan ada tempat kosong karena ada peserta yang batal beberapa hari sebelum berangkat. Sementara aku sedang tidak punya acara untuk mengisi libur yang cukup panjang karena ada satu hari Senin yang terjepit. Beberapa klien besarku libur, dan aku pikir mengapa aku menyia-nyiakan kesempatan ini?
Goa Maria MargaNingsih
Dengan biaya yang cukup murah, Rp 550 ribu, sudah termasuk transport dan penginapan, serta beberapa kali makan. Aku bisa melihat-lihat kota-kota di Jatim dan Jateng, meskipun hanya untuk melihat goa-goa Maria, yang aku pikir pasti membosankan karena bentuknya begitu-begitu saja. (Kalimatku yang terakhir ini ternyata salah)

Akhirnya pada Jumat malam muncullah aku di tempat pemberangkatan kami di belakang Setiabudi Building. Aku baru tahu kalau acara itu sejatinya adalah acara milik wilayah Bernardinus 123, yaitu yang gerejanya di Kuningan, dekat Pasar Rumput. Nama parokinya adalah Ignatius Loyola.

Begitu naik ke bis aku kaget kok pesertanya orang-orang tua semua? Kebanyakan ibu-ibu yang sudah berusia 50-an. Ada juga bahkan nenek-nenek berusia 85 tahun! Wah aku salah bis nih. Untunglah di antara mereka ada juga geng anak-anak muda yang seusia aku maupun yang lebih muda. Setelah itu aku juga baru tahu bahwa yang biasanya berminat mengikuti ziarah, apalagi itu acara wilayah/lingkungan, memang lebih banyak orang-orang tua.
Baca mengenai satu per satu goa Maria-nya.

Please rate this


Recent Post