Gunung Api Purba Menikmati Sunset Dan Sunrise No ratings yet.

 Gunung Api Purba Menikmati Sunset Dan Sunrise

Gunung Api Purba salah satu lokasi wisata yang paling cocok bagi Anda yang menyukai tantangan untuk bertualang. Lokasi wisata ini biasa dikenal pula dengan nama gunung nglanggeran. Sebuah tempat wisata yang berupa bongkahan batu berukuran sangat besar. Saat berada di lokasi tersebut, Anda bisa menikmati matahari terbit dan terbenam. Selain itu saat malam tiba, Anda juga bisa menikmati gemerlapnya Jogja dari puncak gunung. Anda bisa berkemah di lokasi sehingga bisa menikmati sunset sekaligus sunrise. Cocok digunakan sebagai perjalanan dengan teman, sahabat yang lama tidak bertemu. Bisa juga digunakan untuk melepaskan penat dengan padatnya aktifitas yang biasa dilakukan.

Mudah untuk Mencapai Puncaknya

Wisata Gunung Api Purba

Meskipun terkesan di puncak gunung, dan bisa menikmati sunset dan sunrise namun jangan dibayangkan kesulitan untuk mendaki Gunung Api Purba. Biasanya untuk menikmati pemandangan dari ketinggian puncak gunung maka membutuhkan perjuangan ekstra untuk menuju lokasi. Namun tidak untuk Gunung Api Purba Gunung Kidul ini. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk mendaki mencapai puncak sebelah barat Gunung Nglanggeran, Gunung Gede. Kejutan pemandangan alam yang menakjubkan telah menanti Anda. Segala kelelahan yang dialami saat mendaki pun akan segera terbayar dengan lunas. Anda bisa melihat hamparan awan, gunung-gunung yang berjajar, perkampungan warga maupun hijaunya hamparan sawah dan ladang para penduduk. Begitu malam tiba, taburan cahaya bintang ditambah gemerlip lampu kota Jogja terlihat dari puncak gunung. Akan menjadi pemandangan yang menakjubkan dan memberikan pengalaman yang tidak terlupakan. 

Deretan Gunung Batu Berukuran Raksasa

Gunung Api Purba Surga

Gunung Nglanggeran ini pada dasarnya Gunung Api Purba wonosari yang aktif pada puluhan juta tahun yang lalu. Gunung ini terletak di kawasan karst Baturagung. Gunung Nglanggeran ini litologinya terbentuk oleh fragmen material vulkank tua. Gunung Api Purba ini memiliki dua puncak yaitu puncak bagian barat dan bagian timur serta bisa ditemukan sebuah kaldera atau kawah gunung berapi yang sangat besar di bagian tengahnya. Gunung Nglanggeran terdiri dari deretan gunung batu yang memiliki ukuran raksasa. Jelas akan menjadi perjalanan wisata yang menyenangkan karena beragam pemandangan menarik maupun bentuk-bentuk batu dan nama yang unik bisa ditemui. Beberapa deretan gunung yang bisa ditemui dengan namanya yang unik antara lain Gunung Kelir, Gunung 5 Jari dan Gunung Wayang. 

Menyusuri Jalan Setapak di Gunung Gede

Gunung Api Purba Yogyakarta

Untuk mencapai Gunung Api Purba nglanggeran di puncak bagian timur memang relatif sangat mudah. Namun pengalaman berbeda akan ditemukan saat berupaya mencapai puncak Gunung Gede. Anda perlu menyiapkan fisik yang kuat untuk tracking menuju puncaknya. Anda perlu menyusuri jalan setapak yang berada di bukit batu sebelah kanan dan kiri. Anda bisa memperoleh pengalaman yang menakjubkan. Semakin lama perjalanan yang harus dilalui semakin menantang. Hal ini tidak lain karena Anda akan menemui jalan yang semakin terjal. Agar lebih memudahkan pendakian, tidak ada salahnya memasang beberapa tali. Anda juga memerlukan perhatian ekstra karena akan menemukan sebuah celah berukuran sempit dan curam di bagian kanan maupun kirinya terdapat bukit batu. Anda pun perlu ekstra hati-hati karena lorong sempit tersebut hanya bisa dilalu oleh seorang saja. 

Bercengkerama dengan Penduduk Sekitar

Gunung Api Purba Nglanggeran

Saat berada di Gunung Api Purba langgeran jangan lupa untuk selalu ramah terhadap penduduk sekitar. Anda adalah tamu sehingga tidak bisa bertindak sembarangan. Jika Anda bingung arah dan lokasi dimana untuk mendirikan perkemahan jangan lupa untuk menghubungi pengelola. Jangan lupa untuk selalu membawa sampah dari perbekalan yang dibawa saat perjalanan dilakukan. 

Perjalanan Panjang dari Pusat Kota Jogja

Gunung Api Purba Langgeran

Jika Anda berasal dari luar kota maka perlu diketahui bahwasanya Gunung Nglanggeran terletak jauh dari pusat kota. Anda sebaiknya menyewa motor atau rental mobil Jogja untuk menuju lokasi. Jika memang belum mengetahui lokasi, dan Anda melakukan perjalanan bersama rombongan maka menyewa mobil adalah pilihan paling tepat. Biasanya pengemudi rental mobil telah mengetahui lokasi maupun kondisi jalanan. Bahkan juga mengetahui kontak pengelola. Misalnya lokasi untuk mendirikan camp atau kemah dan sebagainya. Jika Anda menyukai perjalanan wisata berpetualang maka jangan sampai tidak mengunjungi Gunung Api Purba.

Please rate this


Recent Post