Pantai Parang Endog Gunung Kidul No ratings yet.

Please rate this

Pantai Parang Endog Gunung Kidul mungkin belum banyak yang mengetahui dimana lokasi pantai ini. Pantai ini bisa ditemukan di daerah Girijati, Purwosari, Gunungkidul. Masih merupakan deretan pantai menakjubkan yang disuguhkan Gunungkidul. Berbeda dengan kebanyakan pantai yang banyak dikunjungi maka pantai ini relatif lebih sepi sehingga lebih alami karena masih terbebas dari polusi. Jika menyukai pemandangan pantai atau suka berenang di air laut maka pantai-pantai di Gunungkidul haruslah dikunjungi termasuk menilik keindahan pantai ini. Meskipun sama – sama di Gunungkidul, namun setiap pantai tempat wisata Gunung Kidul memiliki keunikan sendiri dimana masing-masing keunikan tidak ditemukan di pantai satu atau pantai yang lain. Itulah sebabnya masing-masing pantai tersebut layak untuk didatangi. 

Keunikan Pantai Parang Endog Gunung Kidul

Pantai Parang Endog Gunung Kidul

Mengunjungi Pantai Parang Endog Gunung Kidul ini akan membuat Anda bisa menikmati paronama indah yang disajikan. Tidak hanya itu saja, pemandangan indah tersebut juga memiliki keunikan tersendiri. Hal ini tidak ditemukan di pantai lainnya. Pemandangan tersebut berupa bukit membentang yang berada di belakang hamparan pasir pantai tersebut. Perbukitan tersebut merupakan bagian dari dataran tinggi Pegunungan Seribu. Dimana ada beberapa bagian dari perbukitan tersebut yang masuk atau menjorok ke laut. Tentu akan menjadi sebuah pemandangan yang indah ketika Anda melihat laut dan pantai yang di bagian belakang hamparan pasir terdapat perbukitan yang hijau dengan pepohonan. 

Tebing di Pantai Parang Endog Gunung Kidul

 

Anda tidak akan menyesal melakukan kunjungan wisata ke pantai ini. Apalagi saat mengunjungi pantai ini, Anda juga akan melihat sebuah tebing yang berada di atas pantai. Tebing tersebut bernama ‘Tebing Watugupit’. Hanya saja tebing tersebut lebih dikenal dengan nama ‘Tebing Pantai Parang Endog Gunung Kidul’. Jika Anda penasaran mengapa dinamakan Parang Endog, kabarnya dahulu di pantai ini ditemukan banyak batuan. Batuan-batuan tersebut berbentuk bulat dengan ukuran sebesar telur. Telur dalam bahasa Jawa disebut ‘Endog’ itulah sebabnya wilayah tersebut kemudian dinamakan Parang Endog. Untuk mengetahui kebenarannya, Anda bisa bertanya kepada penduduk sekitar. Bagaimana sejarahnya maupun kemana batuan-batuan tersebut saat ini. 

Pantai Parang Endog yang Indah

Pantai Parang Endog Jogja

Berbagi keunikan yang ditemukan di pantai ini tentu menjadi sebuah pemandangan yang indah. Tidak setiap Pantai Parang Endog Gunung Kidul terdapat pemandangan ini. Anda juga bisa melihat banyak hal selain Tebing Parang Endog tersebut maupun bukit yang membentang di pantai. Namun Anda juga bisa melihat banyaknya ekosistem dan habitat laut yang berada di pantai ini. Ada beragam jenis ikan yang bisa ditemukan. Begitu juga dengan aneka kerang, rumput laut dan batuan maupun pecahan karang dan kulit kerang. Setiap bagian unik dari pantai ini bisa dilihat dan dinikmati termasuk ikan-ikannya. Anda bisa menangkap ikan dan membakarnya. Tentu saja kalau bisa menangkapnya. Atau bisa juga bertemu nelayan yang sedang mencari ikan.

Kehidupan biota laut memang menarik untuk dicermati begitu juga dengan kehidupan masyarakat sekitar Pantai Parang Endog Gunung Kidul tersebut. Para nelayan yang mencari ikan, nelayan yang memperbaiki perahu atau jaring dan pancing mereka. Atau bisa juga bertemu para nelayan atau ibu-ibu yang mencari rumput laut di pantai. Berbagai pemandangan ini tentu sangat sayang untuk dilewatkan. Berbagai pengalaman bisa Anda dapatkan. Duduk-duduk di pantai sambil menikmati pemandangan alam, mendengar deburan ombak disertai semilirnya angin. Jika memungkinkan, Anda pun bisa menikmati sambil tiduran. Tentu saja, Anda harus mencari tempat yang teduh untuk sekedar duduk atau berbaring agar tidak terlalu kepanasan. Namun dengan mengunjungi Pantai Parang Endog Gunung Kidul maka Anda bisa menemukan berbagai pemandangan alam yang menarik.


Recent Post
Call
IM3
WA
Simp
BB
Email
Email