Pantai Parang Racuk Gunung Kidul No ratings yet.

Pantai Parang Racuk Gunung Kidul

 

Pantai Parang Racuk Gunug Kidul bisa menjadi alternatif pantai yang dikunjungi. Pantai ini terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Pantai ini juga masih berada dalam area Pantai Baron. Saat berada di Bukit Pantai Baron tepatnya di sebelah timur Anda bisa melihat dari kejauhan lokasi pantai ini. Ada banyak tebing curam yang bisa dilihat. Begitu pula laut lepas yang melegakan siapa saja yang memandang. Anda juga bisa memancing di lokasi ini. Adanya medan berbatu di lokasi ini juga sering digunakan sebagai lokasi motor cross oleh para remaja. Biasanya dilakukan di waktu sore. Untuk menuju lokasi tempat wisata Gunung Kidul ini, Anda hanya tinggal berjalan ke arah Pantai Barn kemudian sekitar 50 meter sebelum arah pantai, Anda akan menemukan pertigaan besar ke arah barat. Dari pertigaan tersebut, Anda hanya tinggal mengikuti jalan yang akan membawa ke pantai ini. 

Sumber Energi Alternatif di Pantai Parang Racuk Gunug Kidul

Pantai Parang Racuk Yogyakarta

Akhirnya Anda tidak hanya bisa mengunjungi Pantai Baron namun juga pantai yang di dalamnya banyak terdapat pemandangan indah. Selain itu di pantai ini juga sempat dijadikan lokasi untuk mengembangkan sumber energi alternatif. Beberapa sumber energi alternatif yang dikembangkan adalah Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yaitu tenaga listrik yang berasal dari sinar matahari. Selain itu ada pula Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang (PLTG) ada pula yang menyebutkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Ombak (PLTO) yaitu sumber energi listrik yang berasal dari gelombang laut atau ombak. 

Menilik Pantai Parang Racuk Gunug Kidul

Pantai Parang Racuk Wonosari

Anda akan segera bisa menilik atau melihat Pantai Parang Racuk Gunug Kidul ini dari dekat. Selain itu Anda juga bisa melihat prototipe PLTO atau PLTG yang ada dipasang di pantai ini pada 2006. Bahkan prototipe ini merupakan satu-satunya di Indonesia. Anda juga bisa melihat prototipe pembangkit energi alternatif lainnya yang dipasang di pantai ini sejak 2002. Anda bisa melihat kincir angin, sel surya (solar cell), dan alat-alat lainnya. Anda tidak hanya melihat potensi alam yang mengagumkan tetapi juga melihat potensi alam yang digunakan untuk mengembangkan sumber energi alternatif. 

Pantai Parangracuk dengan segala potensinya

Pantai Parang Racuk Gunung Kidul

Melihat beragam potensi yang bisa dikembangkan di Pantai Parang Racuk Gunug Kidul ini tentu ada banyak hal yang bisa Anda lihat. Anda tidak hanya sekedar bermain air, melihat hamparan pasir, melihat gelombang ombak bergulung atau mendengar deburan ombak dari kejauhan saja. Namun Anda juga bisa melihat bahwa sumber daya alam yang dimiliki bisa dikembangkan menjadi sumber tenaga listrik dari beragam sumber alam seperti sinar matahari dan gelombang laut atau ombak. Meskipun teknologi ini belum benar-benar dikembangkan setidaknya Anda bisa melihat potensi gelombang laut di pantai ini.

           Pantai Parang Racuk Di Jogja

Sehingga ada baiknya untuk berhati-hati saat berenang atau bermain air. Bisa jadi gelombang besar datang tiba-tiba. Di Pantai Parang Racuk Gunug Kidul ini Anda tidak hanya sekedar melakukan kunjungan wisata semata. Namun Anda juga bisa menimba ilmu pengetahuan yang ada. Pemandangan alam yang indah dengan beragam biota laut di dalamnya. Anda juga bisa melihat indahnya laut lepas, gelombang laut berkejaran, di bawah langit biru yang luas dan awan putih bergerombol. Tiupan angin lepas semakin menambah menyenangkan suasana liburan yang ada. Udara pantai di pagi hari memang menyegarkan namun udara pantai di siang hari tentu akan terasa panas. Itulah sebabnya Anda bisa mengunjungi Pantai Parang Racuk Gunug Kidul ini di waktu pagi hari atau sore hari.

 Lokasi Pantai Parang Racuk

Please rate this


Recent Post