Kelemahan dan Keunggulan Mobil CDI No ratings yet.

Please rate this

Keunggulan mobil CDI banyak dicari oleh para pecinta otomotif.Teknologi CDI memang banyak menjadi sorotan. Akan tetapi sebelum lebih jauh membahas mengenai mobil CDI ada baiknya kita terlebih dahulu untuk membahas mengenai apakah itu mobil CDI dan apa keunggulan serta kelemahannya yang bisa diketahui oleh para pecinta otomotif. Nah, ingin tahu lebih lanjut? Silahkan membaca artikel ini hingga selesai.

 

Keunggulan Mobil CDI dari Sistem Pengapian

Keunggulan mobil CDI akan diawali dengan pembahasan mengenai arti mobil CDI. CDI atau yang merupakan singkatan dari Capacitor Discharge Ignation terkait dengan sistem pengapian mobil. CDI adalah pemanfaatan alat elektronik berupa transistor dan kapasitor untuk menggantikan sistem pengapian tradisional (platina). Sistem pengapian mobil bermotor ini memanfaatkan arus pengosongan muatan dari kondensator yang gunanya mencatudaya Kumparan Pengapian. Sistem ini juga digunakan di mobil SUV.

 Rental Picanto Jogja, Rental Mobil Kia Picanto Di Jogja

Cara Kerjanya Mobil CDI

Keunggulan Mobil CDI selanjutnya akan membahas tentang cara kerja sistem pengapian CDI yang ada baik di mobil manual ataupun mobil matic. Prinsip kerja sistem pengapian CDI yang menggunakan arus DC yaitu ketika kunci kontak pada posisi “ON”, arus yang dari baterai akan mengalir menuju ke saklar, jika saklar “ON” maka arus akan mengalir lagi menuju ke kumparan penguat arus yang ada dalam CDI yang akan meningkatkan tegangan baterai yang mulanya dari 12 volt DC akan di ubah menjadi 220 volt AC.

Setelah itu arus akan disearahkan oleh dioda dan dialirkan menuju kondensor untuk di simpan sementara. Akibat dari putaran mesin, coil pulsa menghasilkan arus yang kemudian menghidupkan SCR, jadi akan memicu kondensor untuk mengalirkan arus menuju ke kumparan primer coil pengapian. Di saat terjadi pemutusan arus yang mengalir di kumparan primer coil pengapian, maka akan timbul tegangan induksi pada kedua kumparan, primer dan sekunder dan akan menghasilkan percikan bunga api pada busi untuk melakukan pembakaran campuran antara bahan bakar dan udara.

 

Keunggulan Mobil CDI dan Kestabilannya

Keunggulan Mobil CDI adalah pada bagian kestabilannya. Sistem pengapian CDI jelas lebih unggul dibanding platina yang sering ada perubahan fisik lantaran sifatnya yang mekanis. Banyak yang mengatakan bahwa sistem CDI membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat. Namun, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Sistem CDI lebih stabil, sedangkan untuk sistem platina atau yang tradisional, jika setting platina berubah, maka otomotis konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Ketidakstabilan sistem pengapian platina dipicu dari gesekan dalam ebonite dengan as delco sehingga celah platina berubah. Perubahan setelan platina bakalan lebih cepat berubahnya bila kondisi as delco sudah afkir. Karena ketidakstabilan konsumsi bahan bakar tersebut itu banyak pengguna mobil yang ingin mengganti sistem pengapian dari platina ke CDI.

Selain itu kelebihan lainnya dari mobil CDI seperti misalnya mobil Eropa adalah tidak memerlukan penyetelan saat pengapian karena sudah otomatis, mesin mudah di starter, unit CDI dikemas dalam kota plastic yang dicetak sehingga tahan terhadap air dan goncangan. Selain itu pemeliharan lebih mudah karena kemungkinan aus pada titik kontak platina yang ada.

 

Kelemahan Mobil CDI

Keunggulan Mobil CDI juga disertai dengan kekurangan dari sistem pengapian ini. Beberapa diantaranya adalah bentuk fisik kumparan pengapian relatif besar.Kemudian kumparan pengapian yang dipakai haruslah memiliki nilai induktansi yang besaar, sehingga untuk kerjanya di putaran tinggi mesin kurang memuaskan. Selain itu, sistem CDI ini pum memerlukan pencatudaya yang mempunyai keluaran dengan beda potensi listrik yang relatif rendah dan kuat arus listrik yang relatif besar. Hal ini menuntut pemakaian komponen penghubung yang mempunyai nilai resistensi serendah mungkin. Selain itu, untuk service sistem CDI ini juga lumayan susah karena tidak semua tempat service mempunyai kemampuan dan fasilitas untuk memperbaiki sistem pengapian tersebut.

Setelah membaca artikel tersebut, apakah anda tertarik dengan sistem pengapian CDI? Bila anda ingin merasakan performa mobil CDI namun anda belum memilikinya, tentu ada bisa menyewanya. Jika anda tinggal di Jogja, anda bisa sewa mobil di Jogja. Demikianlah pembahasan mengenai keunggulan mobil CDI.


Recent Post
Call
IM3
WA
Simp
BB
Email
Email