Pengertian dan Keunggulan Mobil CKD Korea Jepang No ratings yet.

Keunggulan Mobil CKD juga sebenarnya tetap banyak. Meskipun sering digadang-gadang bahwa mobil CBU lebih baik dibandingkan mobil CKD, akan tetap sebenarnya mobil CKD juga punya keunggulan tersendiri. Namun sebelum lebih jauh ada baiknya kita membahas terlebih dahulu apa maksud atau pengertian dari mobil CKD ini.

 

Keunggulan Mobil CKD untuk Komponennya

Keuggulan Mobil CKD akan dibongkar setelah kita memahami apa sebenarnya yang dimaksud dengan mobil CKD ini. Complete Knocked Down atau CKD adalah suatu kendaraan yang dikirim perkomponennya lalu dirakit di negara tujuan. Jadi bukan diimpor secara utuh, namun per-part dan merakitnya nanti di negara tujuan. Misalnya mobil Jepang keluaran Astra seperti Toyota atau Daihatsu. Komponen-komponen mobil dikirim dari Jepang, sementara untuk proses merakitnya dilakukan di Indonesia oleh anak perusahaan yang ada di Indonesia maupun oleh dealer besarnya. Kadang tidak semua komponennya berasal dari Jepang, ada juga yang dibuat di Indonesia. Singkat kata, mobil CBK ini adalah mobil yang komponennya hybrid antara dalam dan luar negeri.

 Sewa Mobil Karimun Murah Di Jogja, Rental Karimun Estilo Jogja,

Keunggulan Mobil CKD dari Harganya

Keunggulan Mobil CKD sebenarnya tidak kalah banyak dari mobil CBU. Keunggulan utama dari mobil CKD adalah harganya. Pada tipe yang sama, mobil CKD bisa lebih murah dibandingkan mobil CBU. Apa penyebabnya? Karena ongkos dan bea cukai untuk impor komponen mobil lebih murah dibandingkan mengimpor sebuah mobil utuh.

Perbedaan Mobil CBU CKD dan CDI

Keunggulan Mobil CKD selanjutnya akan membahas perbedaan mobil CBU CKD dan CDI. Mobil Completely Built Unit atau CBU ini cukup berbeda dari CKD. Apabila CKD adalah mobil yang komponennya diimpor dari luar negeri, sementara CBU adalah barang yang diimpor langsung luar negeri. Kalau impor mobil, ya mobil utuh. Segala komponen maupun proses perakitan dilakukan di negara asal. Keunggulan mobil CBU, tentu kualitas mobil ini disupervisi atau diawasi secara langsung oleh produsen asal baik komponen maupun proses perakitannya. Tapi di satu sisi, harganya bisa cukup mahal dibandingkan CKD.

Lalu selanjutnya ada mobil CDI. Apakah yang dimaksud dengan CDI? Capasitive Discharge Ignation atau yang merupakan singkatan dari CDI ini adalah pemanfaatan alat elektronik berupa transistor dan kapasitor untuk menggantikan sistem pengapian tradisional. Sehingga tidak butuh kontak. Memang sistem pengapian ini cukup modern.

 

Untuk CKD baik mobil diesel ataupun mobil bensin, yang menginspeksi kualitas komponen memang negara asal, tapi ingat, itu perkomponen. Sedangkan perakitannya di negara tujuan. Sehingga produsen asal tidak bisa mensupervisi pengerjaan perakitan. Bila industri otomotif di dalam negeri dalam hal perakitan cukup mumpuni, maka kualitas mobil CKD ini juga tidak akan kalah dibandingkan mobil-mobil CBU. Namun, sialnya memang apabila ternyata proses perakitannya jelek, itu jadi salah satu resikonya.

Keunggulannya lagi adalah soal cari pengganti sparepart termasuk untuk mobil Korea. Karena sebagian komponen dari mobil CKD dibuat di dalam negeri, maka anda akan mudah mencari subsitusinya apabila sparepart anda mengalami kerusakan. Sehingga anda tidak perlu memesan terlebih dahulu dan menghabiskan waktu untuk menunggu barang pesanan anda datang.

 

Kelemahan Mobil CKD

Keunggulan mobil CKD memang akan diiringi juga oleh kelemahannya. Memang mobil CKD ini lebih murah dan lebih gampang dalam mencari subtitusi sparepart, hanya saja tenaga dari mobil CKD ini tidak sekuat mobil-mobil CBU. Bisa saja itu terjadi karena proses perakitan yang berbeda, maupun adanya komponen-kompenen yang berbeda.

Setelah melihat perbedaannya, mana yang anda pilih CKD atau CBU, atau tidak peduli CKD dan CBU yang penting CDI? Nah, apabila anda ingin tahu performa dari mobil-mobil ini, anda tidak perlu harus merogoh kocek dalam-dalam untuk memilikinya. Anda bisa saja menyewanya untuk keperluan anda. Jika di Jogja anda bisa sewa mobil di Jogja. Baik mobil manual atau pun rental mobil matik Jogja. Nah, demikian artikel tentang keunggulan mobil CKD.

Please rate this


Recent Post