Keunggulan dan Pengertian Mobil Hatchback Indonesia No ratings yet.

Please rate this

Pengertian mobil hatchback saat ini mulai banyak dicari-cari. Sebab, popularitas mobil hatchback ini sedang naik daun, terutama di wilayah perkotaan. Bentuknya yang mungil namun tidak terlalu letoy dalam hal tenaga mesin,membuat mobil ini menjadi primadona. Belum lagi dari bentuk dan warnanya yang stylish dan kekinian. Nah, dalam artikel ini akan dibahas mengenai berbagai hal mengenai mobil hatchback ini mulai dari pengertiannya, kelebihan dan kelemahannya, ( baca juga perbedaan mobil city car dan hatchback ).

 

Pengertian Mobil Hatchback

Pengertian mobil hatchback perlu anda ketahui dulu sebelum membahas lebih jauh mengenai mobil favorit market otomotif Indonesia ini. Mobil hatchback merupakan mobil compact dengan dua lajur kursi penumpang dan pintu bagasi yang menyatu dengan kaca belakang. Kerap juga mobil ini disebut sebagai sedan tanpa buntut. Nah, selain dimensinya yang mungil, kebanyakan mobil hatchback ini mempunyai desain yang stylish dan banyak digunakan oleh anak muda, maupun pun keluarga baru yang jumlah anggotanya tidak terlalu banyak. Contoh mobil Hatchback ini misalnya adalah Honda jazz, Honda Mobilio, Toyota Yaris, Suzuki Swift, Nissan Livina XR dan lain sebagainya.

Sewa Yaris Jogja, Rental Yaris Jogja, Sewa Mobil Yaris Jogja,

Mobil hatchback sering sekali disamakan dengan city car. Namun sebenarnya kedua mobil tersebut berbeda. Yang paling membedakan keduanya adalah harga dan mesin. Memang secara dimensi, ada hatchback juga sedikit lebih besar dibandingkan City car. ( Baca Keunggulan dan Kelemahan City car ) terletak pada harga untuk keunggulan dan tenaga mesin pada kelemahan. Sementara Hatchback, walau sedikit lebih mahal dibandingkan city car namun mesin lebih kuat. Misalnya untuk Toyota pada kelas hatchback perusahaan otomotif ini mengeluarkan Toyota Yaris, sementara untuk kelas city car, Toyota mengeluarkan Toyota Etios.

 

Keunggulan Mobil Hatchback

Pengertian Mobil Hatchback berikutnya akan mengulik tentang keunggulan dari mobil ini. Pertama adalah soal dimensi kecil yang membuat mobil ini jadi lebih gampang untuk meliuk-liuk di jalanan kota-kota besar yang macet. Dimensi yang kecil pula yang memudahakan pengemudi untuk mencari lokasi parkir.

Selain itu, soal harga juga bis dibilang cukup bersaing. Walaupun tidak semurah mobil-mobil city car, namun harga hatchback juga tidak terlalu mencekik. Hal tersebut juga diikuti oleh fasilitas yang ditawarkan oleh mobil jenis ini. Misalnya dari segi interior dan kenyamanan. Untuk soal kenyamanan, banyak mobil hatchback menawarkan fitur ini. Kenyamanan juga jadi salah satu andalannya. Selain itu juga kemudahan dalam handling kendaraan. Mobil hatchback saat ini pun menawarakan transmisi manual mau pun matic. Sehingga bagi yang baru bisa mengendarai mobil banyak yang memilih transmisi matic karena control yang lebih sederhana dibandingkan dengan transmisi manual.

Keunggulan selanjutnya terkait dengan konsumsi bahan bakar. Mobil-mobil hatchback ini memang terkenal dengan keiritan dalam penggunaan bahan bakar. Berikut beberapa contoh konsumsi bahan bakan oleh mobil-mobil hatchback.  Untuk mobil Mazda2 konsumsi bahan bakarnya adalah 18,5 km/liter. Sedangkan Jazz hanya mencapai 17,2 km/liter dan Yaris harus puas dengan konsumsi 17,0 km/liter.

 

Kelemahan Mobil  Hatchback

Pengertian Mobil Hatchack serta keunggulannya, belum lengkap apabila tidak membahas tentang kelemahannya. Meski favorit, tentu saja mobil ini punya kelemahan-kelemahan yang harus anda perhatikan. Sesuai tenaga, mobil ini mungkin lebih kuat dari pada city car, namun tidak sekuat mobil MPV.

Kemudian, mobil ini dikhususkan untuk mengangkut sedikit penumpang. Jadi jangan pula naik beramai-ramai. Kelemahan lainnya adalah dimensi mobil yang pendek membuat mobil hatchback, city car, mau pun sedan, menjadi kurang bisa diandalkan saat melewati genangan air terutama saat musim banjir.

 

Sewa Mobil Hatchback.

Apakah sudah mendapat pencerahan tentang pengertiannya? Atau pun perbedaanya dengan mobil city car? Nah, mobil-mobil kecil ini cocok untuk anda gunakan di daerah perkotaan misalnya di Jogja. Untuk di Jogja anda bisa sewa mobil di Jogja. Baik mobil hatchback seperti sewa mobil mobilio di Jogja atau pun mobil city car yang mungkin cocok untuk kebutuhan dan kantong anda. Nah, terima kasih telah membaca ulasan mengenai pengertian mobil hatchback.


Recent Post
Call
IM3
WA
Simp
BB
Email
Email