Perbedaan Mobil Amerika dan Jepang di Indonesia No ratings yet.

Sering sekali dalam memilih mobil, kita melihat terlebih dahulu negara produsen kendaraan tersebut, misalnya perbedaan mobil Amerika dan Jepang. Indonesia memang menjadi market atau pasar yang besar bagi penjualan mobil-mobil dari negara-negara tersebut. Sebab selain jumlah penduduk yang banyak, masyarakat Indonesia pun memiliki daya beli atau purchasing power yang cukup tinggi.

Perbedaan Mobil Amerika dan Jepang di Bagian Setir

Perbedaan Mobil Amerika dan Jepang paling mencolok bisa dilihat dari sisi letak setir dan pengemudi. Mobil Amerika biasanya ada di setir kiri karena mengemudi di lajur kanan. Hal ini juga berlaku di negara-negara Eropa. Seperti diketahui bahwa untuk lalu lintas di lajur kanan anda bisa melihat lajur yang berlawanan dari sebelah kiri. Kemudian lalu lintas yang belok ke kiri harus lewat jalur yang berlawanan dan beberapa pengemudi yang menghadap ke pengemudi diletakkan di sebelah janan kanan dan lalu lintas di jalan memutar berlawanan arah jarum jam. Sementara mobil Jepang biasanya ada di setir sebelah kanan.Hal itu diikuti oleh negara-negara seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand yang notabene adalah pasa-pasar besar bagi mobil Jepang. Soal setir ini pula yang menjadi perbedaan antara mobil Eropa dan mobil Jepang. Letak setir Eropa sama dengan Amerika.

Mobil Amerika VS Jepang

Perbedaan Mobil Amerika dan Jepang di Bagian Penempatan Aki

Perbedaan Mobil Amerika dan Jepang yang juga perlu diperhatikan adalah penempatan aki atau baterai. Untuk mobil pabrikan mobil Jepang biasanya memasang aki di depan sementara untuk mobil Amerika maupun Eropa sudah memasang aki di bagian belakang atau depan mobil. Pemasangan aki di tengah atau di belakang dinilai lebih aman untuk keselamatan berkendara. Sementara untuk fitur keselamatan yang lain, untuk mobil modern semunya nyaris sama hanya saja penamaan fitur antara produk yang berbeda-beda. Baca Pejero Vs Fortuner

Perbedaan Mobil Amerika dan Jepang di Bagian Servis

Perbedaan Mobil Amerika dan Jepang juga terkait dengan akses service. Mobil Jepang lebih mudah diservis apabila merujuk pada workshop atau bengkel mobil-mobil Jepang. Wajar, karena produsen Jepang memang lebih dulu melebarkan sayapnya di Indonesia. Namun, jika tentang service mesin, nyaris tak ada lagi perbedaan teknologi mesin Jepang dengan mesin-mesin yang dipakai produk Amerika dan Jepang. Semua mesin modern sekarang ini, kinerjanya diatur oleh sistem komputer.

Perbedaan Mobil Matik dan Manual

Perbedaan Mobil Amerika dan Jepang keduanya mempunyai spesifikasi mobil matik dan manual baik mobil Amerika maupun Mobil Jepang. Karena itu ada baiknya untuk membahas tentang perbedaan mobil manual dan matik.

Adapun kelebihan dari mobil matik, pengemudinya cepat lelah karena kemudahan dan kenyamanannya, sehingga sangat dapat diandalkan untuk jalanan macet di kota-kota besar, terutama kota yang macet. Mobil matic juga lebih mudah dipelajari oleh pemula karena sedikit control yang dilakukan. Kelemahan mobil matik adalah harus sering diservis, sehingga harus lebih sering keluar uang. Namun hal ini tidak menjadi masalah jika anda hanya butuh untuk menyewanya. Banyak jenis mobil yang bisa anda pilih baik misalnya sewa hiace commuter Yogyakarta untuk digunakan beramai-ramai bersama dengan rombongan keluarga atau teman untuk berlibur di Yogyakarta.

Sementara kelebihan mobil manual adalah akselerasi mobil ini lebih baik karena lebih responsif. Lebih sesuai dengan kebutuhan atau keinginan pengemudi dalam hal pengaturan kecepatannya, lebih irit, baik dalam hal biaya perawatan maupun perbaikannya. Kelemahan mobil manual adalah lebih sulit dikemudikan karena banyaknya kontrol. Hal tersebut membuat pengemudi cepat lelah terutama saat macet. Nah, anda bisa memilih mobil manual atau matik sesuai dengan kebutuhan anda, kemampuan menyetir, hingga kekuatan tubuh. Perbedaan Mobil Amerika dan Jepang ini juga bisa menjadi panduan anda bila hendak merental mobil. Kalau di Yogyakarta anda bisa mendapati banyak sewa mobil.

Anda bebas saja untuk memilih mau rental jenis mobil yang mana sesuai dengan kebutuhan anda maupun sesuai dengan keadaaan keuangan anda baik itu mobil Jepang mau pun mobil Amerika. Sesuaikan juga dengan kemampuan menyetir anda khususnya terkait letak setir yang berbeda. Nah, demikian artikel tentang Perbedaan Mobil Amerika dan Jepang .

Please rate this


Recent Post