Sewa Bulldozer Jogja No ratings yet.

Please rate this

Alat berat diciptakan untuk membantu pekerjaan berat yang tidak mampu dikerjakan oleh manusia. Pekerjaan berat yang dimaksud seperti mengangkat, menggali, atau sekadar menggeser material dalam jumlah yang besar. Bulldozer contohnya. Anda dapat menggunakan bulldozer tanpa harus membelinya, yaitu dengan mencari informasi tentang sewa bulldozer Jogja bagi anda yang berdomisili di Jogja.

sewa-bulldozer-yogyakarta

Bulldozer

Bulldozer adalah alat berukuran besar yang menggunakan traktor sebagai penggeraknya. Bulldozer memiliki roda berantai dan dilengkapi dengan ripper atau blasting apabila beroperasi di daerah yang sangat keras. Bulldozer pun dapat diandalkan untuk bekerja di daerah yang miring, tentunya dengan kemiringan tertentu, serta berbukit. Dengan demikian, dapat dikatakan bulldozer mampu bekerja disegala medan.

Fungsi

Bulldozer umum digunakan pada proyek earthmoving. Perannya sebagai earthmoving, bulldozer memiliki
kemapuan untuk:
1. Membersihkan lahan. Bulldozer mampu mendorong, menggeser, mengangkut, atau menarik material berupa ranting dalam jumlah banyak, batang pohon, tanah, dan sebagainya yang dapat mengganggu pekerjaan proyek. Kekuatan mendorong bulldozer mencapai kurang dari 100 meter.
2. Menggali. Bulldozer memiliki kemampuan menggali, namun untuk drainase sederhana dan jarak
pendek
3. Menimbun. Selain memiliki kemampuan membersihkan, bulldozer memiliki kemampuan untuk menimbun dan meratakan dengan ketebalan tertentu dari material yang ditumpuk di suatu tempat

Jenis – Jenisnya

Untuk memudahkan bulldozer dalam bekerja dan bermanuver, pemilihan trackshoe menjadi hal penting yang harus diperhatikan dan disesuaikan dengan medan yang akan menjadi tempat kerja bulldozer. Berdasarkan trackshoenya, bulldozer terbagi atas:
1. Crawler tractor dozer, bulldozer dengan roda kelabang. Jenis bulldozer ini banyak digunakan karena dapat beroperasi di wilayah berbatu sampai berlumpur, daya dorong yang kuat, serta penggunaan yang lebih fleksibel. Namun dapat merusak jalan yang dilaluinya. Sehingga diperlukan pengangkut untuk memindahkan bulldozer ini dari satu tempat ke tempat lain
2. Wheel tractor dozer, bulldozer dengan roda ban. Bulldozer dengan kecepatan lebih tinggi dibanding bulldozer jenis lainnya, dan lebih ramah terhadap jalan yang dilaluinya (tidak merusak jalanan) 3. Swamp bulldozer, bulldozer yang memberi tekanan rendah pada tanah. Cocok digunakan untuk medan berawa, dan tanah dengan karakteristik lempung Setelah trackshoe, bulldozer dalam melakukan tugasnya dilengkapi oleh blade. Blade dapat disetting sedemikian rupa sesuai kebutuhan bulldozer sehingga bulldozer mampu menjalankan fungsinya dengan
baik.

Berikut macam – macam blade:
1. U – Blade (Universal Blade). Blade ini menjadikan bulldozer memiliki muatan dorong/angkut material lebih banyak.
2. S – Blade (Straight Blade). Sama seperti dengan U – Blade, hanya saja handling dan manuver material menjadi lebih mudah. Dapat digunakan untuk menggali tanah keras karena blade dapat dimiringkan. Selain itu dapat menjalankan fungsi untuk menimbun.
3. A – Blade (Anglling Blade). Cocok untuk pengerjaan side hill cut atau back filling. Dengan menggunakan A – Blade, anda dapat melakukan pembuangan material ke samping
4. C – Blade (Cushion Blade). Yang membedakan adalah adanya bantalan karet yang berfungsi untuk meredam tumbukan yang mungkin terjadi, tingkat manuver yang lebih tinggi, dan memiliki peralatan tambahan, seperti pisau garuk, pemotong pohon, pembajak akar, dan sebagainya. Umum dipakai untuk proyek pemeliharaan jalan.
5. Light Blade. Digunakan untuk fungsi bulldozer pada material non – kohesif
6. Bowldozer. Berbentuk seperti mangkuk, dilengkapi dengan dinding besi mengakibatkan semakin sedikitnya material yang mungkin hilang.

Berdasarkan jenis pengendali blade, bulldozer terbagi atas:
1. Cable controlled, dengan kendali kabel
2. Hydraulic controlled, menggunakan hidrolik untuk kendalinya Cara Mendapatkannya Anda tidak perlu repot – repot untuk mendapatkan bulldozer dengan cara membelinya. Anda akan mengeluarkan biaya yang besar untuk itu. Ada cara lain untuk anda dapat menggunakan bulldozer guna
memperlancar proyek anda, yaitu dengan cara menyewanya. Apabila anda bertempat tinggal di Jogja, anda dapat mencarinya di internet terlebih dahulu tentang jasa sewa bulldozer Jogja.

Jenis Alat Berat Lainnya

Alat berat lainnya yang mungkin anda kenal adalah forklift. Alat berat ini bertujuan sama, yaitu mempermudah pekerjaan manusia. Sedangkan fungsi spesifiknya yaitu untuk mengangkat, menurunkan,  dan memindahkan barang dalam jumlah dan berat tertentu dari satu tempat ke tempat lainnya. Forklift banyak digunakan di pabrik atau gudang. Anda dapat mencari tahu lebih lengkap dengan baca forklift.

Kemudian excavator, alat berat yang namanya berasal dari bahasa Inggris yang memiliki arti sebagai penggalian. Sehingga sesuai dengan namanya, dapat dikatakan excavator sebagai mesin penggali atau pengeruk. Alat berat yang diciptakan oleh William Smith Otis ini memiliki komponen utama berupa mesin, lengan, dan pengeruk. Anda dapat baca excavator untuk mengenal lebih dekat alat berat ini.


Recent Post
Call
IM3
WA
Simp
WA
Email