Sewa Scraper Jogja No ratings yet.

Please rate this

Di era pembangunan seperti sekarang ini, tentu anda tidak asing lagi melihat alat – alat berukuran besar berada di pinggir jalan atau di lahan terbuka. Alat yang anda lihat tersebut adalah alat berat yang fungsinya untuk membantu dan mempercepat kegiatan manusia. Salah satu jenis dari alat berat tersebut adalah scraper, anda dapat menggali informasinya di sewa scraper Jogja.

sewa Scraper-Jogja

Alat Berat

Sebelum anda mengenal suatu jenis alat berat, anda lebih baik mengetahui terlebih dahulu mengenai alat berat itu sendiri. Alat berat adalah alat berukuran besar baik ukuran maupun bobotnya. Diciptakan sebagai perangkat yang membantu pekerjaan manusia dalam skala yang besar yang tidak mampu dikerjakan oleh tenaga manusia. Penggunaannya menjadikan pekerjaan menjadi efisien, baik waktu, tenaga, dan biaya.

Pembagian

Alat berat dikelompokkan menjadi beberapa jenis berdasarkan penggeraknya dan fungsinya.
Berdasarkan penggeraknya (prime-mover), alat berat terdiri atas:
1. Traktor
2. Excavator
Sedangkan berdasarkan fungsinya, alat berat dibagi atas:
1. Pengolah lahan, scraper contohnya
2. Pemindah
3. Pengangkut
4. Penggali
5. Pemadat
6. Pemeroses material
7. Penempatan akhir material

Scraper

Scraper termasuk alat berat yang dikatagorikan sebagai pengolah lahan bersama – sama dengan dozer. Fungsi sebagai pengolah lahan, scraper memiliki peran penting untuk meratakan tanah sekitar bangunan, mengeruk, mengangkut, mengangkat, bahkan menyebarkan kembali material yang telah diangkutnya. Umumnya scraper mengeruk lapisan tanah bagian atas (top soil) yang memiliki ketebalan 10 – 30 cm.

Dalam menjalankan fungsi pengerukan dan pengangkutannya, scraper akan lebih optimal apabila tanah yang akan dikeruk terlebih dahulu digemburkan atau disiram dengan air sehingga memudahkan scriper dalam mengeruk. Mobilitas scraper dibantu oleh roda ban. Efektif bekerja pada tanah datar dan tidak licin. Sebagai pengangkut, scraper memliki daya angkut yang cukup jauh, yaitu sekitar 2000 m. Daya tampung sebuah scriper berkisar dari 8 – 30 meter kubik. Ada beberapa jenis tipe scraper yang
digunakan, yaitu:
1. Scraper tarik (towed scriper), scriper yang menggunakan crawler traktor atau dozer. Scraper jenis ini cocok digunakan saat pembukaan lahan, penyebaran material merata, dapat berputar meskipun radius kecil, mampu mengangkut beban berat. Kecepatan scraper tarik ini sangat tergantung dengan penarik yang digunakan
2. Motorized scriper, pengoperasian bersama dengan dozer atau bersama dengan scraper lain. Pengoperasianya melalui teknik:
– Push – loaded: alat bantu (umumnya digunakan dozer) hanya saat pengerukan dan pengisian saja.
– Push – pull: teknik ini menggunakan dua scriper yang saling bekerjasama pada saat pengerukan. Scriper belakang mendorong scriper yang berada di depannya, dan scriper di depannya menarik scriper yang ada di belakangnya
3. Self loading scriper, apabila scriper dilengkapi dengan conveyor untuk menampung tanah hasil kerukan.

Bagian – bagian yang ada pada scriper, antara lain:
1. Bowl, merupakan bagian utama pada scraper, terletak di antara roda – roda belakang, sebagai wadah menampung material yang dikeruk dan dibawa
2. Apron, bagian depan bowl yang dapat dibuka dan ditutup ketika proses pengerukan dan pembongkaran muatan
3. Tail gate, berada di bagian belakang bowl yang berguna untuk mendorong muatan ke luar saat pembongkaran muatan

Penggunaan scriper sangat tergantung dengan alat berat lainnya agar memberikan hasil yang optimal. Pada umumnya, dalam pengoperasian scriper ini bersama dengan penggunaan motor grader (baca motor grader). Motor grader memiliki kemampuan dalam finishing, pemerataan, selain itu blade lebarnya mampu menghancurkan material yang menjadikan tugas scriper menjadi lebih ringan dan mudah.

Selanjutnya, alat berat lain yang menunjang fungsi scriper yaitu wheel loader (baca wheel loader). Wheel loader memiliki kemampuan sebagai loading material ke dumptruk (misalnya) yang tidak dapat dilakukan oleh scriper mengingat kapasitas scriper hanya mengangkut material dengan jarak tempuh yang lumayan jauh. Dengan hadirnya wheel loader akan menjadikan kerja scriper menjadi lebih optimal.

Apabila ingin mencari tahu lebih dalam lagi tentang scriper, baik bentuk, tipe, fungsi, hingga harganya, karena anda merasa scriper adalah alat berat yang sesuai dan anda cari untuk pengerjaan proyek anda, anda dapat mencari tahunya di penyedia sewa scraper Jogja. Tidak hanya informasi yang akan anda dapatkan, anda pun dapat menyewa scraper dengan ketentuan dan persyaratan yang berlaku.


Recent Post
Call
IM3
WA
Simp
WA
Email