Sewa Dozer Shovel Jogja No ratings yet.

Please rate this

Sewa dozer shovel Jogja yang murah dan berkualitas memang banyak dicari. Bagi anda yang bekerja pada sebuah proyek konstruksi, pertambangan, dan industri besar tentu tidak merasa asing mendengar alat berat yang satu ini. Alat berat banyak digunakan pada sektor tersebut untuk mempercepat jalannya produksi atau proyek. Salah satunya adalah jenis dozer shovel. Apabila anda berdomisili di Jogja, anda bisa menyewanya di salah satu tempat sewa tersebut.

Dozer-Shovel-Jogja

Dozer Shovel

Dozer shovel Jogja adalah salah satu alat berat dan merupakan turunan dari bulldozer dan bisa anda cari tempat sewanya di Jogja. Untuk mengetahui lebih jauh tentang bulldozer anda dapat mencari tahu di baca bulldozer. Menjadi salah satu tipe bulldozer menjadikan dozer shovel memiliki fungsi yang sama dengan bulldozer. Namun, fungsi utamanya adalah memindahkan material ke dalam pengangkut dari satu tempat ke tempat lain dengan jarak yang terbatas.

Fungsi

Dozer shovel banyak dikenal sebagai loader karena fungsinya yang mampu untuk mengisi muatanmaterial ke dalam alat pengangkut lainnya, dumptruk misalnya. Dalam fungsinya sebagai loader, dozer shovel menggunakan beberapa teknik, yaitu:
1. L loading, bila truk berada di belakang loader, dan lintasan membentuk garis tegak lurus
2. V loading, lintasan berbentuk huruf V
3. Cross loading, adanya peran aktif antara truk dengan loader
4. Overhead loading, pemuatan dengan cara bucket melewati atas kabin

Selain sebagai loader, dozer shovel pun memiliki fungsi sebagai:
1. Pembersih/pembebas lahan, baik dengan membabat, menebas, dan mendorong material – material yang dianggap mengganggu kelancaran dalam pengerjaan proyek
2. Pembuka jalan di lereng atau bukit
3. Menggali dan mengangkut, dapat berupa tanah atau material pada selokan dan kanal yang berbentuk V ataupun U
4. Membuat kemiringan pada tepi – tepi tanggul, jalan raya, dan sebagainya
5. Membantu pengisian muatan pada scraper di tanah kohesif. Kemampuan ini disebut sebagai pusher loading
6. Menimbun, menyebarkan, dan meratakan material dengan ketebalan tertentu yang diinginkan

Bagaimana Dozer Shovel Bekerja?

Dozer shovel sebagai alat berat menggunakan roda rantai dalam mobilitasnya. Optimum beroperasi pada wilayah dengan struktur tanah yang keras. Tidak jarang digunakan pada track yang berbatu tajam. Kemiringan wilayah dimana dozer shovel bekerja tidaklah menjadi suatu masalah yang besar. Untuk melaksanakan fungsinya, dozer shovel memiliki komponen yang dilengkapi dengan arm dan bucket. Prinsip kerja dari sebuah dozer shovel adalah pertama, bucket diturunkan ke permukaan tanah, lalu bucket digerakkan maju. Dengan demikian, material akan terdorong masuk ke dalam bucket. Setelah itu angkat bucket, dan pindahkan ke alat pengangkut atau tempat lainnya. Penggerak bucket pada dozer shovel dikendalikan oleh kabel atau dengan hydroulic.

Kelebihan

Masing – masing jenis alat berat pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Untuk
dozer shovel, kelebihannya berupa:
1. Dapat bekerja pada medan yang keras, baik rata atau tidak
2. Mencengkram material yang diangkutnya lebih kuat
3. Proses pemuatan pada truk yang berjarak kurang dari 15 kaki lebih efisien

Kekurangan

Sedangkan untuk kekurangan yang ada pada doser shovel yaitu:
1. Sudut putar sempit, sehingga tidak mampu membantu proses pemuatan pada truk yang terletak
90°
2. Tidak dapat beroperasi pada struktur tanah yang lunak
3. Perlu daerah loading point yang lebar
4. Pemindahan material hanya dapat dilakukan pada jarak pendek saja

Lain – Lain

Dozer shovel banyak digunakan baik di proyek, pabrik, maupun pergudangan. Namun bila anda menginginkan alat berat yang memiliki fungsi pengangkutan namun untuk sudut putar yang lebar, anda dapat menggunakan crane (baca crane). Crane mampu memindahkan material dari satu tempat ke tempat lain dengan sudut putar hingga 360°. Cara pengangkutan crane dilakukan secara horizontal. Anda tertarik menggunakan dozer shovel dalam proyek anda, namun budget anda terbatas, tidak perlu khawatir, karena saat ini pun alat berat dapat disewakan. Mengenai tata cara penyewaan, dan harga, dapat anda konsultasikan langsung kepada pihak jasa sewa. Bagi anda yang bertempat tinggal di Jogja, anda dapat mencari informasi tentang penyewaan alat berat di internet melalui sewa dozer shovel Jogja.


Recent Post
Call
IM3
WA
Simp
WA
Email