Sewa Stoom Jogja No ratings yet.

Please rate this

Stoom merupakan alat yang berfungsi untuk memadatkan suatu permukaan tanah sesuai dengan tingkat kepadatan yang diinginkan. Alat berat yang satu ini juga memiliki nama lain yaitu Vibro, dan Compactor. Untuk dapat menjalankan fungsinya dengan tepat, stoom dilengkapi dengan roda yang terbuat dari besi dengan permukaan yang halus. Maka dari itu, stoom banyak dijumpai di area pengaspalan jalan raya maupun landasan di bandara.
Proses pemadatan di jalan raya ini sangatlah penting, agar kendaraan yang lalu lalang dapat melintasi dengan aman dan nyaman. Sedangkan pemadatan landasan di bandara juga sangat penting, agar pesawat yang ada dapat mengudara maupun mendarat dengan lancar. Dalam melakukan fungsinya, ada banyak sekali jenis stoom, seperti penggilas roda tiga, tandem roller, vibration roller, mashgrid roller, segment roller, dan sheepfoot roller.
Alat ini memiliki berat mencapai 20220 kg. Sedangkan untuk jarak tempuh, alat berat ini memiliki kecepatan maksimum sebesar 11,4 km/ jam. Sedangkan untuk dimensinya dari drum penghalus bagian depan adalah 1534 mm untuk diameter dan 2134 mm untuk panjang dari drum. Ketinggian dari stoomyang disewakan kurang lebih 3 m. Sedangkan panjang total dari kendaraan alat berat ini berkisar pada 6 m dan lebar sebesar 2.46 m. Untuk dapat bergerak alat berat yang disediakan oleh sewa stoom Jogja ini membutuhkan bahan bakar.
Kapasitas maksimum dari tanki penyimpan bahan bakar ini yaitu sebesar 332 liter. Kemudian, jenis dari vibro yang terdapat di sewa vibro Jogja adalah smooth steel roller, pneumatic tired rollers, dan sheep foot type roller. Smooth steel roller memiliki drum penghalus yang sangat besar dan
terletak di bagian depan alat berat ini.


Jenis ini juga dapat dibagi menjadi beberapa macam lagi berdasarkan beratnya. Smooth steel roller ini dapat dimodifikasi dengan ditambahkan pemberat dari air maupun pasir. Jenis ini sangat cocok diaplikasikan pada pemadatan tanah yang berbutir, berkerikil, dan memiliki banyak batu pecah.
Sewa compactor Jogja (baca bego, baca crane) juga menyediakan pneumatic tired rollers yang memiliki jenis roda yang berbeda dari smooth steel roller, Karena terbuat dari karet. Alat berat ini memiliki susunan roda depan dan belakang yang berselang-seling, supaya area yang tidak termampatkan oleh roda depan akan dimampatkan oleh roda yang terletak di bagian belakang.

Compactor jenis pneumatic tired rollers ini tidak cocok bila digunakan untuk memampatkan area yang berbatu tajam, karena akan merusak roda dengan sangat cepat. Jenis ini juga dapat dimodifikasi dengan melakukan penambahan berat menggunakan air dan pasir pada dinding mesin.

Jumlah roda dari jenis ini adalah sebanyak 9 – 19 roda. Jadi pada pneumatic tired rollers yang memiliki roda 9, maka pada bagian depan akan terpasang 5 roda dan bagian belakang akan terpasang 4 roda. Daya tekan yang diberikan oleh roda tersebut dapat mencapai 109 bar. Sedangkan berat mesin total adalah 15 sampai dengan 200 ton.

Jenis terakhir yang disewakan oleh sewa stoom Jogja adalah sheep foot roller. Jenis ini lebih cocok digunakan untuk memadatkan tanah lempung dan campuran tanah berpasir-lempung. Stoom yang satu ini memiliki drum yang terbuat dari baja, sehingga dapat juga digunakan untuk memampatkan tanah  berpasir dan berkerikil.

Stoom ini bekerja dengan cara meremas. Drum yang ada dapat diganti denngan roller lain untuk mempermudah kinerja dalam memadatkan tanah. Walaupun demikian, sheep foot roller juga memiliki kelemahan yang berupa tidak cocok digunakan untuk memadatkan tanah yang lembek.

Sheep foot roller memiliki persyaratan dalam rangka memadatkan tanah dalam hal jumlah lintasan, ketebalan dari lapisan yang akan dipadatkan, dan kerapatan lapisan. Pada jumlah lintasan, setiap alat berat ini membutuhkan jumlah lintasan tertentu. Kemudian ketebalan lapisan tidak boleh melebihi
kedalaman tertentu dari spesifikasi alat. Lalu untuk mengenai kerapatan lapisan, harus sudah diuji di laboratorium terlebih dahulu. Hal itu
disebabkan oleh roller yang terpasang memiliki lebar dan keliling yang berbagai macam. Maka dari itu
jenis dari roller yang digunakan pada sheep foot roller harus disesuaikan terlebih dahulu dengan
kebutuhan kerapatan permukaan tanah yang diinginkan.


Recent Post
Call
IM3
WA
Simp
WA
Email