Sewa Wales Jogja No ratings yet.

Please rate this

Pembangunan sedang digalakkan di berbagai sektor, baik itu pembangunan konstruksi jalan, properti, hingga industri. Menjadikan anda sering menjumpai alat – alat berukuran besar dengan bentuk yang aneh, itulah yang dinamakan alat berat. Mungkin salah satu dari yang anda lihat ada yang bernama wales. Apa itu wales? Anda dapat mencari informasinya di sewa wales Jogja.

sewa alat berat welas jogja

Alat Berat

Alat yang seringkali berukuran besar, dengan bentuk yang tidak familiar, dan tidak jarang menimbulkan suara bising di telinga anda. Alat berat mampu mengerjakan pekerjaan manusia dengan skala besar. Dan keberadaannya banyak ditemui seperti pada industri pertambangan, perhutanan, pabrik, proyek pembangunan perumahan, perbaikan dan pembuatan jalan baru. Itulah yang dinamakan alat berat. Alat berat digunakan manusia untuk membuat pekerjaannya menjadi efektif dan efisien.

Alat berat banyak macamnya, digolongkan berdasarkan pada fungsinya serta penggeraknya. Berdasarkan
fungsinya, alat berat dikelompokkan menjadi:
1. Alat untuk mengolah lahan
2. Alat untuk menggali
3. Alat untuk memadatkan material. Salah satu jenisnya adalah wales, dan compactor (baca compactor)
4. Alat untuk mengangkut material
5. Alat untuk memindahkan material
6. Alat sebagai penempatan akhir material
7. Alat untuk memeroses material

Kemudian apabila berdasarkan penggeraknya (prime – over), alat berat dibedakan menjadi:
1. Traktor. Attachment yang terdapat pada alat berat melekat pada rangka
2. Excavator. Attachmen yang terpasang pada alat berat dapat berputar

Wales Alat Berat

Wales adalah alat berat yang masuk dalam golongan pemadat material, dapat berupa tanah atau aspal bersama dengan compactor. Berfungsi sebagai pemadat, wales berperan penting dalam proses finishing, terutama pada pembuatan atau pengaspalan jalan yang proses sebelumnya dilakukan pengerukan top soil oleh alat berat scraper (baca scraper) dan membawa materialnya (tanah) menjauhi lokasi proyek. Wales dapat melakukan pekerjaan sebagai pemadat karena dilengkapi dengan roda penggilas berbentuk seperti drum atau roller seperti layaknya compactor. Roda penggilasnya pun dapat ditambahkan dengan air atau pasir untuk menambah bebannya sehingga pemadatan lebih sempurna. Kecepatan wales dalam melakukan pekerjaannya mencapai 10 km/jam dan dengan tekanan mencapai 55 kg/meter kubik.

Walau demikian tetap ada yang menjadikannya berbeda. Beberapa hal yang membedakan antara wales dengan compactor, anda dapat mengetahuinya di sewa wales Jogja alat berat. Pembeda antara wales dengan compactor salah satunya terletak pada roda penopangnya. Pada wales, keseluruhan roda penopangnya terbuat dari besi, sedangkan pada compactor terbuat dari roda ban karet. Roda besi menjadikan wales dapat menggilas kerikil yang dilaluinya selain untuk pemadatan.

Walau memiliki kemampuan menggilas, tetap saja wales tidak dapat beroperasi di daerah ekstrim karena akan merusak roda besinya. Selain itu roda besi yang dimilikinya membuat bobot wales menjadi lebih berat dibandingkan dengan compactor sehingga kemampuan mobilitas wales rendah.
Selain mobilitas, fleksibilitas wales pun menjadi rendah terhadap lahan miring dan lahan yang memiliki tekstur lunak, seperti tanah merah atau berlumpur. Hal ini dikarenakan roda besi yang digunakan memiliki daya cengkram terhadap materialnya rendah yang menyebabkan roda wales akan cenderung untuk tenggelam pada lahan lunak, dan tidak resisten terhadap kemiringan lahan.

Ada beberapa tipe wales yang tersedia. Tipe ini dikelompokkan berdasarkan jumlah roda yang
terpasang, yaitu:
1. Beroda dua
2. Beroda tiga. Wales dengan jumlah roda tiga adalah yang tertua. Meskipun demikian memiliki kemampuan menggilas yang luar biasa. Biasa digunakan pada proyek di lahan yang luas, seperti pada pembuatan lapangan terbang.

Apabila anda merasa bahwa wales adalah alat berat yang cocok untuk digunakan pada proyek anda, segera mencari tahu di sewa wales Jogja. Penyedia jasa sewa wales mungkin dapat memberikan solusi bagi anda untuk menyelesaikan permasalahan dalam pengerjaan proyek, terutama mengenai alat berat yang sesuai untuk anda gunakan. Selain itu, anda pun dapat menyewa wales di tempat tersebut.
Dengan menyewa berarti anda dapat menggunakan wales tanpa harus membelinya yang memerlukan biaya besar. Tentu anda dapat menyewanya dengan persyaratan dan ketentuan yang berlaku. Meskipun begitu, hal ini akan memberikan keuntungan bagi anda, karena dengan budget dan waktu pengerjaan proyek yang terbatas, produktivitas, efisiensi, dan efektivitas jalannya sebuah proyek akan meningkat.


Recent Post
Call
IM3
WA
Simp
WA
Email