Wisata Gunungkidul : Air Terjun Banyunibo Jogja No ratings yet.

Wisata Gunungkidul : Air Terjun Banyunibo Jogja

 

 Wisata Gunungkidul Air Terjun Banyunibo mungkin belum terlalu banyak orang familiar dengan obyek wisata satu ini. Obyek wisata Gunungkidul yang sebenarnya masuk bagian wilayah Padukuhan Ngluwur yang menjadi bagian dari Desa Kepuhsari di Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri. Artinya air terjun ini wilayah Provinsi Jawa Tengah. Tapi untuk masyarakat wilayah Gunungkidul termasuk masyarakat Kecamatan Ngawen, Semin dan Karangmojo lokasi ini tidak asing lagi. Lokasi air terjun ini berada di perbatasan antara pedukuhan Ngluwur dan pedukuhan Nganjir. Pedukuhan Nganjir merupakan bagian dari Kecamatan Semin, Gunungkidul. Alhasil jika tengah menjelajah potensi wisata di daerah Gunungkidul maka lokasi wisata alam Gunung Kidul ini pun bisa menjadi salah satu tujuan. Apalagi obyek wisata ini memiliki pemandangan yang mengagumkan.

 curugbanyunibo

Rute Menuju Air Terjun Banyunibo 

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi wisata Gunungkidul air terjun ini, Anda bisa memanfaatkan transportasi umum atau pribadi agar lebih memudahkan perjalanan yang dilakukan. Jalan untuk menuju lokasi memerlukan seorang pengendara yang profesional dan memiliki konsentrasi tinggi. Hal ini tidak lain karena medan jalan perbukitan yang harus dilalui. Jadi, saran bagi Anda yang berniat menggunakan kendaraan pribadi maka pastikan Anda bisa mengendarai dengan baik. Jika melalui jalan Semin – Wonogiri, dimana setelah Anda melalui perbatasan DIY dan Jateng, Anda bisa belok kanan di pertigaan pertama yang ditemui. Kemudian Anda akan menemukan perempatan usai melalui jembatan lalu belok kanan menuju pedukuhan Ngluwur. Jika bingung Anda bisa bertanya pada penduduk sekitar.

 

Pemandangan Alam Menakjubkan Air Terjun Banyunibo Gunungkidul Yogyakarta

Jalan yang dilalui memang tidak mudah mengingat rutenya yang harus melalui jalan berkelok-kelok. Karena untuk mencapai air terjun tersebut harus melalui pematang sawah dan mengitari bukit. Pada saat perjalanan tersebut, ada baiknya Anda tidak mengacuhkan pemandangan sekitar karena Anda bisa melihat bukit yang hijau dengan terasering yang terlihat indah dan menarik. Anda juga bisa melihat aliran sungai yang berasal dari air terjun tersebut. Setidaknya membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk menuju lokasi tergantung seberapa cepat Anda berjalan. Dari kejauhan Anda nantinya bisa mendengar gemuruh air terjun. Dan begitu sampai di lokasi maka Anda akan terpesona dengan air terjun yang cantik sebagai salah satu obyek wisata Gunungkidul ini.

 bayunibo

Waktu Terbaik Mengunjungi Air Terjun Banyunibo

Sebenarnya kapanpun Anda bisa mengunjungi air terjun ini. Namun, jika Anda ingin menikmati aliran air terjun yang lebih deras, sebaiknya datang pada saat musim penghujan. Sehingga alirannya lebih deras dan mengagumkan. Hanya saja, jika datang pada musim penghujan, ada baiknya membawa jas hujan atau payung karena jika hujan sewaktu-waktu tidak banyak lokasi yang bisa dipakai untuk berteduh. Jika Anda menghindari hujan, jelas pada musim kemarau lah waktu yang tepat. Dengan catatan, air yang mengalir tidak sederas pada waktu musim hujan.

curug banyu nibo wonosari

Ketika Anda mengunjungi lokasi wisata di gunung kidul ini, tidak hanya bisa menikmati derasnya air terjun saja atau bermain-main air saja. Namun Anda juga bisa menikmati indahnya pemandangan suasana alam sekitar air terjun dari atas. Melalui bagian atas air terjun tersebut Anda bisa melihat indahnya pemandangan sawah-sawah yang menghijau di sekitar lokasi. Anda akan bisa merasakan indahnya pemandangan alam dan melupakan sejenak segala kepenatan yang dirasakan. Tentu akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan dengan mengunjungi Air Terjun Banyunibo dan Anda pun tidak akan menyesal karena kelelahan perjalanan akan terbayarkan dengan keindahan wisata Gunungkidul ini.

Please rate this


Recent Post