Hutan Wanagama No ratings yet.

Hutan wanagama berada di empat desa di Kecamatan Patuk dan Playen , Gunungkidul, Yogyakarta, berjarak 35 Km kearah selatan dari kota Yogyakarta, anda bisa menggunakan bis umum jurusan wonosari dari terminal giwangan untuk menuju ke lokasi hutan lindung wanagama. Hutan wanagama berdiri di atas tanah seluas 600 hektar yang akan menawarkan dan memanjakan dengan kesejukannya ditengah perbukitan gunungkidul yang berupa bukit kapur dan gersang. Nama hutan ini begitu mendunia, tak tanggung- tanggung Pangeran Charles, Pangeran Bernhard, dan sederetan pejabat penting tanah air datang kehutan ini.

Pangeran Charles datang kehutan ini pada tahun 1989 dengan membawa satu pohon jati yang disebut sebagai jati londo oleh masyarakat, selain meninggalkan pohon jati londo, Pangeran Charles juga meninggalkan rute yang menjadi favorit pengunjung saat datang ke hutan wanagama ini, yaitu dari wisma cendana sampai ke bukit hell.

Hutan Wanagama menyimpan ribuan flora dan berbagai macam fauna didalamnya, banyak jenis pohon yang ada dihutan ini, mulai dari pohon eboni dari Sulawesi, pohon cendana sampai pohon murbei. Sedangkan Fauna yang tersimpan di hutan ini berupa unggas, kera dan berbagai macam reptil. Di hutan ini anda juga akan menemukan peternakan ulat sutera diseblah kiri jalan, yang terdapat didalam suatu bangunan, anda akan melihat ratusan ulat sutera dengan kapas putih yang menyelimutinya. Wahana hutan lindung wanagama ini menyajikan sebuah ketenangan dan kesejukan hutan lengkap dengan pembelajaran tentang pepohonan, anda bisa datang bersama putra- putri untuk mendidik dan mengenalkan lebih jauh tentang reboisasi, perhutanan dan pepohonan, dengan disediakannya hutan pendidikan wanagama I dengan luas 80 hektar  yang dikelola oleh Fakultas kehutanan UGM.

Please rate this


Recent Post