Lembah Karst Mulyo No ratings yet.

 Lembah Karst Mulo di Desa  Mulo, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, merupakan lokasi wisata yang indah. Bila anda mengunjungi Gunungkidul , sebelum menuju beberapa pantai anda akan disuguhi pemandangan deretan bentangan Kars menjulang nan elok , salah satunya adalah lembah karst di Desa Mulon. Rencananya kawasan di lembah ini diproyeksikan sebagai pintu gerbang Geopark Gunungsewu.

Saking eloknya pemandangan lembah ini , beberapa pengunjung yang diwawancarai spotan mengatakan mirip Grand Canyon Amerika Serikat yang mereka lihat di beberapa film. Lembah Mulo terletak di pinggir jalan raya Tepus-Wonosari. Lumayan cukup mudah untuk menuju lokasi , karena terletak sekitar satu kilometer dari jalan menuju arah Panti Sundak, Siung dan Wediombo. Jika ditempuh dari kota Wonosari , hanya berjarak 5 kilometer ke arah selatan.
Lembah karst mulyoLembah karst mulyo
Lembah karst ini , memiliki pintu masuk Goa yang disebut Goa Ngingrong. Untuk mencapai Ngingrong , anda harus memutari lembah kars Mulo dan menuruni jalan setapak. Pengunjung harap berhati-hati karena jalanan terjal dan dihiasi tanaman-tanaman kapas di dekat lembah. Terdapat 2 Goa di dasar lembah yaitu di sisi barat dan timur. Jika pengunjung telah memasuki mulut Goa , maka kesejukan dan kesegaran tercipta di lokasi tersebut , seakan menghapus peluh karena perjalanan menyusuri ke dasar lembah tersebut. Di mulut Goa terdapat bebatuan besar putih , batu-batu kerikil, dan beberapa batu –batu besar seukuran gajah, dan dihiasi oleh tetesan air dari stalaktit dinding Goa . Bisa dibayangkan betapa menyenangkan bukan .,refreshing pikiran sekaligus sport menantang . Saat ini wisata tersebut masih dikelola oleh masyarakat sekitar . Dan untuk melakukn penyusuran ke dalam Goa , disediakan pemandu –pemandu lokal yang telah mengetahui rute yang harus dilalui pengunjung.

Please rate this


Recent Post