Pantai Busung Gunung Kidul No ratings yet.

Pantai Busung Gunung Kidul

 

Pantai Busung Gunung Kidul merupakan pantai daerah Gunungkidul yang tepatnya terletak di desa Purwodadi, Kecamatan Tepus. Gunungkidul memang tidak memiliki potensi pertanian yang tinggi namun memiliki potensi wisata alam, budaya maupun kuliner yang menarik. Lokasi pantai ini berada di zona selatan yang berada di ketinggian 0 – 300 mdpl. Banyak batu kapur dengan ciri khas bukit-bukit kerucut yang bisa ditemukan di lokasi ini. Di lokasi ini terdapat banyak sumberdaya alam tambang yang bisa ditemukan seperti batu kapur, batu apung, kalsit, zeolit, bentonit, tras, kaolin dan pasir kuarsa. Gunung-gunung di daerah ini pun banyak ditambang untuk diambil batu kapurnya. Selain itu pantai di Kabupaten Gunungkidul sangat luas. Terdapat sekitar 65 km dari kecamatan Purwosari hingga kecamatan Girisubo. 

Penasaran dengan Pantai Busung Gunung Kidul

Jika Anda penasaran dengan lokasi maupun keindahan pantai ini maka ada baiknya segera mencari jadwal kosong menuju ke desa Purwodadi, Kecamatan Tepus ini. Semakin banyak yang belum mendatanginya akan membuat Anda menjadi seseorang yang dijadikan sebagai sumber informasi bagaimana keindahan pantai tersebut. Atau setidaknya mengetahui bagaimana menuju lokasi Pantai Busung Gunung Kidul. Padahal hanya dengan pergi ke desa Purwodadi tersebut kemudian bertanya kepada penduduk sekitar dan mengikuti petunjuk yang ada jelas nantinya akan tiba juga di lokasi. Penasaran? segera saja tentukan waktu liburan Anda dan segera kunjungi pantai tersebut. 

Mengunjungi Pantai Busung Gunung Kidul

Agar tidak menyulitkan atau memberatkan Anda dalam perjalanan maka ada baiknya mengajak banyak teman atau rekan kerja. Selain agar liburan Anda semakin ramai ada banyak teman tentu akan semakin menyenangkan. Keindahan alam Pantai Busung Gunung Kidul sebagai sebuah wisata di Gunung Kidul yang terbilang masih perawan menawarkan keelokan tersendiri yang tidak bisa Anda temui di pantai lain. Pasir pantainya yang masih putih bersih dengan kilauan air laut yang terkena sinar matahari bisa jadi latar belakang foto yang menarik. Jika Anda ingin mempelajari budaya maupun bahasa penduduk sekitar, Anda pun bisa mencoba menginap di rumah warga sekitar. Tentu saja Anda harus meminta ijin terlebih dahulu. 

Pantai Busung dan Thiwul

Jika Anda mengunjungi daerah di Pantai Busung Gunung Kidul maka salah satu makanan khas di daerah ini yang perlu dicoba adalah nasi thiwul. Nasi thiwul ini terbuat dari gaplek. Gaplek adalah umbi ketela pohon atau singkong yang telah dikeringkan. Artinya setelah dikupas, ketela pohon tersebut dijemur berkali-kali. Setelah kering kemudian ditumbuk. Lalu bisa dimasak menjadi berbagai bahan makanan unik dan menarik salah satunya nasi thiwul. Nasi thiwul bisa dibikin gurih untuk makanan pokok tetapi bisa juga dibuat manis sebagai camilan. Jika penasaran maka Anda harus mencobanya. Ada banyak toko oleh-oleh di Gunungkidul yang menjualnya. Sehingga Anda bisa membelinya baik dimakan langsung atau untuk oleh-oleh.

Ada banyak pantai di Gunungkidul. Jumlah pantai yang bisa dikunjungi lebih dari 30 pantai. Bisa jadi Anda perlu mencatat pantai mana saja yang sudah dikunjungi dan pantai mana saja yang belum pernah dikunjungi. Saat ini sebagian besar pendatang masih dominan berkunjung ke pantai Baron, Kukup, Indrayanti, dan Drini. Namun maish banyak pantai-pantai lain yang belum banyak dikenal dan juga dikunjungi. Semakin banyak diketahui maka akan semakin banyak orang yang mengunjungi pantai-pantai di Gunungkidul. Termasuk diantaranya Pantai Busung Gunung Kidul yang memang belum banyak dikenal dan diketahui bagaimana keindahan alam yang bisa dinikmati di pantai ini.

Please rate this


Recent Post