Pantai Grigak Gunung Kidul No ratings yet.

Pantai Grigak Gunung Kidul

 Alamat Pantai Grigak

Pantai Grigak Gunung Kidul merupakan sebuah pantai tersebunyi yang tidak banyak orang yang mengetahuinya. Pantai ini berada di dusun Karang, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul. Untuk menuju lokasi ini, jika merasa kebingungan memang perlu dan tidak malu bertanya pada penduduk sekitar sehingga tidak akan salah jalan dan membuang banyak tenaga maupun bahan bakar kendaraan yang digunakan. Apalagi penduduk lokal juga terkenal dengan keramahannya. Begitu pula yang akan Anda rasakan saat sudah berada di Desa Girikarto. Kehangatan akan keramahan warga Girikarto akan Anda rasakan. Sehingga tidak perlu ragu untuk bertanya sekedar bertanya mengenai arah menuju lokasi pantai yang Anda tuju. Tentu Anda juga perlu bertanya dengan ramah dan sopan pula jika ingin memperoleh sambutan yang hangat dan ramah. Tidak perlu bisa berbahasa Jawa namun tetap bertanya dengan bahasa Indonesia yang sopan dan dengan senyuman. 

Pantai Grigak dengan segala tantangannya

Pantai Grigak Jogja

Seperti kebanyakan pantai-pantai obyek wisata Gunung Kidul, Pantai Grigak Gunung Kidul tidak terlalu mudah untuk dijangkau apalagi jika Anda berencana untuk menggunakan kendaraan umum. Hal ini tidak lain karena begitu sampai di desa lokasi pantai tersebut, masih ada perjalanan panjang menuju bibir pantai. Anda setidaknya harus melalui jalan setapak di tengah hutan. Jalan tersebut berkelok-kelok dan berbatu. Selain itu Anda juga perlu berhati-hati saat berjalan apalagi jika musim penghujan. Karena bisa dipastikan jalanan tersebut licin sehingga bisa membuat orang tergelincir atau terpeleset. Anda juga akan melalui jalanan turunan yang tajam sehingga perlu mencari pegangan agar tidak terjatuh. Selanjutnya akan bertemu dengan tanjakan yang terjal.

Birunya Pantai Grigak

Pantai Grigak Gunung Kidul

Sesampainya di pantai tersebut maka segala kelelahan, gatal atau perihnya kulit tangan maupun kaki yang terkena ranting pohon atau rumput di jalanan akan terbayarkan begitu melihat birunya langit dan air laut yang menyatu. Anda akan melihat ombak yang bergulung-gulung menerjang tebing-tebing karang. Hampir pasti Anda akan merassa takjub dengan keindahan pemandangan yang ditemui di Pantai Grigak Gunung Kidul. Tidak seperti pantai Parangtritis yang sudah kotor, pantai ini masih bersih dengan air laut yang biru jernih dan membuatnya tidak kalah cantik dengan pantai-pantai di Karimunjawa. 

Di Balik Indahnya Pantai Grigak

Pantai Grigak

Salah satu hal yang perlu diingat saat Anda akan melakukan perjalanan menuju Pantai Grigak Gunung Kidul ini adalah harus dipastikan Anda membawa bekal cukup minuman. Pastikan air mineral yang dibawa akan cukup untuk diminum selama dalam perjalanan. Mengapa? Karena di lokasi ini memang bisa dikatakan kesulitan untuk memperoleh air tawar. Sejak dulu warga sekitar memerlukan perjuangan untuk memperoleh air tawar yang digunakan untuk memasak dan minum sehari-hari. Untuk saat ini para warga harus membeli air tawar untuk memenuhi kebutuhan air mereka sehari-hari. Kemudahan memperoleh air tawar baru bisa dirasakan saat musim penghujan tiba karena mereka menggunakan bak penampungan air hujan.

           Lokasi Pantai Grigak

Itulah sebabnya, Anda harus memastikan bekal minum yang Anda bawa sebelum memulai perjalanan. Setidaknya Anda tidak akan kerepotan untuk memperoleh minum jika bekal yang dibawa cukup memadai. Namun Anda tidak akan memperoleh pemandangan menakjubkan ketika mengunjungi pantai di lokasi lainnya. Apalagi pantai ini relatif lebih alami dibandingkan lainnya. Belum banyak orang yang mengunjungi tentu akan membuat Anda akan merasa tertantang untuk melihat dari dekat. Anda perlu menyempatkan waktu untuk mengajak beberapa teman dekat atau sahabat Anda untuk melihat keindahan dan birunya Pantai Grigak Gunung Kidul serta deburan ombaknya yang tidak akan terlupakan.

Jalan Menuju Pantai Grigak

Please rate this


Recent Post