Pantai Indrayanti Gunung Kidul No ratings yet.

Pantai Indrayanti Gunung Kidul

 

Pantai Indrayanti Gunung Kidul merupakan salah satu pantai yang cukup terkenal di Kabupaten Gunungkidul. Pantai ini sebenarnya memiliki nama resmi Pantai Pulang Syawal. Nama ini adalah nama resmi dari Pemerintah Kabupaten Gunungkidul. Lalu mengapa lebih dikenal dengan nama Pantai Indrayanti? Hal ini tidak lain karena adanya sebuah cafe dan resto di lokasi tersebut dengan nama Indrayanti. Nah, resto dan cafe tersebut di depannya dipasang sebuah baliho besar yang memperlihatkan sebuah nama resto tersebut yaitu Indrayanti. Papan nama tersebut terlihat hingga ke jalan. Ternyata hal ini berpengaruh terhadap ingatan para pengunjung. Mereka lebih mengenal Pantai Pulang Syawal dengan nama Indrayanti. Bahkan justru nama tersebut yang lebih dikenal dan mungkin tidak mengetahui nama resmi pantai tersebut. 

Pantai Indrayanti yang Menawan

Pantai Indrayanti Dari Malioboro

Pantai Indrayanti Gunung Kidul / Pantai Pulang Syawal ini terletak sekitar 70 km dari Yogyakarta. Anda bisa membayangkan bagaimana perjalanan yang harus dilalui ketika menggunakan sepeda motor. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa memperkirakan bagaimana kelelahan yang dialami. Pantai berpasir putih, berterumbu karang, dengan berbagai spot menawan untuk mengambil foto. Berbagai fasilitas pun lengkap, mulai toilet, tempat ibadah maupun tempat untuk makan. Anda tidak akan menyesal untuk mengunjungi pantai ini. Pemandangan tanjung yang menjorok di salah satu sisi pantai menjadi daya tarik tersendiri. Jika Anda gemar berfoto, sempatkan mengambil beberapa foto dengan latar belakang tebing karang. 

Daya Tarik Terumbu Karang Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti Gunung Kidul

Sebagai pantai yang relatif banyak dikenal dan mudah untuk mencari lokasinya meskipun jaraknya cukup jauh dari kota Yogya. Pantai Indrayanti Gunung Kidul ini relatif ramai dan banyak dikunjungi karena pesona yang dimiliki. Salah satu yang menjadi daya tarik obyek wisata Gunung Kidul ini adalah adanya terumbu karang, rumput laut dan tentu saja pasir putih. Anda bisa sepuasnya melihat rumput laut atau bermain pasir. Ada beberapa spot menarik yang bisa dijadikan lokasi pengambilan foto. Misalnya pada cekungan batu karang yang unik dan kokoh. Kemudian saat menjelang matahari terbenam pun Anda bisa menikmatinya. Sangat tepat jika mengunjungi pantai ini menjelang sore hari. Tentu saja jika cuaca sedang tidak mendung. 

Pantai Indrayanti Terkenal dengan Kebersihannya

Pantai Indrayanti Gunung Kidul Jogja

Pantai bisa dikatakan sebagai salah satu tempat yang dengan mudah menemukan banyak sampah. Ada banyak pengunjung yang kurang bertanggung jawab dengan membuang sampah sembarangan di pantai. Hal ini dilakukan dengan asumsi sampah akan ke laut. Padahal sampah akan kembali ke pantai karena terbawa ombak. Alhasil banyak sampah di pantai. Namun hal ini tidak akan Anda temukan saat berada di Pantai Pulang Syawal ini. Pantai Indrayanti Gunung Kidul ini relatif bersih dan hampir tidak ditemukan sampah plastik berserakan. Ini semata-mata karena adanya aturan yang telah ditetapkan pengelola pantai tersebut.

 Pantai Indrayanti Jogya

Aturan tersebut menyebutkan bahwasanya apabila terdapat pengunjung yang kedapatan atau ketahuan membuang sampah sembarangan maka akan dikenai denda. Denda yang diberikan yaitu sebesar Rp 10.000,-. Nah, ternyata para pengunjung merespon dengan tidak membuang sampah sembarangan. Selain kebersihan pantai yang terjaga, di sini juga terdapat banyak fasilitas yang tentunya akan membuat Anda nyaman. Misalnya adanya kamar mandi yang bersih, tempat ibadah, penginapan terdekat dan lainnya. Jika ingin melakukan liburan bersama keluarga maka Anda bisa mendatangi lokasi ini. Kenyamanan maupun indahnya pemandangan Pantai Indrayanti Gunung Kidul bisa Anda rasakan sehingga berbagai kepenatan pun akan menghilang.

Pantai Indrayanti Wonosari

Please rate this


Recent Post