Pantai Jungwok No ratings yet.

Please rate this

Pantai Jungwok  berada ditimur Pantai Wediombo (40km tenggara kota Wonosari), akses jalan menuju pantai Jungwok lumayan berat, yaitu harus menuju pantai Wediombo dahulu. Pantai Wediombo terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, DIY. Untuk menuju pantai ini aksesnya cukup mudah, yaitu bisa melewati Jogja-Wonosari-Semanu-Wediombo atau bisa melalui jalur dari Jogja menuju ke Wonosari menuju daerah Tepus. Nanti di pertigaan tepus kita ambil arah selatan (ada papan petunjuk jalan). Sesampainya di Pantai Wediombo harus menitipkan kendaraan seharga Rp 4.000,- untuk 1 malam dan Retribusi area wisata sebesar Rp 5.000,- per orang.

saya dan 7 teman saya berencana camping dipantai jungwok, kami tiba dipantai Wediombo Pukul 5 sore sehingga kami masih sempat melihat sunset Wediombo. Sunset di pantai ini sangat indah, karena terlihat jelas matahari tenggelam ditelan laut pantai selatan. Setelah puas melihat sunset perjalanan kami lanjutkan kearah timur dengan berjalan kaki, karena hari sudah mulai petang maka kami mempercepat langkah kami. Perjalanan yang cukup jauh, karena melewati pantai Wediombo, setelah itu akan melewati hamparan sawah penduduk setempat dengan beberapa kandang ternak sapi, setelah itu jalan mulai menanjak, untuk mencapai pantai jungwok kami harus berjalan melewati satu bukit, karena pantai Jungwok berada dibalik bukit pantai Wediombo. Perjalanan kami dari pantai Wediombo mencapai pantai Jungwok kurang lebih 1 jam.
Pantai JungwokKami berencana Berkemah di Pantai Jungwok, karena pantai ini masih alami dan namanya belum setenar pantai-pantai lain didaerah Gunung Kidul, sehingga membuat pantai ini masih sangat alami, tidak ada pedagang, tidak ada toilet, tidak ada jalan yang bisa dilalui kendaraan, bahkan tidak ada rumah penduduk disekitar pantai. Kami berharap Pantai ini tetap seperti ini dengan kebersihan dan ekosistemnya yang masih alami dan belum dieksploitasi. Setelah sampai di Pantai Jungwok kami bergegas mendirikan tenda. Setelah selesai mendirikan tenda, kami beristirahat sejenak sambil menikmati gelapnya pantai Jungwok, beruntung langit pada malam itu penuh bintang sehingga kami ada kegiatan menghitung bintang dan menunggu bintang jatuh hingga satu per satu dari kami tertidur.

Pukul 5 pagi saya terbangun dengan alarm yang saya pasang agar bisa melihat keindahan sunrise dipagi hari, ternyata sunrise dari pantai Jungwok karena terhalang oleh bukit. Ciri dari pantai ini adalah terdapat tebing yang cukup tinggi disebelah timur dan bukit disebelah barat, pada tebing disebelah timur biasanya digunakan untuk mendirikan tenda seperti yang kami lakukan karena akan teduh pada siang hari. Bentuk pantai yang cekung dengan pemandangan bukit yang indah, selain itu juga terdapat karang besar ditengah laut. Pasir putih, air jernih, dan suasana asri dan bersih dari sampah benar-benar kombinasi yang sempurna. Ketika saya bangun, disekitar pantai sudah ada beberapa penduduk setempat yang sedang menangkap udang dan memancing ikan, karena populasi udang dan ikan dipantai ini cukup banyak dan sebagian mata pencaharian penduduk pesisir pantai Jungwok adalah menangkap udang dan memancing ikan. Saya sempatkan untuk menyapa bapak-bapak yang sedang menangkap ikan dengan jala, hasil tangkapan pada hari itu kurang memuaskan, hanya ikan-ikan kecil yang terperangkap jala.