Pantai Kelosirat Gunung Kidul No ratings yet.

Pantai Kelosirat Gunung Kidul

 

Apabila Anda pernah mendengar nama Pantai Kelosirat Gunung Kidul dan penasaran untuk mengunjunginya maka Anda bisa menemukannya di di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul. Apalagi jika Anda memiliki hobi memancing, tentu lokasi ini akan semakin membuat penasaran. Pasalnya pantai yang memang belum banyak orang mengetahuinya ini, sering digunakan oleh penduduk setempat untuk memancing udang lobster. Untuk menuju lokasi yang memang belum banyak dikunjungi ini tentu membutuhkan perjalanan yang tidak mudah. Setidaknya keuntungan ketika mengunjungi lokasi yang masih jarang dikunjungi tentu belum ada penarikan biaya masuk. Selain itu belum ada tempat parkir serta warung yang menyediakan makanan dan minuman. Begitu pula dengan toilet serta lokasi untuk beribadah. 

Pantai Kelosirat Memberikan Kepuasan Tersendiri

Pantai Kelosirat Yogyakarta

Nah, berbicara tentang Pantai Kelosirat Gunung Kidul, kira-kira apa yang membuat wisata  Yogyakarta ini begitu istimewa jika dibandingkan dengan pantai-pantai lain? Bisa jadi, jawabannya ada pada pesonanya yang masih perawan alias belum terjamah wisatawan. Hal inilah yang menjadikan pantai ini masih mempesona dengan pasir putihnya, air lautnya yang jernih kebiruan dengan gradasi cantik dan deretan pepohonan khas wilayah pantai di sepanjang bibir pantai. Jika Anda berkunjung di hari-hari biasa, bisa jadi pantai ini akan menjadi pantai pribadi milik Anda mengingat tidak banyak wisatawan yang berkunjung di luar hari-hari libur. Rasakan lembutnya pasir putih dengan berbaring di atasnya sembari mendengar simphoni gelombang air laut. 

Banyak Penduduk Lokal Memancing di Pantai Kelosirat

Pantai Kelosirat Gunung Kidul Yogyakarta

Selanjutnya Anda tidak hanya sekedar melihat indahnya pemandangan pantai. Namun Anda juga bisa mempelajari bagaimana penduduk sekitar memancing ikan dan lobster di Pantai Kelosirat Gunung Kidul tersebut. Cara yang digunakan tentu berbeda dengan cara yang Anda lakukan. Para penduduk tersebut biasanya memasang jala yang dibentangkan dari satu tebing ke tebing lainnya. Tidak hanya itu saja, mereka juga mendirikan sebuah pondok kecil di tebing yang sama. Pondok tersebut digunakan sebagai tempat beristirahat sekaligus tempat untuk menunggu hasil pancingan mereka. Anda bisa sekaligus belajar kearifan lokal penduduk sekitar. 

Pemandangan Pantai Kelosirat yang Mengagumkan

Pantai Kelosirat Gunung Kidul

Anda juga bisa menikmati pemandangan indah dari Pantai Kelosirat Gunung Kidul ini. Anda bisa melihat pemandangan dari ujung tebing. Dimana tebing tersebut menjorok ke laut. Jika Anda mengunjunginya saat sore hari, maka sebaiknya sekaligus menunggu saat-saat matahari terbenam. Mengapa? Anda akan melihat pemandangan yang mengagumkan dan tidak akan terlupakan. Mendatangi pantai tersebut nantinya akan membuat Anda mengetahui mengapa ada banyak ikan di lokasi tersebut. Hal ini tidak lain karena perairan di pantai tersebut cukup dalam. Namun ombaknya tidak besar. Alhasil, banyak ikan yang sering melintas dan mengambil umpan dari pancingan yang ada.

           Pantai Kelosirat Jogja

Jika di beberapa pantai di Gunungkidul yang lain, Anda bisa menikmati pasir pantainya maka di Pantai Kelosirat Gunung Kidul ini Anda nyaris tidak akan menemukan pasir. Anda hanya akan melihat deretan tebing yang berjajar di sepanjang pantai. Jelas akan menjadi spot pengambilan foto yang menarik perhatian. Panjangnya perjalanan yang dilalui menuju lokasi tersebut tentu tidak akan terlupakan. Begitu pula pengalaman maupun keindahan pantai tersebut juga tidak akan Anda lupakan begitu saja. Pantai yang masih alami, nyaris tidak beerpasir namun hanya ditemui banyak tebing. Ada banyak ikan dan kesempatan memancing setiap hari tidak dibatasi waktu. Bahkan Anda bisa berkenalan dengan penduduk sekitar Pantai Kelosirat Gunung Kidul dan mungkin bisa memperoleh informasi lebih banyak lagi mengenai pantai lain di Gunungkidul yang bisa dikunjungi.

Please rate this


Recent Post