Pantai Sarangan Gunung Kidul No ratings yet.

Pantai Sarangan Gunung Kidul

Pantai Sarangan Gunung Kidul berada persis di sebelah barat Pantai Krakal, Gunungkidul, Jogjakarta. Sehingga, kalau anda ingin mendatangi Pantai ini, anda bisa mengikuti petunjuk arah ke Pantai Krakal, lalu nanti anda bisa mengarahkan kendaraan ke arah sebelah barat pantai tersebut, kira-kira jaraknya sekitar 300 meter. Lokasi Pantai Sarangan berada di Desa Ngestirejo, kecamatan Tanjungsari. Pantai sarangan memiliki bentuk lekukan atau melengkung dengan panjang pantainya kurang lebih 200 meter. Pasirnya berwarna putih dengan dilengkapi dua buah bukit karang yang terletak di sisi kiri dan kanan. Saat anda berkunjung ke sini, anda akan dimanjakan oleh berbagai pemandangan menarik yang akan membuat anda betah berlama-lama menghabiskan waktu di pantai ini. saat ini, fasilitas yang tersedia di pantai Sarangan sudah semakin banyak sehingga akan memudahkan para pengunjung, seperti warung makan, kamar mandi, area parkir, dan sebagainya.

Akses Mudah Menuju Pantai Sarangan

Pantai Sarangan Gunung Kidul Yogyakarta

Akses jalur utama Pantai Sarangan Gunung Kidul ini yaitu Jalan Pantai krakal. Jadi, saat anda ingin berkunjung ke sini, anda bisa memperhatikan papan petunjuk arah menuji kawasan Pantai Sarangan ini. Untuk menuju ke sini, wisatawan dapat menggunakan mobil atau motor. Pantai ini bisa dikatakan lebih menarik dibandingkan pantai tetangganya (krakal) karena memiliki garis pantai yang cukup pendek yang dibatasi dengan bukit kecil yang terletak di kanan kiri. Akses ke Pantai Sarangan yang merupakan salah satu tempat wisata Gunung Kidul ini cukup mudah karena sudah dibangunnya prasarana jembatan, di mana dananya sendiri berasal dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) 2012. Untuk membangun sarana jembatan serta badan jalan tersebut, diperkirakan dana yang dikeluarkan sebesar Rp 273.612.000 yang berasal dari PNPM- MP sebesar Rp 223.612.000 dan selebihnya murni berasal dari swadaya murni masyarakat.

Pantai Sarangan Memiliki Daya Tarik yang Kuat

Pantai Sarangan Jogja

Pantai Sarangan Gunung Kidul ini memiliki daya tarik dikarenakan pemandangan yang ditawarkan sangatlah menarik dan eksotis sehingga para pengunjung pun akan dimanjakan selama berada di sana. Selain itu, hamparan pasir putih yang membentang akan memberikan sensasi bagi para wisatawan. Apalagi, gelombang yang ada di pantai ini tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan Pantai Baron dan Pantai Krakal. Bagi sebagian orang, nama Pantai Sarangan mungkin masih terdengar asing jika dibandingkan dengan nama-nama seperti Pantai Indrayanti, Pantai Sundak, Pantai Siung, Pantai Krakal, ataupun Pantai Baron. Pasalnya, Pantai ini masih belum terlalu lama dibuka untuk umum dan masih terus dibenahi agar dapat menarik wisatawan.

Pantai Sarangan Menjelma Menjadi Primadona 

Pantai Sarangan Gunung Kidul

Namun, seiring berjalannya waktu Pantai Sarangan Gunung Kidul sudah menorehkan namanya sebagai salah satu pantai terbaik dan terindah yang ada di Jogja. Dengan pemandangan yang indah dan hamparan pasir putih yang luas membuat para wisatawan pun rela menghabiskan waktu liburan di sini. Apalagi, saat ini Pantai Indrayanti yang namanya sudah popular sudah tercemar dan penuh sesak dengan para wisatawan. Sehingga, bukan tidak mungkin Pantai Sarangan ini akan menjadi primadona di Gunung Kidul.

 Pantai Sarangan Gunung Kidul Jogja

Tidak hanya bisa menikmati keindahan pantainya, para wisatawan juga dapat menikmati pemandangan indah dari atas bukit. Pasalnya, adanya akses jalan naik ke atas bukit yang bisa digunakan oleh para pengunjung untuk dapat melihat deretan pantai dimulai dari Pantai Sarangan, Pantai Krakal, Pantai Sadranan, sampai Pantai Sundak. Sementara itu, para wisatawan juga dapat melihat barisan tebing yang menjorok ke arah laut di sisi barat. Dengan pemandangan inilah, para wisatawan pun diyakini akan menikmati liburan mereka selama berada di Pantai Sarangan Gunung Kidul ini.

Please rate this


Recent Post