Pantai Siung Gunung Kidul No ratings yet.

Please rate this

Pantai Siung Gunung Kidul 

 Tempat Pariwisata Pantai Siung

Pantai Siung Gunung Kidul adalah salah satu objek wisata yang ada di Jogjakarta, tepatnya di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan tepus, Kabupaten Gunungkidul, Jogjakarta. Kalau dari Yogya, lokasinya sekitar 66 km dan memiliki lokasi wisata yang sangat menarik yaitu panjat tebing dengan 250 jalur yang memiliki standar internasional. Menarik sekali bukan? Di sepanjang perjalanan menuju pantai, anda akan disuguhkan pemandangan yang indah yaitu bukit kapur yang ditumbuhi oleh pohon jati. Selain itu, jalannya yang berkelok-kelok dan menaik juga menjadi tantangan tersendiri bagi para pengunjung yang ingin mendatangi tempat ini. Akan tetapi, perjalanan yang melelahkan yang anda lewati akan terbayar saat anda sudah tiba di Pantai Siung. Tempat wisata Gunung Kidul ini dilengkapi dengan hamparan pasir putih yang bersih dengan ditemani suara deburan ombak yang akan membuat suasana hati dan pikiran menjadi lebih tenang dan damai. 

Akses Ke Pantai Siung

Wilayah Pantai Siung

Dikarenakan Pantai Siung Gunung Kidul ini sangatlah terpencil, fasilitas yang tersedia juga masih terbilang minim. Hanya ada tersedia toilet, tempat parkir, dan warung-warung kecil untuk sekedar menjajakan makanan dan minuman. Selain itu, anda juga tidak bisa menginap di sekitar lokasi ini karena tidak ada hotel. Akan tetapi, jika anda memang ingin menginap, anda bisa menggunakan pondok pemanjat yang bentuknya hampir sama dengan rumah panggung yang memiliki kapasitas 20 orang. Anda juga bisa membawa tenda sendiri untuk camping. Untuk akses ke tempat ini, anda bisa menggunakan jalur Yogyakarta-Wonosari-Tepus-Purwodadi-Pantai Siung jika starting point anda dari kota Yogyakarta. Akan tetapi, jika anda menggunakan transportasi umum, anda bisa menggunakan bus yang berangkat dari Terminal Giwangan Yogyakarta yaitu bus jurusan Jogja-Wonosari. Sesampainya di terminal Wonosari, anda bisa menggunakan angkutan umum jurusan Wonosari-Tepus. Dari terminal Tepus, anda bisa menggunakan ojek karena hanya transportasi tersebut yang memungkinkan anda untuk bisa tiba di Pantai Siung Gunung Kidul. Jika anda tidak ingin menggunakan kendaraan umum karena terlalu rumit, anda bisa membawa kendaraan pribadi.

Pesona Pantai Siung yang Mengagumkan

Hotel di Pantai Siung Gunung Kidul

Salah satu pesona yang sangat menonjol dari Pantai Siung Gunung Kidul adalah batu karangnya. Karang-karang dengan ukuran raksasa berada di sebelah barat serta timur pantai tidak hanya memberikan keindahan namun juga menjadi sebuah pembatas dengan pantai lain. Karang tersebut juga menjadi dasar dari penamaan pantai. Batu karang yang menjadi dasar penamaan pantai berada agak menjorok. Nama pantai sendiri konon diambil dari bentuk batu karang yang menurut pandangan seorang sesepuh di tempat tersebut, Wastoyo memiliki bentuk yang sama dengan gigi kera atau Siung Wanara. Sebagian besar warga Siung memiliki profesi petani garam. Mereka sangat mengandalkan keberadaan air laut serta kekayaan garam yang dimilikinya sebagai sumber kehidupan. Garam itulah nantinya yang akan dijual di pasar Winangun.

Pantai Siung Menghadirkan 250 Jalur Panjat Tebing

Pantai Siung Gunung Yogyakarta

Pantai Siung Gunung Kidul menjadi salah satu pantai tercantik yang ada di Gunungkidul. Pantai ini menyuguhkan pesona keindahan alam yang menarik dan tidak membosankan. Jika tidak percaya, anda bisa mendatangi pantai ini saat matahari terbenam karena anda akan terhipnotis dengan pesona kecantikannya. Pantai Siung bisa dikatakan sebagai salah satu pantai yang masih alami. Pasir putih serta gugusan bukit batu karang serta ombak yang besar menimbulkan padanan yang elok dan unik.

alamat Pantai Siung

Selain itu, para pengunjung juga dapat menyusuri tebing-tebing yang terletak di sisi pantai. Akan tetapi, untuk bisa menyusuri tebing-tebing tersebut, anda harus memiliki stamina yang prima. Maklum, banyak sekali tantangan yang akan anda hadapi. Saat ini, ada 250 jalur pemanjatan yang ada di Pantai Siung Gunung Kidul untuk olahraga panjat tebing. Namun, jalur tersebut kemungkinan masih bisa ditambah. Fasilitas lain yang mensupport panjat tebing yaitu ground camp yang letaknya ada di sebelah timur pantai. Di ground camp ini, anda bisa mendirikan tenda-tenda atau menyalakan api unggun sambil menemani malam anda. akan tetapi, anda diharuskan menjaga kebersihan dan tidak merusak habitat penyu selama membuat acara di pantai ini.

Pantai Siung Gunung Jogja

Pada malam hari atau saat sepi pengunjung, biasanya sekelompok kera berekor panjang akan turun dari puncak tebing karang menuju pantai. Kera ini adalah spesies langka sehingga pemandangan ini juga menjadi pemandangan langka. Jadi, jika anda ingin mendapatkan pengalaman liburan yang baru, maka anda bisa menjadikan Pantai Siung Gunung Kidul sebagai pilihan terbaik.

Hotel di Pantai Siung Gunung Kidul


Recent Post
Call
IM3
WA
Simp
BB
Email
Email