Pantai Slili Gunung Kidul No ratings yet.

Pantai Slili Gunung Kidul terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai kecil ini adalah pembatas antara Pantai Krakal dengan Pantai Sadranan. Pantai ini berlokasi tepat di sebelah Pantai Sadranan dan hanya dibatasi dengan sebuah bukit dan vila. Pantai Slili adalah salah satu pantai yang masih alami dan sangat layak untuk dikunjungi akan tetapi, letaknya yang terbilang “nyempil” menjadikan tempat ini belum begitu dikenal banyak orang. 

Akses Mudah ke Pantai Slili

Pantai Sili Yogyakarta

Untuk bisa ke Pantai Slili Gunung Kidul ini, akses jalannya hanya satu yaitu jalan menuju ke Pantai Sadranan. Aksesnya tidaklah sulit karena jalanannya terbuat dari aspal dan cukup halus. Untuk biaya, sepertinya anda tidak perlu khawatir karena semua biaya dipatok dengan harga murah. Untuk kendaraan, sebaiknya lebih nyaman membawa kendaraan pribadi karena jauh lebih mudah ketimbang naik kendaraan umum. Jika anda tidak memiliki kendaraan pribadi namun ingin sekali mendatangi tempat ini, anda bisa menggunakan kendaraan umum. 

Keberadaan Pantai-Pantai Cantik di Dekat Pantai Slili

Pantai Sili Jogja

Pantai Slili Gunung Kidul dan Pantai Ngandong letaknya juga berdekatan. Tidak jauh dari situ, sekitar 500 meter ke arah timur, anda bisa menemui Pantai Sundak. Pantai Slili biasa disebut “Watu Lawang” oleh warga sekitar karena keberadaan pulau kecil yang dibawahnya terdapat lorong yang menyerupai pintu. Sementara itu, Pantai Ngandong juga memiliki keindahan yang alami, yaitu suasana pantai yang masih bersih dengan aktivitas memancing yang kerapkali dilakukan oleh para wisatawan. Untuk Pantai Slili Gunung Kidul, biasa juga dijadikan tempat kegiatan untuk sedekah Laut Sadranan atau biasa dikenal sebagai “Upacara Nyadran” yang diadakan setiap setahun sekali yang jatuh pada hari Minggu Pahing menjelang musim tanam. Saat musim kemarau tiba, Pantai Slili adalah salah satu tempat yang akan didatangi oleh para petani yang mulai beralih mencari penghasilan dengan memanfaatkan air laut yang surut, karena wilayahnya tidak bisa ditanami sampai memasuki musim penghujan. Untuk itulah, kebanyakan para petani memilih untuk beralih profesi dengan mengandalkan surutnya air dengan mencari udang, karang, rumput laut untuk dijual kembali ataupun dikonsumsi sendiri.

Liburan Menyenangkan di Pantai Slili

Lokasi Pantai Sili Jogja

Para pengunjung Pantai Slili Gunung Kidul dapat menginap di hotel atau wisma dengan kelas melati yang lokasinya berada di sebelah barat Watulawang Adventure Resort, yang bernama Puri Thalasso. Wisma ini mematok harga yang sangat terjangkau di mana para pengunjung hanya perlu membayar sekitar 60-70 ribu rupiah untuk menyewa satu kamar dan 250 ribu rupiah untuk menyewa satu billa dengan fasilitas empat kamar yang berada di atas bukit karang. Tentu saja penginapan murah ini sangat cocok bagi anda yang backpackeran. Dengan berlibur di Pantai Slili yang menjadi tempat wisata Gunung Kidul ini, anda dijamin akan mendapatkan pengalaman baru yang menarik dan tidak akan pernah terlupakan. Anda juga bisa mengajak rekan-rekan anda atau sanak keluarga anda untuk berpetualang di pantai ini. Pantai Slili Gunung Kidul ini menjadi salah satu pantai terbaik yang bisa anda nikmati keindahannya karena keindahan panorama yang ditawarkan serta kealamian pantainya yang masih sangat terjaga.

 Letak Pantai Sili Gunung Kidul

Jadi, bagaimana? Menarik sekali bukan berlibur di Pantai Slili ini?  Pantai Slili bisa menjadi tujuan terbaik untuk berlibur karena lokasinya yang sangat nyaman untuk berlibur. Anda tidak perlu merasa khawatir akan terganggu berlama-lama di Pantai Slili Gunung Kidul karena lokasinya yang masih sepi dengan pengunjung.

Hotel di Pantai Sili Gunung Kidul

Please rate this


Recent Post