Pantai Slili No ratings yet.

Please rate this

Pantai Selili terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, DIY. Pantai kecil ini menjadi pembatas antara Pantai Sadranan dan Pantai Krakal. Lokasinya dapat diakses melalui satu akses jalan menuju ke Pantai Sadranan. Pantai ini sangat bersebelahan dengan Pantai Sadranan, hanya dibatasi oleh sebuah bukit dengan villa yang sudah ditinggalkan.

Pantai ini didominasi oleh karang besar yang memisahkan pantai ini dengan pantai tetangganya, yaitu Pantai Krakal. Ciri khas pantai ini adalah keindahan karang disertai deburan ombak yang tidak terlalu besar, serta lebih menjorok ke arah daratan. Pantai Selili sering disebut penduduk setempat dengan Watu Lawang (pintu batu), karena di sana terdapat sebuah pulau kecil yang dibawahnya terdapat lorong menyerupai pintu. Terkadang Pantai Selili juga menjadi tempat kegiatan sedekah Laut Sadranan atau upacara Nyadran, yang diadakan setahun sekali pada Hari Minggu Pahing menjelang musim tanam.

pantai Slili

 

Ketika musim kemarau, Pantai Selili menjadi salah satu tujuan para petani yang mulai beralih mencari sumber penghasilan lain dengan mengandalkan surutnya air laut, karena lading tadah hujan di wilayah ini tidak lagi bisa ditanami hingga memasuki musim penghujan datang. Oleh karena itu, sebagian besar petani hanya bisa mengandalkan surutnya air untuk mencari rumput laut, udang dan karang, untuk dikonsumsi atau diperdagangkan.

Di sebelah Pantai Selili dapat dijumpai Watulawang Adventure Resort yang menyediakan beragam paket wisata, antara lain menikmati keindahan pantai dari gardu pandang kayu, berkeliling menyusuri pantai sambil memancing menggunakan perahu temple, menjajal “off-road” di sirkuit mini yang terletak di tepi Pantai Selili dengan kendaraan jeep, serta menginap satu malam di resort yang mayoritas terbuat dari kayu. Akan tetapi, harga paket wisata yang ditawarkan tempat ini cukup mahal, hingga mencapai 1000-1400 dollar AS dengan kapasitas maksimal sepuluh orang peserta. Namun demikian, karena paket petualangannya yang sangat menarik, sehingga untuk mengikutinya diharuskan untuk mendaftar terlebih dahulu.

Wisatawan juga dapat menginap di hotel/wisma kelas melati yang terletak persis di samping barat Watulawang Adventure Resort, yaitu Puri Thalasso. Wisma tersebut hanya mematok harga 60-70 ribu rupiah untuk satu kamar penginapan dan 250 ribu rupiah untuk satu bangunan villa sederhana dengan empat kamar di atas bukit karang. Penginapan murah ini sangat cocok bagi Anda yang ingin “backpackeran” di Pantai Selili.


Recent Post
Call
IM3
WA
Simp
BB
Email
Email