Pantai Timang Purwodadi No ratings yet.

Please rate this

Pantai   Timang  Purwodadi, Sekitar separuh perjalanan menuju pantai, kita akan melewati calon hutan wisata, yang oleh masyarakat sekitar disebut Jurug. Disebut demikian karena pada mulanya di tempat itu adalah tempat air terkumpul ketika musim hujan. Dengan air yang cukup banyak, menjadikan tempat itu subur. Dan kemduian oleh masyarakat sekitar dijadikan tempat untuk menanam tetumbuhan yang menurut mereka patut dilestarikan.

Setelah melewati Jurug, jalanan menjadi sedikit lebih curam dibanding sebelumnya. Setidaknya dua turunan yang lumayan menantang untuk bisa sampai pantai. Menantang, karena selain curan, juga jalanan yang belum halus.pantai gunung kidul

Setelah sekitar 45 menit sampai satu jam berjalan kaki, kita akan tiba di pantai Timang. Pantai Timang seperti kebanyakan pantai pada umumnya di Gunungkidul, berpasir putih dan berbatu karang di bagian yang terendam air. Di kejauhan, ombak besar bergulung-gulung masih tetap kelihatan. Di pantai ini, biota laut masih alami. Tidak seperti di pantai Siung yang sudah banyak terjamah oleh wisatawan, pantai ini masih sepi. Dari kejauhan, pantai ini dikelilingi oleh rerumpunan pandan laut. Ada hal yang perlu diperhatikan. Di waktu-waktu tertentu, kadang banyak ubur-ubur yang saking banyaknya, sampai terdampar di pasirnya. Meskipun tidak terlalu lebar, namun pantai ini bisa dijadikan tujuan untuk berkemah sembari menikmati suasana alam pantai.
Satu hal yang mungkin tidak dimiliki pantai lain, sekitar 200 meter di sebelah barat pantai pasir putihnya, ada pulau karang besar yang dihubungkan ke daratan dengan kereta gantung, atau masyarakat sekitar biasa menyebutnya dengan gondola. Pulau itu disebut Pulau Panjang. Jarak antara bibir tebing pantai dengan pulau Panjang sekitar 50 meter. Sebenarnya, kereta gantung itu digunakan masyarakat sekitar untuk transportasi dan kemudian memancing lobster yang banyak terdapat di pulau Panjang. Namun kemudian, karena juga dilirik wisatawan, sarana ini juga bisa dinikmati sebagai wisata minat khusus atau yang ingin memompa adrenalin mereka, dengan menyeberang ke pulau Panjang, di bawahnya ombak lautan lepas menyambar-nyambar. Bagi yang berminat, bisa menghubungi pengelola (kepala dusun) untuk keterangan lebih lanjut. Jika tidak salah, tiap kali penyeberangan ke pulau Panjang dikenakan biaya Rp. 100.000,- untuk wisatawan.

Berwisata ke pantai Timang mengharuskan kita untuk siap segala perbekalannya, karena di sekitar pantai tidak ada penjaja makanan atau pun minuman. Apabila hal ini bisa dilestarikan, maka kealamian lingkungan sekitar juga akan terjaga, karena otomatis tidak ada atau hanya sedikit sampah yang akan ada di tempat itu. Dan dengan lingkungan yang terjaga, maka kita akan bisa menikmati lingkungan alam yang benar-benar alami.


Recent Post
Call
IM3
WA
Simp
BB
Email
Email