Pantai Torohudan No ratings yet.

Pantai Torohudan , Rupanya pantai-pantai berpasir putih yang  tersembunyi di jajaran Pantai Gunungkidul masih sangat banyak. Salah satunya adalah Pantai Torohudan, entah kenapa diberi nama seperti itu. Orang disekitar pantai Pantai Torohudan  memang kebanyakan memberi nama sebuah pantai dengan bahasa Jawa, yang kadang oleh orang Jawa sendiri sulit dipahami. Pantai Torohudan terletak di sebelah timur Pantai Ngrenehan. Oleh karena itu jika anda ingin mengunjunginya anda harus menuju ke Pantai Ngrenehan terlebih dahulu. Rute ke  Pantai Ngrenehan sendiri di jelaskan  disini  kemudian menuju warung-warung makan sebelah kiri pantai, tepatnya di depan Tempat Pelelangan Ikan Pantai Ngrenehan ada sebuah bangunan atau disebut gudang yang dicat warna pink. Disebelah gudang itu ada jalan menuju ke belakang warung makan, nhah di belakang warung tersebut terdapat anak tangga yang sudah disemen. Mungkin di bagian lereng bukit ini akan dijadikan sebuah villa. Ikuti anak tangga tersebut dan luangkan waktu untuk mengambil foto pantai Ngrenehan dari atas. Belok kanan di jalan setapak tersebut menyusuri lereng bukit sebelah kiri pantai Ngrenehan hingga kemudian anda akan terpisah dari Pantai Ngrenehan dan bertemu dengan areal persawahan dan beberapa kandang ternak. Menuruni bukit tersebut kita akan disambut dengan suara deburan ombak yang ternyata berasal dari Pantai Torohudan itu sendiri. Dalam perjalanan dari atas bukit pasir Pantai torohudan pun sudah terlihat. Ikuti jalan setapak maka anda akan langsung menuju Pantai Torohudan yang dipinggirannya banyak ditumbuhi pohon Pandan.

Pantai Torohudan

Pantai Torohudan

Belum banyak yang mengetahui tentang keberadaan pantai mungil ini. Garis pantai mungkin hanya sekitar 40-50 meter. Seperti kebanyakan pantai di Gunungkidul kedua sisi pantai terdapak tebing karang dan di pantai pun terdapat karang yang bisa terlihat jika air sedang surut. Pantai ini biasa digunakan warga sekitar untuk mecari rumput laut dan di pasir pantainya sendiri dimanfaatkan untuk menjemur rumput laut. Hingga tidak heran jika saat memasuki area pantai ini aroma laut langsung terasa. Pantai ini sendiri biasa digunakan untuk berkemah para pecinta alam atupun sebagai lokasi kegiatan organisasi-organisasi  pecinta alam. Karena pantai ini masih sepi berbanding terbalik dengan keadaan Pantai Ngrenehan dan Ngobaran yang ada di sebelah baratnya maka bukan hal aneh jika banyak yang memanfaatkannya untuk berkemah.

Jika anda sedang berada di Pantai Ngrenehan, tidak ada salahnya mengunjungi pantai ini. Jarak ke Pantai Torohudan dari Pantai Ngrenehan hanya memakan waktu sekitar 10 – 15 menit dengan berjalan kaki. Selain itu bisa menambah perbendaharaan kunjungan ke pantai-pantai di Gunungkidul.

Please rate this


Recent Post