Pantai Wediombo Gunung Kidul No ratings yet.

Please rate this

 Pantai Wediombo Gunung Kidul

Pantai Wedi Ombo Di Gunung Kidul

Pantai Wedi Ombo Di Gunung Kidul

 Pantai Wediombo Gunung Kidul berlokasi di ujung timur wilayah Yogyakarta, tepatnya di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul. Pantai Wediombo ini memiliki bentuk seperti teluk dengan dinding perbukitan yang berwarna hijau subur. Pemandangan yang disuguhkan di Pantai ini cukup indah dan sangat cocok bagi anda yang menyukai hiking. Selain itu, berkemah di kawasan Pantai Wediombo yang masuk dalam daftar obyek wisata Yogyakarta terbaik juga menjadi salah satu kegiatan yang dapat dilakukan karena lingkungan di sekitar yang sangat tenang dan mendukung. Jika anda dari kota Yogya, jarak tempuh ke pantai ini adalah 80 kilometer. Anda bisa menempuh pantai ini dengan menggunakan kendaraan pribadi. Anda juga bisa menaiki kendaraan khusus seperti mini bus dengan mengambil jurusan Jogja-Wonosari yang dilakukan dengan mini bus ke Baron.

Keunikan Pantai Wediombo

Pantai Wediombo Yogyakarta

Pantai Wediombo Yogyakarta

Saat mengucapkan nama pantai Pantai Wediombo Gunung Kidul ini, yang terlintas pertama kali di benak yaitu pasir putih yang maha luas dan memberikan kesan eksotis bagi setiap pengunjung. Bagian barat dan timur pantai ini diapit oleh bukit karang yang membuat hamparan pasir pantainya tidak seluas Glagah ataupun Parangtritis. Menurut pengakuan dari penduduk setempat, nama Pantai ini diberikan oleh nenek moyang. Anda juga akan menemukan batu karang yang mengapit, di mana air launtya menjorok ke daratan dengan luas yang lebih lebar jika dibandingkan dengan teluk biasa.

Pengalaman Memancing yang Cukup ekstrim

Pantai Wediombo Wonosari

Pantai Wediombo Wonosari

Letak Pantai Wediombo Gunung Kidul ini jauh lebih ke bawah jika dibandingkan dengan daratan yang ada di sekiatrnya. Anda harus menuruni beberapa puluh anak tangga sebelum tiba ke pantai ini. sambil turun, anda dapat melihat ladang penduduk, rumah tinggal dan pemandangan-pemandangan lainnya. Selain menyuguhkan panorama pantai yang indah, Pantai Wediombo juga menawarkan pengalaman wisata yang unik dan menarik yaitu memancing di ketinggian bukit karang. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa bukan hal yang mudah untuk memancing di sana karena lokasinya yang cukup jauh dari pantai. Anda baru bisa menempuh bukit karang itu dengan berjalan kaki ke arah timur sambil menyusuri bibir pantai, naik turun karang di tepian Pantai Wediombo Gunung Kidul, serta kadang-kadang akan dihempas oleh ombak besar. Perjalanan anda belum berhenti sampai di situ karena anda harus naik sampai puncak bukit. barulah, anda bisa memancing dan berhadapan langsung dengan laut lepas yang dalam. Akan tetapi, perjalanan ke bukit karang itu jelas terbayar karena menurut penduduk setempat, para pemancing bisa mendapatkan ikan-ikan dengan ukuran besar jika memancing di bukit karang. Untuk memancing, anda hanya perlu bermodalkan umpan ikan teri yang bisa dibeli di tepian pantai. 

Aktivitas Lain di Pantai Wediombo

Pantai Wediombo Jogja

Pantai Wediombo Jogja

Bagi anda yang tidak mempunya nyali yang cukup untuk pergi ke bukit karang, anda bisa membeli ikan hasil pancingan. Beberapa warga juga menawarkan jasa memasak ikan jika anda ingin mencicipinya. Di saat-saat tertentu, anda dapat menyaksikan langsung upacara Ngalangi yang digelar penduduk sekitar Pantai Wediombo Gunung Kidul. Upacara ini biasanya diadakan sekali setahun dengan tujuan untuk mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas anugerah yang diberikan serta memohon agar diberikan rejeki yang lebih.

Pantai Wediombo Gunung Kidul Jogja

Pantai Wediombo Gunung Kidul Jogja

 Fasilitas yang ditawarkan di Pantai ini adalah tempat parkir, kamar mandi, serta warung makan kecil-kecilan. Jika anda ingin mendatangi pantai ini, sebaiknya jangan menggunakan sandal jepit, apalagi sepatu dengan hak tinggi. Selain tidak nyaman, akan berbahaya karena jalanannya yang berbatu. Anda juga perlu sedia tisu basah karena air yang tersedia di kamar mandi cukup minim. Anda juga perlu membawa payung dan air mineral karena jarak dari tempat parkir ke pantai cukup jauh. Jadi, bagaimana? Menarik sekali kan berlibur di Pantai Wediombo Gunung Kidul ini?

Pantai Wediombo Gunung Kidul

Pantai Wediombo Gunung Kidul


Recent Post
Call
IM3
WA
Simp
BB
Email
Email